Rambut merupakan mahkota bagi wanita dan harga diri untuk para pria. Untuk itulah menjaga dan merawat kesehatan rambut adalah hal yang harus senantiasa anda lakukan. Sebab jika rambut mengalami keluhan dan masalah maka hal ini tentunya akan mengurangi rasa percaya diri anda. Untuk itulah, rambut perlu penanganan dan perawatan yang baik, sama hal dengan ketika anda merawat anggota tubuh yang lain.

Rambut yang rontok sebenarnya adalah hal yang lumrah, sebab rambut memiliki siklus hidup sendir, dimana rambut yang sudah tua akan terjatuh (rontok) yang kemudian akan digantikan dengan rambut yang baru. Jumlah normalnya, setiap hari wanita akan menjatuhkan kurang lebih 90 helai rambut yang jatuh akibat rontok normal, namun jika jumlahnya lebih dari ukuran tersebut, maka diperlukan perawatan yang khsusus.

Baca Juga:

Tidak sedikit wanita yang mengalami rambut rontok. Ada yang mengalami rambut rontok karena memang lemah dari akarnya. Ada pula yang mengalami rontok sebagai akibat dari rambut patah, dimana hal ini terjadi karena batang rambut begitu rapuh dan lemah. Rambut patah ini biasanya akan dijupai pada mereka yang memiliki rambut rebonding, smoothing atau rambut akibat terkena pemanasan alat salon. Rambut rontok akibat, patah sebaiknya jangan diremehkan, karena resikonya sama seperti rambut rontok yang mungkin dapat menimbulkan kebotakan lama kelamaan. Nah, untuk mengatasinya, ikuti cara dibawah ini.

1. Saat Keramas, Bilaslah dengan Air Dingin

Kebiasaan membilas rambut dengan air hangat sewaktu keramas, sebenarnya keliru. Jika anda berpikiran, air hangat mampu menambah kelembapan pada rambut, hal ini sama kelirunya. sebab air hangat yang diaplikasikan pada rambut sewaktu keramas, hanya akan menghasilkan rambut yang rapuh dan mudah patah. Alhasil kerontokan tidak akan dapat dihindari.

2. Lakukan Deep Conditioning

Deep Conditioning adalah menggunakan conditioner dengan waktu lebih lama daripada biasanya. Waktu yang dibutuhkan untuk deep conditioning ini adalah sekitar 30 menit sambil membungkus rambut dengan handuk hangat. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya

Selain dua ritual diatas, lakukan pula perawatan secara alami dengan memanfaatkan daging lidah buaya utnuk serum rambut. Caranya aplikasikan daging lidah buaya pada rambut diamkan semalaman untuk terapi dan lakukan perawatan ini seminggu dua kali.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok akibat patah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...