Tahukah Anda bahwa komedo adalah jenis jerawat ringan? Iya benar, komedo memang tumbuh karena penyumbatan minyak di pori-pori kulit. Pada umunya komedo ini berbentuk bulat kecil berwarna putih kecoklatan. Biasanya komedo banyak tumbuh disekitar dahi, hidung dan dagu. Area ini sering disebut sebagai area T wajah, karena di area ini kelenjar minyak lebih aktif berproduksi dibandingkan dengan bagian lain. Jika lama-lama dibiarkan, komedo biasanya membusuk dan bentuknya menjadi agak kehitaman atau kekuningan. Terutama dibagian hidung, bentuk komedo lebih mudah telihat jika sudah terlalu lama. Risih juga ya saat kita bercermin kita banyak menemukan bercak putih disekitar wajah. Duh bagaimana cara mengatasinya ya?Tenang!

Beberapa tips cara menghilangkan komedo terutama di sekita hidung. Yuk kita simak!

Untuk menghilangkan komedo di sekitar hidung, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke tempat kecantikan, karena sekarang Anda bisa melakukanya dirumah, yaitu dengan sambil melakukan facial. Pertama-tama siapkan bahan-bahan milk cleanser, kapas, sabun muka, handuk, air hangat, minyak zaitun, pinset jerawat, masker yang sesuai dengan wajah Anda dan sunblock. Selanjutnya, cuci muka Anda dengan menggunakan milk cleanser lalu hapus make up Anda dengan menggunakan kapas. Setelah itu cucilah wajah Anda dengan menggunakan sabun. Bilaslah wajah Anda dengan air lalu tuangkan sabun sebesar kelereng lalu usap-usap hingga berbusa dan aplikasikan ke wajah Anda.

Baca Juga:

Pijat wajah Anda dengan dengan menggunakan jari tengah dan jari manis dengan cara memutar mulai dari bagian luar wajah yaitu sisi-sisi dahi, pipi dan dagu lalu kebagian tengah wajah seperti hidung dan pipi. Lakukan selama 4 menit. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan wajah Anda dengan handuk dengan cara menepuk-nepuk. Setelah kering, gunakan minyak zaitun dan aplikasikan ke wajah Anda. Mulailah memijat wajah Anda perlahan, terutama pada bagian hidung. Setelah itu bilas kembali wajah Anda dengan air hangat, lalu keringkan kembali dengan handuk. Setelah itu, mulailah ambil komedo yang ada di hidung dengan menggunakan pinset jerawat. Saat komedo berhasil terambil, sisihkan jerawat ke atas kapas, lalu silahkan ambil lagi jerawat yang ada dihidung.

Setelah selesai, apliaksikan masker yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Oleskan masker terutama pada bagian hidung namun jangan lupa untuk hindari bagian mata. Diamkan masker selama 30-40 menit. Setelah selesai bilas masker dengan air, lalu keringkan wajah dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Jangan digosok ya, salah-salah nanti malah akan membuat kulit wajah jadi iritasi. Setelah kering, aplikasikan sun block pada wajah. Untuk menjaga wajah dari datangnya komedo kembali sering-seringlah mengkonsumsi buah dan sayur, berolahraga dan minum air putih minimal 8 gelas perhari. Selamat mencoba ya!

Loading...

Loading...