Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Dimana pada umumnya bruntusan disebabkan karena digigit serangga, reaksi alergi, polusi udara, cuaca, infeksi, tidak tahan karena bahan kimia, serta melakukan perawatan atau pengobatan tertentu.

Baca Juga:

Selain menimbulkan kemerahan dan rasa gatal, kulit bruntusan juga akan menyebabkan tampilan kulit menjadi tidak cantik dan indah.
Nah, agar bruntusan tidak semakin parah, maka segera mungkin lakukan pengobatan. Ada beberapa cara alami yang bisa anda coba untuk mengatasi kulit burntusan. Dengan bahan-bahan alami ini buruntusan pada kulit dapat diringankan, bahkan dengan perlahan mampu dihilangkan.

6.Cara atasi kulit bruntusan

Cara Menghilangkan atau Mengatasi Kulit Wajah Bruntusan Secara Alami dan Tradisional

Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan, dimana kandungan tersebut mampu dan ampuh dalam mengatasi iritasi. Oatmeal juga mampu memberikan efek yang dingin serta membuat kulit terasa lebih lembut.

Cara memanfaatkan oatmeal untuk mengatasi kulit bruntusan cukup mudah. Siapkan oatmeal secukupnya saja, lalu campurkan oatmeal dan air hangat, tunggu beberapa saat sampai mekar. Lalu diamkan beberapa saat sampai dingin. Baru setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah atau bagian kulit lainnya yang mengalami bruntusan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Baking Soda

Baking soda memang dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah yang menimpa kulit, terlebih lagi untuk kulit yang gatal-gatal atau berjerawat. Baking soda mengandung bahan anti peradangan yang memiliki peran sebagai neutralizer asam dengan alami.

Caranya yaitu, siapkan 1 sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Lalu campurkan baking soda dan air tersebut. Aduk smapai merata. Aplikasikan campuran bahan ini pada area wajah atau kulit lainnya yang mengalami bruntusan. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Namun, hal yang perlu anda ingat yaitu sebaiknya jangan aplikasikan baking soda ini pada kulit yang mengalami luka atau terbuka, karena baking soda akan memicu atau membuat luka menjadi semakin parah atau infeksi.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol, dimana bahan tersebut mampu mengatasi rasa gatal serta menenangkan kulit yang bruntusan. Sebelum minyak cengkeh ini diaplikasikan, akan lebih baik jika anda mencampurkannya terlebih dahulu dengan sedikit air. Lalu aplikasikan campuran minyak cengkeh dan air ini pada area kulit yang bruntusan karena diyakini efeknya cukup kuat.

Lemon

Lemon dipercaya ampuh dalam mengatasi rasa gatal, lemon juga berperan sebagai antiseptik dan juga anti peradangan. Cara menggunakannya cukup mudah, iris tipis lemon, lalu aplikasikan pada area kulit yang bruntusan. Diamkan beberapa saat, setelah itu rasa gatal akan berkurang, serta kulit akan terasa lebih dingin.

Kompres Dengan Air Dingin

Sensasi dingin mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan karena mampu menenangkan sel syaraf. Oleh sebab itu, jika bruntusan pada kulit anda terasa gatal maka hindari menggaruknya. Karena akan lebih baik jika anda mengompresnya dengan menggunakan air dingin sampai mereda.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang biasanya digunakan untuk kesehatan dan kecantkan rambut juga bisa memberikan efek dingin serta meredakan gatal yang dirasa akibat bruntusan. Lidah buaya kaya akan vitamin E, dimana cukup ampuh dalam mengatasi luka bakar serta rasa gatal akibat iritasi.

Aplikasikan gel lidah buaya pada area gatal akibat bruntusan, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Selain mengambil langsung gelnya dari lidah buaya, anda juga bisa membeli gel lidah buaya yang sudah tersedia di apotik atau toko obat terdekat.

Itulah cara mengatasi kulit bruntusan dengan alami dan tradisional. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...