Cara Menghilangkan Bakteri Dalam Mulut Agar Mulut Lebih Sehat

Mulut merupakan jalan masuknya segala sesuatu yang dikonsumsi, sehingga di dalam mulut akan tertinggal sisa-sisa makanan. Keadaan seperti ini tentunya akan menyebabkan gangguan penyakit dalam mulut, yang mana penyebabnya tidak lain karena bakteri.

Apabila mulut tidak sering dibersihkan, maka bakteri yang terdapat di dalam mulut akan terus berkembang. Untuk membuat mulut lebih sehat sekaligus menghilangkan bakteri, biasanya dengan cara menggosok gigi baik itu ketika bangun tidur atau sebelum tidur. Namun, menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari rasanya tidak cukup dan tidak mampu menghilangkan bakteri secara tuntas.

Selain menggosok gigi perawatan lainnya diperlukan agar mulut sehat dan bebas bakteri. Namun, melakukan perawatan tidak harus pergi ke dokter dan menghabiskan uang banyak, karena perawatan alami dan tradisional pun cukup. Beberapa bahan alami diyakini mampu mengatasi atau membasmi bakteri yang terdapat di dalam mulut. Lantas apa saja bahan yang dimaksud dan bagaimana cara memanfaatkannya? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahuinya. Namun, sebelumnya simak terlebih dahulu efek buruk yang ditimbulkan karena bakteri dalam mulut berikut ini.

 CARA ATASI BAKTERI DALAM MULUT

Efek Negatif Bakteri Dalam Mulut

Nafas menjadi bau

Bakteri yang terdapat di dalam mulut akan membuat nafas menjadi tidak sedap. Dengan keadaan seperti ini tentunya akan membuat tidak percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Lidah menjadi pahit

Ketika terdapat bakteri di dalam mulut, maka lidah akan terasa pahit. Bahkan yang lebih parahnya lidah akan mati rasa.

Makanan terasa tidak enak

Karena bakteri dalam mulut menyebabkan lidah terasa pahit, maka makanan yang dikonsumsi pun akan terasa tidak enak. Bahkan efek ini akan terus berlanjut sehingga seseorang akan kehilangan nafsu makan.

Cara Menghilangkan Bakteri di Dalam Mulut

1. Garam dan Baking Soda

Garam yang dicampurkan dengan baking soda bermanfaat untuk mengatasi gusi yang meradang dan mampu menetralisir keasaman mulut sehingga mampu membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut.

Cara menggunakannya yaitu, pertama campurkan garam dan baking soda masing masing setengah sendok ke dalam setengah cangkir air putih. Lalu aduk-aduk sampai merata. Gunakan air ini untuk berkumur. Untuk hasil yang lebih efektif dianjurkan untuk berkumur 3x sehari.

2. Daun Sirih

Daun sirih dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah mulut, juga mampu membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut.

Cara menggunakannya yaitu, siapkan 8-10 lembar daun sirih. Lalu remas-remas daun sirih yang sudah anda siapkan tersebut. Siapkan 3 gelas air dan rebus air tersebut bersama dengan daun sirih. Rebus sampai air rebusan menyusut menjadi setengah gelas. Ketika masih hangat, gunakan air rebusan untuk berkumur ketika pagi dan malam hari.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan minyak limonoids, yang mana kandungan tersebut mampu membunuh bakteri di dalam mulut sehingga kesegaran nafas kembali.

Cara menggunakannya yaitu, siapkan 2 buah jeruk nipis. Lalu peras jeruk nipis tersebut dan campurkan perasan air jeruk nipis dengan menggunakan madu agar rasa asam tidak terlalu terasa. Ramuan yang terbuat dari jeruk nipis ini bisa langsung diminum maupun dijadikan larutan untuk berkumur. Untuk hasil terbaik lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Demikian cara menghilangkan bakteri yang terdapat di dalam mulut agar mulut lebih sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share tips ini kepada teman-teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Loading...