Cara Mengatasi Penyakit Gusi Dengan Khasiat Bunga Rosella Pernahkah anda mendengar bunga Rosella? Ya, saat ini tanaman bunga rosella tengah begitu terkenal sebagai minuman teh atau sirup. Rasa asam yang begitu khas yang didapat dari kelopak bunga rosella menciptakan rasa yang begitu khas dan sangat cocok dijadikan sebagai minuman seperti segar seperti teh atau sirup. Tanaman bunga dengan warna merah merona ini memiliki nama ilmiah Hisbiscus Sabdariffa yang merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi bagian bunganya.

 

Baca Juga:

Selain digunakan sebagai bahan dasar minuman ataupun sirup, di tempat kelahiran penilis sendiri bunga Rosella kerap kali dijadikan sebagai bahan rempah untuk menambah cita rasa sayur asam. Dan siapa menyangka tanaman bunga yang berasal dari dataran Afrika ini ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, termasuk baik dalam menyembuhkan dan mengatasi penyakit gusi.

Di Afrika sendiri, penduduk asli Afrika sudah memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat minuman segar dan dijadikan sebagai bahan pembuat jelly yang selalu diperoleh dari serat yang terkandung pada kelopak bunganya.


Pohon Rosella sendiri tumbuh dari benih atau biji dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 hingga 5 meter serta dapat mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Rosella hadir dengan beberapa ciri khas yakni berwarna merah cerah dengan kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tebal.

Bagian yang sering dimnafaatkan untuk dijadikan sebagai bahan makanan atau minuman segar adalah bagian kelopaknya, yang mana bagian inilah yang mengeluarkan rasa yang cukup asam dan menyegarkan. Bukan hanya diolah sebagai bahan dasar minuman, bunga Rosella juga dapat dijadikan sebagai santapan salad, jelly, saus dan masih banyak lagi.

Sementara itu, manfaatnya untuk kesehatan adalah tanaman rosella ini memiliki kandungan yang baik dalam menghambat bakteri streptococcus sanguinis yang memiliki peranan besar dalam hal pembentukan plak dan juga penyebab utama timbulnya gingivitis yang dapat berpotensi menjadi radang gusi.

Selain itu, ekstrak kelopak bunga Rosella sendiri disebut-sebut dapat dijadikan sebagai pengganti klorheksidin, yakni sejenis obat kumur yang biasa digunakan utnuk menjaga kebersihan gusi dan gigi. Hanya saja, ekstrak dari bunga Rosella ini manfaatnya lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk gusi maupun tubuh. Jika bakteri streptococcus sanguinis pada gusi berkurang, maka resiko plak yang timbul pada gigi juga akan dapat berkurang. Hal seperti ini tentunya akan memberikan efek yang baik untuk gusi dan gigi anda.

Untuk bisa mendapatkan bunga rosella ini anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotik yang sudah dijual berupa ekstrak atau bunga rosella yang sudah dikeringkan. Atau anda juga bisa menanamnya sendiri dipekarangan rumah, selain menambah indah tampilan pekarangan rumah, tentunya tanaman bunga ini bermanfaat baik untuk kesehatan anda.

 

Loading...

Loading...