Tutorial Hijab

Tutorial-hijab-pashmina-casual.JPG

Tutorial Hijab Pashmina Casual Untuk Acara Sehari-Hari

Wanita selalu ingin tampil cantik dalam setiap kesempatan, termasuk dalam kegiatan sehari-hari. Karena seperti itu para wanita selalu memperhatikan penampilannya mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Selain busana yang dikenakan, hal yang diperhatikan oleh wanita khususnya wanita berhijab… Selengkapnya..
Tutorial Make up Hijab Daily (Eyeliner+Eyebrow+Maskara)

Tutorial Make up Hijab Daily (Eyeliner+Eyebrow+Maskara)

Wanita memang selalu diidentikan dengan tampilan cantik dan menawan. Itulah mengapa, wanita selalu ingin merias dirinya agar telihat cantik dan… Selengkapnya..
Tutorial Hijab Pashmin Simple #1

Tutorial Hijab Pashmina Simple #1

Bosan dengan model hijab yang itu-itu saja untuk dikenakan sehari-hari? ingin mencoba model hijab lain dengan metode yang mudah namun penampilannya… Selengkapnya..
Tutorial Hijab Pashmina Terbaru Gaya Sehari-Hari

Tutorial Hijab Pashmina Terbaru Gaya Sehari-Hari

Saat ini berhijab bukan lagi dianggap sebagai gaya yang kuno ataupun kolot, malah sebaliknya dizaman ini gaya berhijab tengah dijadikan sebagai gaya… Selengkapnya..
Tutorial Hijab untuk Pesta #16

Tutorial Hijab untuk Pesta #16

Untuk anda para hijaber yang bosan dengan gaya hijab yang itu-itu saja untuk pergi ke pesta, mengapa tidak mencoba mengkombinasikannya dengan dua… Selengkapnya..
Loading...

Cara Menghadapi Adik Ipar yang Manja dan Pencemburu

Menikah merupakan salah sayu momen yang paling penting dalam kehidupan seseorang. Hubungan ini tak hanya menyatukan anda dengan pasangan saja. Namun pernikahan pun membuat anda berdua saling mengenal dengan keluarga satu dengan yang lainnya. Baik itu, orangtua anda, adik anda dan keluarga besarnya.

Menghadapi orang-orang baru didalam hidup anda tentu bisa menjadi hal yang biasa. Namun tidak sedikit orang yang merasa kesulitan atau mengalami terhadap kendala ibu mertua ataupun adik ipar perempuan.

Bisa saja, sang adik yang belum menikah merasa cemburu akan kehadiran anda yang telah merebut perhatikan saudaranya. Nah, bila hal ini terjadi maka mungkin bila tidak segera diatasi dengan baik. Hal ini akan mungkin menyebabkan bentrokan yang mungkin berakibat pada hubungan anda dengan pasangan.

Padahal hubungan yang baik dengan saudari ipar ataupun semua orang didalam keluarga baru senantiasa menjadi anugerah yang besar dalam kehidupan anda. Meskipun sebagian orang merasakan tahapan yang cukup sulit dalam pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu anda pasti menemukan solusi dan membuat diri anda mampu menghadapi adik ipar anda yang manja dan cemburuan.

Nah, untuk membantu anda mulai memperbaiki kondisi ini maka penting sekali menyimak beberapa cara menghadapi adik ipar yang manja dibawah ini.

cara-menghadapi-adik-ipar-yang-cemburu.jpg

Cara Menghadapi Adik Ipar yang Manja dan Pencemburu

Hubungan yang tidak baik yang dijalin bersama dengan keluarga terdekat dari suami seperti adik perempuannya sendiri. Akan mungkin memberikan pengaruh yang buruk terhadap perkawinan anda. Apalagi jika ia tinggal serumah dengan anda. Nah, untuk mengatasi dan menghadapi seorang adik ipar yang manja dan pencemburu beberapa hal dibawah ini akan dapat anda simak dengan baik.

Lakukan Analisa yang Matang

Pada tahapan awal pernikahan, sebagian besar pasangan akan benar-benar kesulitan memahami keluarga baru mereka. Tak heran bila dalam situasi seperti ini, anda akan perlu untuk memeriksa situasi dan kondisi yang terjadi dengan cermat dan matang.

Kesalah pahaman dan miskomunikasi akan tentu sangat sering dan rentan terjadi. Hal semacam ini akan mungkin menimbulkan masalah yang besar. Bukan tidak mungkin sebagai orang baru didalam keluarga suami anda. Anda akan cenderung sering menghadapi sakit hati dan tersinggung yang cukup sering.

Hal ini terjadi karena anda belum terbiasa dengan situasi baru dan kondisi yang berubah terlalu cepat saat anda berada bersama dengan keluarga dari suami anda.

Namun penting untuk dipahami hal ini adalah hal yang wajar. Sebab anda sendiri akan butuh waktu untuk bisa beradaptasi guna memahami kondisi tersebut dengan baik. Untuk itu, pastikan anda menyelesaikan kesalahpahaman tersebut sebelum hubungan anda dengan adik ipar anda menjadi renggang.

Belum lagi untuk anda yang memang tinggal serumah dengan keluarga dari suami anda. Maka mungkin menghadapi keretakan hubungan akan bisa membuat anda tidak betah berada didalamnya. Untuknya perhatikan dengan baik dan segera selesaikan setiap kesalah pahaman yang mungkin terjadi.

Pahami dengan Baik Hubungan Keluarganya

Setiap keluarga akan tentu memiliki cara yang berbeda-beda. Baik dari kebiasaan maupun cara mereka bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Pada tahapan awal, sebaiknya sebelum memutuskan untuk menjalin kedekatan yang erat dengan keluarga dari suami, termasuk dengan adik ipar perempuannya. Maka penting sekali untuk anda memahami dengan baik bagaimana cara mereka menyambut orang baru didalam keluarganya.

Hal ini akan menjadi antisipasi yang besar untuk jaga-jaga bila realita yang anda hadapi tidak sesuai dengan harapan anda. Bisa mungkin tipikal keluarga suami anda adalah tipikal orang yang hangat dan mereka senantiasa menyambut dengan baik setiap anggota baru yang hendak bergabung.

Atau mungkin sebaliknya, mereka hanya berbicara dan berkomunikasi seperlunya saja. Sehingga hal ini membuat mereka hanya terlihat hangat dan dekat pada orang-orang yang sudah mereka kenal sejak lama.

Dengan demikian, ketika anda mampu memahami kondisi ini dengan baik. Maka mungkin anda akan dapat memaklumi seperti apapun reaksi yang anda dapatkan. Jadi hal ini akan menghindarkan anda dari rasa kecewa yang dalam pada tahapan awal pernikahan.

Hadapi dengan Baik

Menangani sebuah konflik yang sudah terjadi dapat dilakukan dengan melihat dari mana sumber konflik tersebut timbul. Sehingga hal ini akan lebih mudah untuk anda bisa berurusan dengan masalah yang melibatkan diri anda. Termasuk dengan kontra yang anda hadapi dengan adik ipar perempuan anda.

Terkadang karena beberapa masalah kecil, seorang adik ipar yang manja akan mungkin menjadikan hal ini sebagai perkara yang besar. Bila tidak segera diatasi dengan baik maka mungkin konflik tersebut akan berubah menjadi hal yang besar dan bisa mungkin memecah hubungan anda dengannya.

Bila kondisi ini terjadi maka bukan tidak mungkin hal ini akan dapat mempengaruhi anda dengan pasangan. Bukankah seharusnya hubungan suami dan istri dapat dipupuk dengan baik guna mencapai harmonisasi yang sejalan?

Nah, bila anda mengalami perpecahan dengan keluarga terdekatnya maka hubungan yang baik bersama dengan pasanganmu akan mungkin mengalami masalah yang serius. Anda pun akan merasa canggung pada saat ada pertemuan keluarga bersama dengan keluarga dari pasangan anda.

Untuk itulah bila adik ipar anda merasa cemburu karena kehadiran anda, tetap cobalah untuk menanganinya dengan lebih dewasa. Berikan waktu, dan tetaplah bersikap dengan baik dan ramah. Ini bisa pula menguji tingkat kesabaran anda.

Namun ketika anda mampu dengan sabar memahaminya dengan baik maka hal ini akan dapat membantu mereka untuk perlahan merubah pandangannya terhadap diri anda. Dengan demikian, keharmonisan didalam rumah tangga anda dan pasanganpun akan senantiasa terjaga.

Bersabar

Kita tidak selalu bisa menghadapi sebuah masalah dengan diskusi dan bermusyawarah. Apalagi untuk urusan hati seperti timbulnya rasa cemburu pada diri anda karena dianggap merebut perhatian kakak mereka yang begitu mereka cinta. Adakalanya, sebuah masalah sulit menemukan penyelesaian karena seseorang sudah tidak lagi tertarik dengan kebenaran dan keinginan untuk memperbaiki hal tersebut.

Bila kondisi semacam ini maka mungkin segala hal yang anda lakukan akan mungkin terlihat kurang baik dan kurang tepat dimata adik ipar anda. Bahkan mungkin ketika anda berusaha untuk memperbaiki hubungan anda dengannya. Ia akan mungkin berpikir bahwa anda berusaha terlalu keras untuk bisa diterima didalam keluarganya.

Menghadapi masalah atau kondisi yang seperti ini mungkin anda perlu untuk menjadi lebih pasif. Jangan terlihat seolah anda berusaha ingin diterima dengan baik oleh saudara dari suami anda. Sebaliknya, bersikaplah acuh namun tetap ramah dan bersabar. Dari semua hal ini, pasangan anda adalah yang utama. Ketika anda sudah berusaha dengan keras untuk memperbaiki hubungan anda dengan adik ipar anda. Namun tetap saja tidak berhasil maka mungkin anda bisa beristirahat sejenak dan mengabaikan hal tersebut.

Sebab bila anda terus-menerus mencoba untuk berdamai dan merubah sikap adik ipar anda agar bisa berubah. Maka mungkin hal ini akan membuat perhatian dan kewajiban anda pada pasangan anda terabaikan. Belum lagi, adik ipar anda mungkin memang butuh waktu untuk bisa memahami semua kondisi ini dengan baik. Jadi bersabarlah dan biarkan ia tetap seperti itu.

Libatkan Pasangan Anda

Melibatkan pasangan anda untuk menepis kesalah pahaman yang terjadi antara anda dengan adik ipar anda mungkin perlu untuk dilakukan. Setelah anda mencoba berbagai cara namun tak kunjung berhasil dengan baik. Serta sikap dari adik ipar anda masihlah demikian. Mungkin saatnya anda melibatkan pasangan anda dalam hal ini.

Namun sebelumnya, bicarakan terlebih dahulu hal ini dengan pasangan anda. Ketika untuk pertama kalinya anda mengungkapkan hal ini pada pasangan. Sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan buang jauh-jauh pendapat anda yang sepihak. Sebab bagaimanapun, adik ipar anda adalah keluarga terdekat untuk suami anda.

Satu tindakan yang menghakimi dan memojokan bisa mungkin membuat pasangan anda merasa tidak nyaman. Atau mungkin pada tahapan awal pasangan anda pun mengatakan bahwa hal tersebut hanya perasaan anda saja. Nah, untuk meyakinkan hal ini maka anda bisa meminta pasangan untuk menganalisis sikap dan perilaku adik iparnya pada anda.

Dengan begini pasangan akan perlahan memahami sehingga ia pun bersedia untuk bisa menengahi hubungan anda dengan adik anda. Dengan begini siapa tahu adik ipar anda lebih memahami kesalah pahaman yang terjadi antara anda dengannya.  Sehingga perlahan ia pun mau untuk merubah cara pandangnya terhadap diri anda.

Berikan Perhatian dan Kasih Sayang

Jangan balas api dengan api sebab hal tersebut akan mungkin membuat seisi ruangan menjadi panas dan mudah terbakar. Sama halnya dengan sikap dan perilaku anda terhadap adik ipar anda. Karena ia memperlakukan anda dengan dingin atau bahkan dengan ketus maka jangan membalas apa yang ia lakukan dengan tindakan yang sama. Sebab hal ini akan mungkin membuat anggapannya terhadap diri anda terbukti dengan jelas. Dengan demikian, tidak ada alasan untuknya untuk menerima anda dan menyayangi anda didalam keluarganya.

Berikan perhatian dan juga kasih sayang pada adik ipar anda meskipun ia tidak memberikan respon yang baik pada awalnya. Bagaimana caranya memberikan perhatian kasih sayang pada adik ipar anda? Well, mungkin cara yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pendekatan.

Bila ia tinggal serumah dengan anda, anda bisa memperlakukan ia seperti anda memperlakukan adik anda sendiri. Memperhatikan semua kebutuhan dan bila perlu mengabulkan keinginannya yang mungkin bisa anda kabulkan. Seperti halnya mengajaknya jalan-jalan dan masih banyak lagi.

Cara ini mungkin akan dapat perlahan meluluhkan hatinya dan membuat ia perlahan merubah cara pandangnya terhadap diri anda. Yang terpenting adalah berikan kenyamanan pada adik ipar anda dengan begini ia akan secara tidak sadar mulai tergantung pada diri anda. Dengan begini pula ia akan merasa anda adalah sosok yang berharga sama berharganya seperti kakaknya sendiri.

Komunikasikan Pada Waktu yang Tepat

Ketika anda sudah menemukan waktu yang tepat dan amarah atau ketidak sukaan adik ipar anda pada anda sudah mulai meredam. Maka ini adalah saatnya anda meluruskan kesalah pahaman yang terjadi antara anda dengannya. Waktu ini akan membuat diskusi dan pembicaraan terhadap masalah yang selama ini dihadapi akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Sebab ketika amarahnya meredam pada diri anda dan ketidak sukaannya sudah mulai berkurang. Maka akan lebih mudah pula untuknya menerima segala sesuatunya dengan hati dan pikiran yang lebih jernih. Ia pun akan mulai membuka pikirannya untuk menerima kebenaran dan mengoreksi kesalah pahaman tersebut.

Memang terkadang masalah membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa diselesaikan. Hanya saja, selama waktu tersebut ada baiknya anda mampu mengantisipasi agar masalah tersebut tidak berkembang menjadi persoalan yang lebih besar. Begitupun dengan yang terjadi antara anda dengan adik ipar anda.

Ketika anda mampu mengantisipasi segala halnya dengan baik maka percayalah, perlahan permasalah tersebut akan bisa anda temukan solusinya dan diselesaikan dengan lebih baik. Cobalah untuk terbuka dan sampaikan dengan perlahan. Tempatkan diri anda pada posisi adik ipar anda yang lebih mudah dimana emosinya masih sangat meledak-ledak.

Tunjukan Ketulusan Anda

Menunjukan ketulusan disini bukan berarti anda berusaha keras dengan memberikan perhatian seolah anda adalah orang yang pantas untuk diterima didalam keluarga baru anda. Bagaimanapun pro dan kontra akan selalu anda hadapi dari semua hal yang anda lakukan.

Jadi demikian, jangan berusaha terlalu keras sebab mungkin hal semacam ini bukan malah mengatasi masalah. Justru malah menimbulkan cibiran dan persepsi yang lebih buruk dimata keluarga dekat pasangan anda.

Menunjukan ketulusan anda bisa dilakukan dengan banyak hal. Dan pada dasarnya anda memang perlu untuk benar-benar tulus melakukannya. Agar demikian, anda tidak perlu berusaha keras untuk menunjukan ketulusan anda.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menunjukan ketulusan anda pada adik ipar yang manja dan mudah cemburu. Seperti misalkan memenuhi kebutuhan adik ipar anda bila ia memang serumah dengan anda dan suami.

Tidak perlu selalu mengharapkan pujian dan pengakuan dari adik ipar anda. Biarkan semuanya mengalir layaknya air ketika menemukan tempat yang tepat maka air tersebut akan ditampung dan disimpan dengan baik.

Sama halnya dengan yang terjadi dengan adik ipar anda. Apalagi ketika ia berada satu rumah dengan anda dan pasangan. Maka biarkan mereka merasakan seolah mereka tetap memiliki pengganti ibu mereka yakni diri anda. Dengan demikian, ia perlahan akan mulai menerima anda dan menganggap bahwa anda adalah sosok yang sama berharganya dengan keluarga mereka.

Jangan Memprovokasinya

Kehadiran anda didalam keluarganya menjadi seorang pendamping dari kakaknya yang selama ini selalu memberikan mereka perhatian. Dianggapnya sebagai sebuah ancaman dimana anda telah merebut perhatian saudaranya dari dirinya. Hal semacam inilah yang pada umumnya membuat seorang adik ipar yang manja menunjukan sikap ketidak sukaannya terhadap diri kita.

Nah, tak heran bila segala hal yang anda lakukan meskipun dianggap baik. Akan terlihat kurang baik dimata mereka. Termasuk ketika anda berusaha untuk menjadi teman mereka dan berusaha untuk menepis kesalah pahaman tersebut.

Jadi demikian, menghadapi hal tersebut sebaiknya anda jangan mengambil tindakan terburu untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Apalagi dengan langsung menghadapi adik ipar anda dan menanyakan apa sebenarnya masalah yang ia miliki dengan diri anda sehingga perlakukannya pada diri anda menjadi begitu dingin. Tindakan ini akan dianggap sebagai tindakan provokasi terhadap diri adik ipar anda.

Jangankan untuk menumbuhkan rasa suka dan menerima anda didalam keluarganya. Ia mungkin akan menganggap anda sebagai seorang yang jahat dan tidak pantas merebut perhatian kakaknya dari dirinya.

Loading...

Loading...