Manusia tidak akan terlepas dari masalah pada mulutnya, seperti sakit gigi, sariawan atau bahkan mengalami peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi ini biasanya disebut dengan penyakit gingivitas, penyakit ini akan mengeluarkan nanah jika tidak segera ditangani atau dibiarkan begitu saja. Selain menimbulkan rasa sakit, penyakit ini juga dapat memicu rasa sakit bagian lainnya seperti tenggorokan.

Penyakit gusi bengkak dan bernanah ini merupakan salah satu penyakit yang dianggap sangat serius. Diketahui, bahwa penderita penyakit ini akan merasakan sakit yang menyiksa, jika digambarkan seperti adanya denyutan pada gusi yang meradang dan terasa pada kepala.

Baca Juga:

Cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah

Ada bebarapa faktor yang menyebabkan gusi bengkak dan bernanah. Secara medis gusi bengkak dan bernanah disebabkan oleh faktor di bawah ini.

1. Peradangan pada gusi

Adanya peradangan yang disebabkan karena infeksi atau iritasi pada gusi, biasanya akan menyebabkan gusi menjadi bengkak di bagian belakang. Radang gusi bisa terjadi karena kebersihan mulut tidak diperhatikan dengan baik. Banyaknya lapisan atau plak yang terbentuk karena penumpukan bakteri di sisi gigi, semakin lama akan terasa tidak enak dan akan menusuk gigi yang disebabkan karena perubahan lapisan gigi menjadi karang gigi. Karang gigi ini akan sulit dibersihkan. Jika tidak segara diobati atau dicegah akan berakibat pada kesehatan gigi itu sendiri, dimana biasanya akan terjadi kerontokan pada gigi di bagian gusi yang mengalami peradangan.

2. Kehamilan

Kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Pada saat usia kehamilan, hormon seorang wanita telah terjadi peningkatan aliran darah di gusi, sehingga dengan begitu akan menyababkan gusi lebih mudah mengalami iritasi yang pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan. Perubahan hormon tersebut akan berpeluang terjadinya resiko peradangan gusi, karena tubuh kurang mampu mengantisipasi bakteri.

Lantas seperti apa cara mengobati gusi bengkak dan bernanah? Selain pergi ke dokter, anda juga bisa mengobatinya dengan cara tradisional atau alami. Di bawah ini kami sajikan cara mengobati gusi bengkak dan bernanah secara cepat dan alami.

Cara Mengatasi/Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah Dengan Cepat dan Alami

1. Lemon

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak dan bernanah yaitu dengan menggunakan lemon. Selain kaya akan kandungan vitamin C, lemon juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya cukp mudah, anda hanya tinggal menyiapkan 1 buah lemon. Lalu peras lemon tersebut dan manfaatkan airnya. Campurkan air lemon tersebut dengan 1 gelas air hangat. Kumurlan secara berkala, maka dengan begitu gusi bernanah anda akan sembuh.

2. Madu

Selain bermanfaat untuk kecantikan, madu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mengobati gusi bengkak dan bernanah dengan madu diharuskan menggunakan madu asli tanpa campuran apapun. Untuk mengobatinya anda bisa mengoleskan madu pada gusi yang bengkak atau bernanah. Lakukan minimal 4 sampai 5 kali dalam setiap harinya agar hasilnya lebih optimal.

3. Teh hangat

Selain dapat menghangatkan tubuh, teh hangat juga dapat membasmi bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak. Ketika ingin mengobati gusi bengkak dengan mengggunakan teh, maka sebaiknya anda menggunakan teh tawar tanpa campuran gula ataupun madu.

Selain itu, ampas dari teh hangat juga bisa diletakan pada gusi yang bengkak. Ulangi mengobati gusi bengkak dengan teh ini sampai gusi anda kembali normal seperti sedia kala.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak dan bernanah. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...