Cara Mengatasi Lidah yang Terasa Pahit Saat Sakit Mulut atau lidah yang terasa pahit seringkali dirasakan oleh orang yang sedang sakit, yang justru malah akan membaut orang yang sedang sakit tersebut menjadi malas dan tidak mau makan, akibatnya malah membuat masa penyembuhannya menjadi lambat.

 

Baca Juga:

Selain itu, rasa pahit dilidah biasanya disertai dengan bau nafas yang tidak sedap dan mulut yang kering. Makanan perlu dilarutkan dalam air untuk dapat dirasakan itu sebabnya indera pengecap menjadi berkurang kemampuannya.

Proses rasa atau kecap pada lidah melibatkan ribuan neuron sensorik yang terdapat pada permukaan lidah dan dibagian paling atas dari hidung yakni sistem penciuman. Neuron inilah yang memberikan sinyal ke otak terhadap rasa apa saja yang sedang anda makan atau anda cicipi. Mulut atau lidah yang terasa pahit dapat dipicu oleh beberapa faktor diantaranya seperti merokok, penyakit atau kondisi yang dapat mengganggu proses rasa. Jika penyebabnya teratasi maka rasa pahit yang terasa pada lidah akan dapat hilang dan lidah dapat kembali pada keadaan normal.

Selain itu, umumnya rasa pahit dilidah erat kaitannya dengan mual-mual dan muntah. Mengapa kondisi ini terjadi? penyebab utamanya, yakni kondisi asam lambung yang naik ke mulut meninggalkan rasa pahit yang sering menetap dalam beberapa waktu. Perubahan rasa dilidah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada indera penciuman. Kemampuan mencium erat kaitannya dengan kemampuan merasa, itu artinya jika indera pencium sedang mengalami kondisi yang tidak baik seperti misalkan flu demam dan lain sebagainya maka jangan heran jika indera pengecap juga akan terpengaruh. Nah, untuk mengatasi rasa pahit dilidah sewaktu sakit, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  1. Sikat gigi secara teratur. Asam lambung yang akan dinetralisir oleh pasta gigi yang sifatnya basa. Selain itu, kebanyakan pasta gigi juga mengandung perasa mint yang dapat memberikan efek menyegarkan dimulut. Dengan demikian menyikat gigi secara rutin akan dapat menyegarkan mulut kapanpun lidah terasa pahit setelah mual atau muntah. Disamping itu, rutin menyikat gigi akan dapat menghindarikan mulut dari akumulasi kuman dan bakteri yang dapat merusak gigi.

  2. Gunakan obat rumahan. Obat rumahan yang bisa diracik sendiri terbukti ampuh dalam mengatasi rasa pahit pada lidah. Salah satunya adalah menggunakan campuran baking soda dengan garam untuk dijadikan pasta gigi alami. Kedua campuran bahan ini akan sangat efektif dalam melawan infeksi pada gigi dan juga dapat menghilangkan plak pada gigi.

  3. Hindari kebiasaan mengkonsumsi kopi dan merokok. Rokok dan kopi adalah salah satu penyebab utama rasa pahit pada lidah, dengan menghindari kedua penyebab ini maka rasa pahit akan bisa anda atasi dengan baik.

  4. Konsumsi banyak air putih untuk meningkatkan produksi air liur untuk mengencerkan lendir pada hidung sehingga rasa pahit pada lidah bisa dihilangkan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi rasa pahit pada lidah sewaktu sakit. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...