Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cepat

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cepat Mulut yang sehat tentu menjadi sebuah impian yang diidamkan banyak orang, sebab dari mulut sehat gigi yang kuat serta nafas yang segar dan terbebas dari segala keluhan dan bakteri bermula. Lain halnya dengan mulut yang tidak terjaga kebersihannya, berbagai keluhan pada mulut gigi dan lidah tentu akan muncul.

Salah satu permasalahan yang sering dialami pada mulut yang tidak sehat adalah gangguan sariawan. Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan stomatitis aftosa merupakan kelainan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut yang berupa luka berbentuk bercak berwarna putih hingga kekuningan dengan bentuk yang cekung. Sariawan adalah luka pada mulut yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor kurangnya nutrisi vitamin C pada tubuh dan tekanan yang terlalu kuat pada mulut sewaktu menyikat gigi dan faktor-faktor lainnya. Kondisi sariawan akan terasa begitu menyakitkan dan membuat anda merasa tidak nyaman terutama ketika makan, mengunyah bahkan saat berbicara. Untuk itu, penting sekali segera mengatasi setiap keluhan yang terjadi pada mulut agar tidak merusak kegiatan anda.
Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi sariawan dengan cara yang cepat .

1. Pasta Gigi Berbahan Baking Soda

Baking soda ampuh untuk mengatasi sariawan dan rasa sakit akibat sariawan yang begitu menyiksa. Cara menggunakannya, bisa anda lakukan dengan cara membuatnya menjadi pasta gigi, campurkan baking soda denga garam yang diberikan sedikit tambahan air. Aduk-aduk hingga merata dan oleskan secara langsung pada luka sariawan kemudian tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah baru basuh dengan menggunakan air.

2. Gunakan Pisang dan Madu

Madu dan pisang adalah dua bahan alami yang sudah sejak dulu dipercaya baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi sariawan, caranya ambil satu buah pisang segar dan kemudian haluskan lalu tambahkan madu alami dan aduk-aduk hingga merata. Nah, setelah ramuan ini jadi, anda bisa langsung mengoleskannya pada ulkus atau luka sariawan sevara langsung. Selain mengatasi sariawan, ramuan ini baik dalam mengatasi peradangan akibat sariawan.

3. Konsumsi Vitamin

Sebagaimana dijelaskan diatas, faktor lain yang menyebabkan timbulnya sariawan pada mulut adalah kurangnya asupan vitamin dan nutrisi. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin B, C dan zat besi serta asam folat yang juga berperan dalam mencegah serta menyembuhkan luka akibat sariawan. Konsumsi vitamin ini bisa anda dapatkan di apotek atau toko obat terdekat. Hanya saja bagi anda yang memiliki riwayat alergi terhadap konsumsi obat-obatan anda bisa berkonsultasinya dengan dokter.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi sariawan dengan cepat. Mulut yang sehat akan membuat anda menjadi semakin leluasa dan aktivitas yang anda lakukan terasa lebih ceria.

Loading...

Loading...