Salah merawat wajah akan dapat berdampak buruk, salah satunya dapat menyebabkan iritasi. Selain salah perawatan wajah, iritasi juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan pedas, cuaca panas, salah memilih produk skincare, gigitan serangga dan lain sebagainya. Kondisi wajah yang iritasi tentu akan membuat anda tidak nyaman, selain terasa gatal biasanya akan muncul kemerahan pada wajah. Nah, untuk membantu mengatasi kondisi ini, anda bisa simak beberapa caranya di bawah ini.

Cara-mengatasi-wajah-iritasi.jpg

Baca Juga:

Cara Mengatasi Wajah Iritasi yang Aman dan Ampuh

Cara sederhana dan rumahan berikut ini bisa anda coba untuk mengatasi kondisi wajah yang iritasi.

Menjaga Kelembaban Kulit

Jika anda memiliki beberapa area yang iritasi pada wajah, kulit yang sedang iritasi tersebut harus diperkuat kelembabannya. Anda juga harus dapat meminimalkan pengelupasan pada kulit. Saat wajah sedang iritasi, usahakan untuk tidak melakukan terlebih dahulu eksfoliasi pada wajah.

Jaga Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Ketika wajah sedang iritasi, menghindari paparan sinar matahari sangat penting untuk dilakukan. Jika anda sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari ketika wajah sedang iritasi, maka kondisi iritasi anda akan semakin parah dan wajah akan semakin merah. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi ini usahakan anda menghindari paparan sinar matahari untuk sementara waktu. Jika anda harus beraktivitas di bawah matahari, usahakan untuk melindungi kulit anda dengan memakai topi ataupun payung.

Menggunakan Produk yang Membuat Kulit Tenang

Saat wajah mengalami iritasi, sangat penting untuk menenangkan kondisi kulit anda. Iritasi  yang terjadi pada kulit akan dapat membuat kulit anda menjadi perih dan gatal. Kondisi ini tentunya akan membuat anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, anda membutuhkan produk perawatan kulit yang akan dapat menenangkan bagian iritasi pada wajah anda. Produk yang bisa anda gunakan bisa dari bahan alami misalkan minyak mawar, lidah buaya atau oatmeal.

Pilih Sabun Pencuci Wajah yang Tepat

Memilih sabun wajah yang tepat sangat penting untuk dilakukan. Nah, agar kulit wajah anda tidak semakin iritasi, maka anda harus menjaga kondisi kulit supaya keadaannya tetap lembab. Apabila anda menggunakan sabun pencuci wajah yang dapat membuat kulit kering, maka sebaiknya hentikan pemakaian produk tersebut.

Solusinya yaitu dengan mengganti sabun wajah dengan produk sabun yang lebih aman. Ketika memilih sabun pencuci wajah, pastikan anda melihat terlebih dahulu kemasannya dan cek kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Hindari beberapa kandungan seperti parfum, alkohol, sulfat, peppermint, fragrance, phthalates dan formaldehyde karena akan dapat membuat kondisi iritasi semakin parah.

Lihat juga : 

Hindari Ganti-Ganti Skincare

Demi mengatasi iritasi pada wajah, anda tentu akan melakukan berbagai cara, termasuk mencoba berbagai skincare yang sebenarnya produk tersebut belum tentu cocok untuk kulit anda. Alih-alih menyembuhkan iritasi kulit, yang ada justru membuat kondisi kulit anda semakin parah. Terlalu banyak menggunakan produk skincare justru akan membuat kondisi wajah anda tidak semakin membaik.

Jangan Mengonsumsi Makanan Pedas

Diketahui makanan juga ikut berpengaruh terhadap kondisi iritasi wajah anda. Agar sembuh dari iritasi, maka anda harus menghindari konsumsi makanan pedas. Selain itu, pastikan anda juga menghindari alkohol ataupun kopi.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah iritasi yang bisa anda coba. Jika iritasi tidak semakin membaik, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter.

Loading...

Loading...