Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Agar Wajah Kembali Mulus - Memiliki wajah yang  bersih, mulus dan terbebas dari jerawat serta bekasnya adalah dambaan semua orang. Hanya saja, terkadang masalah pada wajah dialami oleh beberapa orang yang dapat menurunkan rasa percaya diri.

Selain jerawat, masalah wajah yang sering dikeluhkan yaitu bekas jerawat. Bahkan bekas jerawat bisa lebih lama hilang dibandingkan dengan jerawat, terlebih lagi bekas jerawat yang berupa bopeng. Bopeng membuat kondisi wajah tidak mulus dan berlubang, serta mengganggu penampilan.

Baca Juga:

Untuk anda yang memiliki masalah bopeng bekas jerawat pada wajah, tidak perlu khawatir sebab memiliki wajah kembali mulus bukanlah hanya impian belaka. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng pada kulit baik dengan cara alami atau melakukan beberapa perawatan pada ahlinya. Nah, untuk anda yang sedang mencari cara untuk menghilangkan bopeng yang membandel pada kulit, beberapa cara berikut ini mungkin dapat anda jadikan pilihan.

Cara-menghilangkan-bopeng-bekas-jerawat-1.jpg

Penyebab Bopeng Setelah Berjerawat

Bopeng merupakan kondisi kulit dengan bentuk lubang atau lekuk yang disebabkan oleh  jerawat yang digaruk atau dipencet dengan menggunakan tangan yang membuat jerawat pecah. Karena hal ini,  kelenjar minyak yang terdapat pada kulit lapisan dalam pecah, serta timbul luka yang disebut dengan jaringan parut. Dimana jaringan parut ini akan menarik lapisan atas kulit sehingga timbul bekas berbentuk cekung seperti lubang. Hal inilah yang membuat kulit menjadi bopeng.

Bopeng atau bekas luka yang berlubang juga disebut dengan bekas luka atrofi. Pada jenis luka yang satu ini kolagen kurang untuk proses penyembuhan. Luka ditutupi oleh bekas luka, hanya saja produksi jumlah jaringan tidak cukup menutupi bagian kulit yang rusak. Sehingga bekas luka yang muncul terlihat cekung. Pada umumnya bekas luka  ini timbul disebabkan karena jerawat ataupun cacar air. Faktor gentik juga ikut mempengaruhi pada beberapa orang.

Penyebab lainnya yang akan meningkatkan risiko bopeng yaitu melakukan tindakan tanpa adanya pengawasan dari dokter. Beberapa tindakan tersebut seperti memencet jerawat atau memecahkan jerawat menggunakan tangan yang kebersihannya tidak terjaga, melakukan perawatan bukan oleh orang yang profesional.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Alami

Untuk anda yang ingin menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan biaya yang terjangkau, maka anda dapat mencoba melakukan cara alami. Beberapa cara alami diketahui dapat membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang diharapkan anda harus melakukannya dengan rutin. Nah, inilah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alami yang dapat anda simak.

Madu

Cara-menghilangkan-bopeng-bekas-jerawat-2.jpg

Khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk kecantikan madu sering dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Madu dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi bekas jerawat termasuk bopeng karena sifat anti bakteri dan antiperadangan dimiliki oleh madu.

Untuk membantu mengatasi bekas jerawat termasuk bopeng dengan menggunakan madu caranya sangat mudah. Anda hanya cukup menyiapkan madu secukupnya saja. Kemudian oleskan madu pada bagian kulit yang terdapat bopeng dan diamkan selama semalaman. Madu yang anda gunakan pastikan madu asli, sebab madu asli kandungannya masih terjaga. Madu juga bermanfaat untuk mengurangi iritasi yang disebabkan karena luka jerawat.

Lemon

Selain madu, manfaat lemon untuk kecantikan juga sudah tidak bisa diragukan lagi. Pada buah lemon terkandung vitamin C yang tinggi, antioksidan yang dibutuhkan untuk regenerasi kolagen. Dimana kolagen merupakan sebuah komponen utama kulit yang dapat membuat bopeng sembuh dengan lebih cepat.

Untuk mengatasi bopeng dengan menggunakan lemon, anda bisa langsung memanfaatkan perasan lemonnya atau mengkombinasikannya dengan minyak almond, susu atau madu. Campuran dari bahan-bahan tersebut akan menambah khasiat untuk mengatasi bopeng pada kulit. Anda bisa langsung mengoleskan air perasan lemon pada kulit anda yang bopeng. Lalu tunggu selama beberapa menit. Terakhir anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Minyak  Zaitun

Minyak zaitun juga bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi bopeng bekas jerawat. Pada minyak zaitun terkandung lemak jenuh, omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu mengurangi masalah peradangan. Selain itu, minyak zaitun juga akan menjadikan kulit anda lebih halus dan lembab. Nah, jika anda rutin menggunakan masker dari minyak zaitun, maka lapisan kulit anda  yang bopeng akan kembali halus lagi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya anda harus melakukan perawatan menggunakan minyak zaitun dengan rutin.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membuat kulit lebih lembab. Selain itu, lidah buaya juga diketahui dapat membantu mengatasi kulit yang bopeng. Anda dapat mencoba cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat sangat mudah. Anda bisa menyiapkan lidah buaya secukupnya saja. Kemudian manfaatkan gel lidah buaya. Lalu anda bisa mengoleskannya pada wajah anda dan diamkan selama semalaman supaya kandungannya  dapat meresap dengan sempurna.

Nah, perawatan dengan menggunakan lidah buaya ini sangat bagus untuk menjadikan kulit tetap terhidrasi, serta menutup pori-pori kulit. Selain itu, perawatan dengan menggunakan lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit dan menjadikan kulit lebih bersih.

Masker Putih Telur

Menghilangkan bopeng bekas jerawat juga bisa anda coba dengan menggunakan masker dari putih telur. Anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan alami yang lainnya agar hasilnya maksimal.

Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti 1 butir telur, 2 sdm jus lemon dan 2 sdm oatmel. Kemudian pisahkan bagian putih dan kuning telur. Setelah itu campurkan bagian putih telur dengan jus lemon dan oatmeal. Aduk sampai merata. Selanjutnya silakan oleskan atau aplikasikan pada wajah anda dengan merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air dingin. Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa membuat bekas luka berkurang, begitupun dengan bopeng bekas jerawat. Selain menggunakan bubuk kunyit langsung, saat ini sudah tersedia di pasaran kunyit dalam bentuk krim yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bopeng.

Namun, jika anda ingin mencoba cara alami dengan memanfaatkan bubuk kunyit langsung, anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah. Pertama silakan sediakan bubuk kunyit secukupnya saja. Lalu anda bisa menambahkan air secukupnya hingga bubuk  kunyit membentuk pasta. Selanjutnya anda bisa mengaplikasikan bubuk kunyit tersebut pada kulit anda yang terdapat bopeng. Diamkan selama beberapa  saat lalu anda bisa membilasnya hingga bersih.

Bawang Putih

Bumbu masakan yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih juga sering digunakan untuk membantu mengatasi jerawat dan bekas jerawat bopeng. Bawang putih mengandung zat sulfur yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alami.

Untuk anda  yang ingin mencoba memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi bekas jerawat caranya mudah sekali. Anda cukup menyiapkan bawang putih sebanyak 1 siung. Kemudian iris bawang putih membentuk seperti lembaran. Setelah itu anda bisa menempelkannya pada bagian kulit yang terdapat jerawat maupun bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan vitamin A yang diketahui ampuh dalam mengatasi jerawat dan bopeng bekas jerawat yang membandel. Melakukan perawatan dengan tomat bisa dijadikan pilihan bagi anda untuk mengatasi masalah bekas jerawat pada wajah.

Silakan sediakan tomat secukupnya saja. Lalu belah tomat menjadi beberapa bagian. Selanjutnya  anda bisa menempelkannya pada kulit yang terdapat jerawat atau bekasnya.  Selain ditempelkan, anda juga bisa mengoleskannya pada kulit dan diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Jika sudah anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Kulit Jeruk

Saat memakan buah jeruk, kita tentu langsung membuang kulitnya. Padahal sebenarnya kulit jeruk itu sendiri memiliki manfaat untuk kecantikan. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bopeng. Jeruk mengandung banyak vitamin C. Pada jeruk juga terkandung vitamin A, serta flavonoid yang diketahui ampuh untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan kulit jeruk tentunya bisa anda ikuti dengan mudah. Anda tinggal menjemur kulit jeruk hingga air yang terkandung berkurang. Setelah kering anda bisa menumbuk kulit jeruk dengan menambahkan air sedikit hingga halus. Kemudian anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk mengatasi jerawat dan bekasnya yang membandel.

Prosedur Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Melakukan Perawatan Tertentu

Cara-menghilangkan-bopeng-bekas-jerawat-3.jpg

Jika menggunakan cara alami bopeng tetap tidak hilang, maka anda bisa melakukan prosedur menghilangkan bopeng di kulit pada orang yang profesional. Nah, berikut ini beberapa prosedur menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Chemical Peeling

Chemical peeling menjadi salah satu prosuder untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.  Banyak orang dengan bekas jerawat melakukan peeling atau prosedur pengelupasan kulit agar jaringan parut menjadi berkurang. Dengan melakukan prosedur ini pada wajah akan diterapkan lapisan asam.

Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan bagian lapisan luar kulit, serta membuat sel beregenerasi. Sebenarnya perawatan ini tidak benar menghilangkan bopeng pada wajah, namun mengelupaskan kulit pada bagian bekas luka yang tidak terlalu dalam. Melakukan perawatan ini tentu akan menimbulkan efek samping  seperti kulit wajah menjadi kemerahan, serta iritasi setelah terjadi pengelupasan.

Dermabrasi

Tanpa menggunakan bahan kimia prosedur ini akan membuat kulit menjadi merata. Lapisan kulit yang mengalami bopeng baik bagian kulit terluar hingga ke lapisan tengahnya dapat hilang dengan menggunakan prosedur ini.

Dengan dermabrasi ini akan membuat tampilan kulit menjadi lebih merata. Sehingga tak heran jika prosedur ini sering dijadikan langkah untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Dermabrasi tentunya harus dilakukan oleh dokter yang sudah ahli pada bidangnya. Pasalnya jika dilakukan dengan tidak tepat akan meningkatkan risiko bekas luka baru semakin besar dan menimbulkan infeksi kulit.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan untuk mengurangi masalah bopeng pada kulit dimana lapisan kulit terluar dihilangkan. Proses biasanya dilakukan untuk bopeng bekas jerawat yang tidak terlalu luas permukaannya. Melakukan perawatan dengan prosedur ini  biasanya tidak akan menimbulkan efek samping. Hasilnya akan terlihat jika melakukannya dengan rutin.

Dermal Filler

Untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dokter juga mungkin akan merekomendasikan proses ini. Dermal filler itu sendiri merupakan proses penyuntikan wajah agar luka bopeng dapat terangkat sehingga ketinggiannya menjadi rata dengan kulit sebenarnya. Dengan kata lain ini merupakan proses untuk mengisi kulit yang bopeng.

Hasil dari perawatan ini hanya sementara, tergantung dari produk apa yang digunakan. Meskipun hasilnya membuat banyak orang tertarik untuk melakukan perawatan ini, namun proses ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti infeksi, iritasi kulit atau alergi.

Dermal Roller

Dermal roller dilakukan untuk membuat saluran dengan ukuran mikro menggunakan jarum kecil dengan tujuan supaya partikel yang diberikan bisa masuk ke dalam kulit. Dermal filler itu sendiri berfungsi untuk membuat pertumbuhan kolagen menjadi terangsang. Memasukan partikel ke dalam kulit agar penyembuhan kulit terangsang.

Krim Wajah

Menggunakan produk atau krim wajah sering dilakukan untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Krim wajah digunakan pada dasarnya untuk membuat kulit menjadi lembab, serta mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti kemerahan dan gatal.

Hanya saja untuk mengatasi bopeng dengan krim mungkin membutuhkan waktu yang lama, tergantung dari  komposisi krim serta cocok tidaknya dengan kulit.  Untuk mendapatkan hasilnya maka penggunaan krim harus dilakukan dengan terus menerus.

Laser Fraksional

Perawatan lainnya untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat yaitu dengan melakukan terapi laser. Terapi laser yang satu ini dilakukan agar regenerasi bekas luka dapat terangsang. Dengan proses laser ini maka akan membakar lapisan luar kulit yang mengalami bopeng, serta menstimulasi tumbuhnya sel baru. Jika anda sudah melakukan laser ini maka masalah bopeng anda akan tersamarkan.

Sebenarnya  ada banyak prosedur untuk menghilangkan bopeng yang dapat anda lakukan. Namun, untuk mengetahui perawatan yang tepat sesuai dengan masalah bopeng yang anda alami, maka anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dokter juga mungkin akan menyarankan perawatan seperti apa yang tepat untuk mengatasi masalah bopeng yang anda alami.

Cara Mencegah Bopeng Karena Jerawat

Untuk mencegah timbulnya bopeng karena jerawat, beberapa tips berikut ini dapat anda lakukan:

  • Ketika jerawat sedang meradang jangan disentuh. Pasalnya tangan anda kebersihannya belum tentu terjaga, sehingga dapat membuat jerawat semakin bertambah parah.
  • Sangat penting untuk menjaga kebersihan jerawat, apalagi ketika jerawat tiba-tiba pecah. Untuk mencegah bakteri tersebar, anda bisa meneteskan beberapa tetes toner pada kapas, kemudian menempelkannya pada jerawat anda yang pecah.
  • Supaya peradangan, infeksi maupun jerawat baru muncul tidak terjadi akibat jerawat yang pecah, saat membersihkan wajah hindari menggosoknya terlalu kuat.
  • Pada bagian kulit yang terdapat luka atau jerawat yang baru pecah, hindari menggunakan kosmetik seperti concealer atau alas bedak, sebab akan menyebabkan bakteri masuk, kemudian berkembang biak, serta terjebak oleh makeup yang anda gunakan sehingga akan terjadi sumbatan, serta peradangan.
  • Jika anda akan melakukan perawatan terhadap jerawat, pastikan anda melakukannya pada ahlinya.

Dengan demikian cara menghilangkan bopeng bekas jerawat bisa anda lakukan dengan cara alami atau beberapa metode di atas. Untuk mencegah bopeng muncul akibat jerawat, anda harus memperhatikan beberapa tips seperti di atas. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan pastikan anda melakukan konsultasi  terlebih dahulu untuk perawatan yang tepat sesuai dengan masalah kulit yang anda alami untuk mencegah kondisinya semakin parah.

Loading...

Loading...