Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah - Kesehatan gigi terkadang sering terbaikan. Padahal sebenarnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan, sebab dari mulut kuman dapat masuk ke dalam tubuh. Salah satu masalah gigi yang sering dialami yaitu karang gigi. Dalam bahasa medis, karang gigi disebut sebagai dental calculus. Karang gigi dapat terjadi saat usia anak-anak. Seiring dengan bertambahnya usia maka risikonya akan semakin meningkat.

Karang gigi itu sendiri merupakan plak yang mengalami penumpukan yang terbentuk dari makanan sisa yang bercampur dengan bakteri dan mengendap pada gigi. Dimana sisa makanan ini dalam jangka waktu yang cukup lama akan menempel pada gigi, kemudian akan mengeras dan terbentuklah karang gigi. Untuk menjadi karang gigi, plak membutuhkan waktu 12 hari. Hanya saja, perlu anda ketahui juga pada setiap orang kecepatan pembentukan karang gigi berbeda-beda, pH air liur ikut menentukan.

Baca Juga:

Selain dapat menimbulkan masalah kesehatan mulut yang lainnya, keberadaan karang gigi tentunya akan mengganggu kepercayaan diri anda, terlebih lagi jika terbentuk pada bagian gigi yang  mudah terlihat. Bahkan jika didiamkan tidak menutup kemungkinan akan semakin bertambah parah. Maka dari itu, sangat penting mengetahui cara menghilangkan karang gigi dengan mudah seperti pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat )

Cara-menghilangkan-karang-gigi.jpg

Penyebab Munculnya Karang Gigi

Terbentuknya karang gigi pada gigi disebabkan karena terdapat sisa makanan, serta protein yang tercampur dengan bakteri pada mulut. Apabila plak ini terus menerus bertumpuk akan dapat menyebabkan rusaknya enamel gigi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan gigi dengan permanen, bau mulut, peradangan pada gigi, bahkan bisa berisiko menyebabkan penyakit jantung. Diketahui ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan karang gigi seperti berikut ini.

Permen Manis

Permen menjadi salah satu makanan yang menjadi musuh besar gigi dan mulut. Asam yang lebih keras dihasilkan lebih banyak pada gigi oleh permen. Terlebih lagi permen yang memiliki tekstur kenyal. Sebab permen ini dalam waktu yang lama bisa menempel pada gigi. Sehingga tak heran apabila permen dapat menyebabkan kerusakan gigi lebih cepat.

Apabila anda ingin mengonsumsi makanan manis, dibandingkan permen alangkah lebih baik jika anda mengonsumsi cokelat. Sebab cokelat bisa dengan mudah dan cepat dikunyah, serta mudah untuk dibersihkan.

Roti

Bahan pati dapat menempel pada gigi yang dapat menyebabkan penumpukan plak pada gigi. Dimana pati ini digunakan sebagai bahan untuk membuat roti. Ketika anda mengonsumsi roti dan mengunyahnya, maka pati akan dipecah oleh air liur menjadi gula. Sehingga akan berubah menjadi zat bergetah. Pada akhirnya roti akan menempel pada celah gigi anda. Dimana kondisi ini akan menyebabkan masalah pada gigi, seperti misalkan gigi berlubang. Nah, apabila anda ingin mengonsumsi roti, maka sebaiknya konsumsi roti dengan kandungan gandum utuh yang memiliki gula lebih sedikit.

Minuman Mengandung Soda

Menurut sebuah studi menyatakan bahwa minuman soda berkarbonasi dalam jumlah yang banyak akan dapat menyebabkan rusaknya gigi. Minum minuman soda berkarbonasi akan dapat menyebabkan plak gigi menghasilkan asam yang lebih banyak.

Nah, ketika anda minum soda dalam jumlah yang banyak atau setiap hari, itu artinya gigi anda sedang dilapisi oleh asam. Selain itu, minuman yang satu ini juga dapat membuat mulut anda kering, yang berarti air liur anda sedikit. Tidak hanya itu, minuman soda dengan warna gelap akan dapat menodai gigi anda. Nah, saat meminum soda sebaiknya anda jangan menyikat gigi sebab pembusukan pada gigi bisa terjadi lebih cepat.

Alkohol

Seperti yang kita ketahui, minuman beralkohol adalah minuman tidak sehat yang harus kita hindari. Selain tidak sehat, minuman ini juga akan menyebabkan mulut kering. Mulut yang kering disebabkan karena air liur pada mulut anda kurang. Padahal sebenarnya air liur dibutuhkan untuk menjaga agar gigi tetap sehat.

Air liur berfungsi untuk mencegah agar makanan tidak menempel pada gigi, serta menghilangkan partikel makanan. Selain itu, air liur juga dapat membantu memperbaiki tanda rusaknya gigi, masalah gusi dan masalah kesehatan mulut yang lainnya. Nah, agar mulut tetap terhidrasi maka memperhatikan kebutuhan air harus anda perhatikan.

Selain karena mengonsumsi makanan-makanan tersebut, karang gigi juga bisa disebabkan karena beberapa hal lainnya seperti berikut ini:

  • Jarang menggosok gigi atau membersihkan gigi
  • Merokok
  • Tidak membersihkan mulut menggunakan obat kumur
  • Menggunakan obat-obatan yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi

Gejala Karang Gigi

Anda dapat mengenali karang gigi dengan melihat adanya lapisan pada garis gusi seperti  kotoran berwarna kuning atau kecoklatan. Meskipun telah dibersihkan, serta disikat dengan berulang akan sulit untuk dihilangkan. Selain itu, mereka yang mengalami karang gigi akan mengalami gejala yang lainnya seperti bau mulut dan mulut menjadi kering.

Umumnya karang gigi tidak menimbulkan gejala yang akan mengganggu fungsi gigi. Hanya saja, jika tidak ditangani masalah ini justru akan memicu peradangan pada gusi. Apabila karang gigi menyebabkan peradangan, maka akan timbul beberapa gejala seperti misalkan gusi menjadi berwarna gelap, bengkak, mudah berdarah dan ketika disentuh akan terasa nyeri.

Jenis Karang Gigi

Karang gigi itu sendiri dibedakan menjadi dua jenis. Berikut ini penjelasan tentang karang gigi.

  • Karang Gigi Supragingival

Jenis karang gigi yang satu ini muncul dari garis gusi hingga ke bagian permukaan area kunyah gigi. Warna karang gigi ini umumnya putih kekuningan. Namun dapat berubah sesuai dengan kebiasaan seseorang yang mengalaminya. Contohnya, jika pemiliknya sering minum teh atau kopi, maka karang gigi tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Tekstur karang gigi yang satu ini mirip dengan tanah liat. Serta dari permukaan gigi mudah terlepas. Karang gigi dapat muncul pada satu gigi atau beberapa bagian gigi sekaligus. Karang gigi bahkan dapat muncul di semua bagian gigi. Setelah dibersihkan, karang gigi jenis ini dapat kembali tumbuh.

  • Karang Gigi Subgingival

Karang gigi ini muncul mulai pada garis gusi, masuk ke bagian dalam gusi ke akar gigi. Letaknya di bagian bawah gusi, biasanya karang gigi jenis ini tidak terlihat dan biasanya terabaikan ketika dilakukan pemeriksaan gigi.

Karang gigi jenis ini memiliki warna hijau kehitaman atau cokelat karena tercampur darah. Teksturnya keras, melekat erat di permukaan gigi, serta padat.

Efek Samping Karang Gigi

Cara-menghilangkan-karang-gigi-3.jpg

Ketika anda memiliki karang gigi, maka proses menyikat gigi akan menjadi tidak efektif. Masalah gigi ini akan menyebabkan proses pemecahan lapisan pada gigi lebih mudah yang disebabkan oleh asam. Dimana hal ini akan dapat menyebabkan gigi rusak dan berlubang. Tidak hanya itu saja, ada beberapa masalah kesehatan mulut lainnya yang disebabkan karena karang gigi seperti berikut ini.

Tempat Bersarang Bakteri

Karang gigi akan dapat menyebabkan efek yang serius untuk kesehatan mulut, terlebih lagi jika muncul di atas garis gusi. Ini menjadi tempat yang tepat untuk bersarangnya bakteri, lalu masuk ke gusi dan membuat gusi rusak, serta menyebabkan peradangan dan iritasi.

Menyebabkan Bau Mulut

Karang gigi yang tidak diatasi akan dapat menyebabkan bau mulut. Plak bercampur dengan makanan yang tidak tersikat bersih akan mengakibatkan pembusukan pada mulut. Dimana pembusukan ini akan menyebabkan anda bau mulut.

Radang Gusi

Efek yang paling umum dari karang gigi yaitu radang gusi. Setelah radang gusi terjadi saat terdapat karang gigi, maka dapat menyebabkan gusi terkena penyakit periodontitis. Ini merupakan penyakit berbentuk kantong nanah yang muncul di antara gigi dan gusi.

Dapat Memicu Penyakit Jantung & Stroke

Kesehatan gusi dapat memicu munculnya penyakit jantung, serta stroke. Diduga bakteri, serta mikroorganisme yang ada pada plak gigi dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan reaksi peradangan. Dimana hal ini akan dapat membuat pembuluh darah rusak dan mengalami sumbatan. Nah, apabila aliran darah mengalami sumbatan akan dapat meningkatkan penyakit jantung serta stroke.

Cara Menghilangkan Karang Gigi di Rumah dengan Mudah

Cara-menghilangkan-karang-gigi-1.jpg

Jangan abaikan karang gigi, anda harus segera mengatasinya. Perawatan sebagai cara menghilangkan karang gigi bisa anda coba di rumah dengan memperbaiki pola hidup anda. Nah, berikut ini cara supaya karang gigi anda tidak semakin parah.

Rutin Menggosok Gigi

Sejak kecil anda mungkin sering diajarkan oleh orangtua agar rajin menggosok gigi. Menggosok gigi dapat membersihkan gigi dan membantu gigi terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Agar karang gigi tidak semakin parah, dianjurkan untuk rutin menggosok gigi. Selain itu, ketika menggosok gigi supaya benar-benar bersih setidaknya anda melakukannya selama kurang lebih 2 menit.

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Saat menggosok gigi, sebaiknya anda menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Ini dilakukan supaya gigi anda benar-benar bersih dari makanan sisa. Fluoride yang terkandung pada pasta gigi juga berkhasiat untuk mencegah supaya plak tidak berkembang. Tidak hanya kandungan fluoride, anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung zinc, pyrophosphates, triclosan, citrate. Dimana kandungan tersebut akan dapat membantu membersihkan gigi dari noda kekuningan, serta mengatasi plak dengan efektif.

Membersihkan Gigi dengan Benang

Membersihkan gigi tidak cukup dengan menyikat gigi saja. Untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi yang tidak terjangkau, serta sebagai upaya untuk membantu menghilangkan karang gigi, anda bisa memanfaatkan dental floss. Diketahui menyikat gigi hanya dapat membersihkan gigi sebanyak 25 % saja.

Untuk menjangkau bagian sudut gigi dibutuhkan benang khusus untuk gigi. Nah, anda bisa menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan gigi, serta gusi dengan maksimal. Anda dapat membersihkan gigi menggunakan dental floss setelah makan.

Menggunakan Obat Kumur

Anda juga dapat menggunakan obat kumur saat membersihkan mulut untuk membantu menghilangkan karang gigi dengan efektif. Menggunakan obat kumur juga bermanfaat untuk proteksi tambahan. Untuk mengetahui obat kumur apa yang tepat untuk membantu mengatasi karang gigi, anda bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Memperhatikan Asupan Makanan

Salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan yaitu asupan makanan yang anda konsumsi. Bakteri yang terdapat pada mulut berasal dari makanan yang kita konsumsi. Apalagi saat kita banyak mengonsumsi makanan bercita rasa manis, serta makanan bertepung. Hal itu akan memudahkan bakteri untuk berkemban biak. Ketika bakteri tersebut bertemu dengan makanan manis, serta makanan bertepung maka zat asam akan dikeluarkan oleh bakteri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi.

Kurangi Merokok

Agar kondisi karang gigi anda tidak semakin parah, maka sangat penting untuk menghindari atau mengurangi rokok. Selain tidak baik untuk kesehatan, zat-zat berbahaya pada rokok juga akan dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi yang sulit untuk dibersihkan. Untuk mencegah karang gigi dan menjaga kesehatan penting untuk mengurangi atau menghindari rokok.

Mengonsumsi Buah-Buahan yang Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mulut. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan mulut serta sebagai upaya untuk menghilangkan karang gigi, anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Selain itu, buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti stroberi, jeruk, lemon dan lain-lain bisa digunakan sebagai pasta gigi. Untuk mengetahui caranya, anda bisa simak di bawah ini.

  • Silakan siapkan salah satu buah-buahan yang mengandung vitamin C.  Kemudian anda bisa menghaluskan buah-buahan tersebut.
  • Setelah itu, silakan gunakan buah-buahan tersebut sebagai pasta gigi. Celupkan sikat gigi anda ke dalam buah tersebut, lalu gosokan pada gigi anda seperti biasa hingga bersih. Terakhir anda bisa membersihkan mulut anda dengan berkumur.

Daun Sirih

Orang tua zaman dulu sering mengunyah daun sirih. Diketahui daun sirih dapat membantu menghilangkan karang gigi dan mengurangi bau mulut. Untuk mengetahui caranya anda bisa simak di bawah ini.

  • Siapkan daun sirih sebanyak 1 lembar dan cengkeh 1 batang.
  • Haluskan kedua bahan tersebut. Namun jangan terlalu halus.
  • Setelah itu, anda bisa mengunyah kedua campuran bahan ini selama beberapa saat.
  • Jika sudah, anda bisa berkumur untuk membersihkan mulut.

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memang dianjurkan karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan mulut. Diketahui dengan mengunyah sayuran atau buah-buahan dapat membantu menghilangkan karang gigi. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang dapat anda konsumsi di antaranya yaitu apel, wortel, melon dan seledri. Selain membantu menghilangkan karang gigi, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga akan membantu mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap. ( Lihat juga : Makanan Untuk Kesehatan Gigi )

Scaling Gigi

Jika perawatan alami di rumah tidak membuahkan hasil, maka anda bisa mencoba melakukan scaling gigi untuk menghilangkan karang gigi pada gigi anda. Scaling gigi yaitu kegiatan membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat khusus yang hanya dilakukan oleh dokter gigi. Dengan cara ini, karang gigi yang keras sekalipun dapat di hilangkan.

Membersihkan karang gigi dengan cara ini biasanya dilakukan minimal 6 bulan 1 kali. Oleh karena itu, memeriksa gigi dengan teratur sangat penting agar dokter dapat mengecek segala perubahan yang terjadi pada gigi anda.

Menjaga kebersihan mulut sangat penting dilakukan agar mulut terhindar dari masalah kesehatan. Jika pada gigi anda terbentuk karang gigi, maka anda dapat melakukan perawatan untuk menghilangkan atau mencegahnya semakin parah. Namun, untuk hasil yang efektif sebaiknya anda periksakan gigi anda pada dokter. Dokter mungkin akan memberitahu prosedur atau cara apa yang tepat untuk menghilangkan karang gigi yang anda alami. Itulah penjelasan seputar karang gigi dan cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...