Cara Menggosok Gigi yang Benar

Cara Menggosok Gigi yang Benar Salah satu cara paling sederhana dalam merawat kesehatan dan menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah dengan menggosok gigi. Menggosok gigi adalah kegiatan paling sederhana namun memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan.

Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur merupakan kegiatan rutin sehari-hari yang mana bertujuan untuk menghilangkan partikel makanan dari dalam gigi, menjaga gigi agar selalu bersih, membantu menghilangkan plak yang menyebabkan pembusukan dan membuat napas terasa lebih segar.
Hampir semua orang melalukan kegiatan sikat gigi, hal ini dilakukan dalam rangka peduli akan kesehatan dan kebesihan gigi. Hanya saja pada praktekanya, ada banyak orang yang tidak mengetahui cara menggosok gigi yang benar. Dengan demikian selama ini mereka hanya melakukan gosok gigi untuk membersihakn gigi tanpa mengetahui metode yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik. Untuk itulah, jangan heran meski anda sering menyikat gigi, namun beberapa keluhan seperti gigi berlubang, gigi kuning dan masalah lainnya akan tetap terjadi. Hal ini mungkin disebabkan akibat sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi yang tidak terbersihkan secara keseluruhan akibat menggosok gigi yang keliru. Nah, berikut ini ada cara menggosok gigi yang benar yang dapat anda aplikasikan dirumah.

  1. Cara menyikat gigi harus dapat membersihkan semua deposit pada permukaan gigi dan gusi secara keseluruhan dengan baik, terutama bagian saku gusi dan ruang interdental.

  2. Gosok gigi dan gusi dibagian depan selama beberapa detik dengan pola gerakan melingkar.

  3. Frekuensi menyikat gigi maksimal dilakukan 3 kali dalam sehari dengan rincian setelah makan pagi, makan siang dan sebelum pergi tidur atau minimal dilakukan 2 kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur dimalam hari.

  4. Sikat gigi dengan cepat sepanjang permukaan karet atau wajah atas gigi anda.

  5. Jangan lupakan untuk berkumur mulut. Selain untuk membersihkanbekas menggosok gigi, berkumur juga adalah bagian terakhir dalam membersihkan kotoran yang tersangkut disela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

  6. Menggosok gigi yang benar bukan berkonsentrasi pada seberapa besar tekanan yang anda berikan pada gusi dan gigi, melainkan harus berkonsentrasi dan memastikan bahwa anda juga membersihkannya dari kuman dan sisa-sisa makanan.

  7. Gunakan pasta gigi yang tepat. Bagi anda yang mengalami keluhan seperti gigi sensitif maka gunakanlah pasta gigi untuk gigi sensitif agar gigi sensitif bisa diatasi dengan baik.

Itulah dia beberapa cara menggosok gigi yang benar. Pada intinya menggosok gigi yang benar bukan berkonsentrasi pada seberapa sering menggosok gigi, seberapa banyak pasta gigi yang digunakan dan seberapa kuat tekanan yang anda berikan. Melainkan seberapa efektif usaha anda dalam menghilangkan kotoran pada gigi.

Loading...

Loading...