Cara Menghilangkan Milia di Wajah yang Mengganggu - Memiliki wajah mulus tanpa ada noda sedikit pun pada wajah tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki wajah mulus seperti yang didambakan. Karena tentunya akan ada saja beberapa masalah kulit yang muncul pada wajah seperti misalkan jerawat, komedo, noda hitam sampai milia.

Selain membuat wajah terlihat tidak mulus, adanya masalah pada wajah akan mengurangi rasa percaya diri. Agar tidak terlihat biasanya dipakai make up atau riasan tebal untuk menutupi masalah pada wajah tersebut, yang mana sebenarnya hal tersebut justru akan semakin memperparah kondisi wajah. Maka untuk mengatasi beberapa masalah pada wajah, diperlukan perawatan yang tepat dan aman.

Baca Juga:

Nah, dari masalah wajah yang sebelumnya kami sebutkan di atas, mungkin ada beberapa dari anda yang masih asing dengan milia. Milia merupakan masalah pada kulit berupa sekelompok benjolan berukuran kecil, berwarna putih. Benjolan kecil ini biasanya sering muncul pada area wajah seperti mata, kelopak mata, hidung dan pipi.

Milia dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan usia, lokasi dan penyebabnya. Masalah kulit ini umum terjadi dan lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Benjolan kecil ini bisa diatasi dengan cara mengurangi faktor risikonya. ( Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering )

Nah, untuk mengetahui informasi seputar milia di wajah baik penyebab, cara mengatasi dan pencegahannya, anda bisa simak saja pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Milia di Wajah

Milia-di-wajah-1.jpg

Sebenarnya penyebab pasti milia pada wajah belum ditemukan dengan jelas. Hanya saja, diketahui milia yang terjadi pada bayi dan anak-anak disebabkan karena kelenjar keringatnya masih belum berkembang dengan sempurna. Sedangkan penyebab milia pada bayi baru lahir masih belum diketahui. Berbeda halnya dengan masalah jerawat pada bayi, milia tidak akan menyebabkan pembengkakan atau peradangan.  

Sedangkan pada orang dewasa, milia muncul disebabkan karena di bawah kulit sel kulit mati terperangkap. Selain itu, apabila kemampuan alami kulit untuk mengelupas hilang, maka masalah kulit yang satu ini dapat berkembang. Hal ini dapat terjadi disebabkan karena proses penuaan. Tidak hanya itu, masalah kulit yang satu ini juga bisa disebabkan karena beberapa hal yang lainnya seperti berikut ini.

  • Terdapat luka bakar pada kulit
  • Kulit mengalami luka lecet
  • Terdapat lepuhan dikulit
  • Dalam jangka panjang menggunakan krim steroid
  • Melakukan perawatan pada kulit seperti misalkan laser atau dermabrasi
  • Kerusakan akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang
  • Pada beberapa orang, terdapat beberapa bahan pada skincare dan makeu up yang dapat menyebabkan milia.

Bagaimana Cara Menghilangkan Milia di Wajah Orang Dewasa?

Milia-di-wajah-2.jpg

Tidak hanya bayi, orang dewasa juga bisa mengalami milia. Keberadaan milia pada wajah tentunya mengganggu penampilan. Adanya bintik-bintik putih pada wajah akan mengurangi rasa percaya diri anda. Namun, anda jangan khawatir karena masalah kulit yang satu ini dapat diatasi. Diketahui terdapat beberapa cara yang efektif mengatasi milia di wajah. Berikut ini cara menghilangkan milia di wajah yang dapat anda simak.

Membersihkan Wajah dengan Rutin

Menjaga kebersihan dan kesehatan wajah sangat penting dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah wajah. Untuk menjaga kebersihan wajah, anda tentunya harus rajin membersihkan wajah anda. Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang wajib anda lakukan, tidak hanya ketika muncul milia saja. Tidak cukup menggunakan air saja, membersihkan wajah harus menggunakan sabun pembersih yang cocok sesuai jenis kulit anda.  Selain itu, pastikan anda menggunakan pencuci wajah yang tidak mengandung paraben.

Anda dapat mencoba menggunakan produk pembersih wajah yang terdapat kandungan asam salisilat, asam glikolat dan asam sitrat. Dimana produk pembersih dengan kandungan tersebut diketahui bisa membantu untuk mengatasi berbagai kondisi kulit yang disebabkan karena sel-sel kulit tumbuh dengan berlebihan, serta membantu mengeluarkan kotoran yang terdapat di pori-pori. Hal ini akan membuat milia ukurannya menjadi kecil yang akhirnya akan menghilang.

Tidak hanya produk pembersih saja yang harus anda perhatikan, namun anda juga harus memperhatikan cara  membersihkan wajah yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan sabun pembersih wajah secukupnya saja. Lalu oleskan pada kulit anda dan berikan pijatan lembut. Terakhir anda bisa membersihkan wajah hingga bersih. Agar kulit cepat kering, anda dapat menepuk pelan kulit wajah anda.

Berendam Dalam Air Hangat

Selain membersihkan wajah, dengan berendam menggunakan air hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka, begitupun pori-pori kulit wajah. Dengan seperti ini maka kulit mati atau kotoran yang terdapat di bawah permukaan kulit akan dapat dihilangkan. Anda dapat berendam selama kurang lebih 5 hingga 8 menit. Jika sudah, anda tentunya harus membilas kulit anda hingga bersih untuk menghilangkan sel kulit mati atau kotoran.

Selain berendam dengan menggunakan air hangat, untuk membuka pori-pori kulit wajah anda bisa menggunakan uap air panas. Selain dapat membantu menghilangkan milia, menguapi kulit dengan uap air panas juga akan menjadikan kulit lebih mulus.

Caranya yaitu dengan menyiapkan baskom atau mangkuk berukuran besar, lalu isi dengan menggunakan air panas. Selanjutnya dekatkan wajah anda di atas mangkuk, anda bisa merasakan sensasi dari uap air panas tersebut. Supaya uap tidak keluar, anda bisa menutupi kepala dengan menggunakan handuk. Anda bisa mempertahankan posisi ini selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Eksfoliasi

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan milia pada wajah yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit mati menggunakan teknik eksfoliasi. Dengan melakukan teknik ini maka kulit akan bebas dari iritan yang bisa menyebabkan milia. Juga dapat membantu menjaga keratin supaya tidak diproduksi dengan berlebihan.

Untuk melakukan eksfoliasi itu sendiri sangat mudah. Bahkan anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda cukup menggunakan bahan-bahan untuk eksfoliasi. Anda bisa menggunakan produk khusus untuk eksfoliasi atau dengan memanfaatkan bahan alami seperti menggunakan scrub gula ataupun menggunakan campuran minyak zaitun dan gula merah. Anda bisa melakukan eksfoliasi pada bagian wajah yang hanya terdapat milia saja, ataupun bisa melakukannya pada seluruh wajah.

Ketika melakukan teknik ini pastikan anda melakukannya dengan lembut dan perlahan supaya tidak melukai kulit anda. Anda dapat menggosok kulit menggunakan scrub yang sudah disiapkan dengan lembut selama kurang lebih 20 detik. Kemudian anda dapat membilas wajah anda menggunakan air dingin sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini dengan rutin hingga milia hilang atau sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Air Mawar

Seperti yang kita ketahui, air mawar memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Air mawar itu sendiri merupakan air dengan kandungan minyak mawar di dalamnya. Dimana air ini bermanfaat sebagai zat antiradang apabila dioleskan pada kulit.

Nah, anda bisa memanfaatkan air mawar untuk membantu mengatasi milia pada wajah. Anda bisa menyemprotkan air mawar ini pada kulit anda sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk menghilangkan milia yang mengganggu pada wajah.

Gunakan Masker Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Untuk menghilangkan milia di wajah, anda juga bisa memanfaatkan madu. Namun, madu yang harus digunakan untuk menghilangkan milia yaitu madu manuka. Dengan menggunakan madu manuka maka peradangan akibat iritasi kulit atau bakteri akan berkurang.

Berdasarkan sebuah studi, bahwa madu yang dikombinasikan bersama kulit kayu manis dapat membantu melawan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Nah, meskipun masalah kulit milia penyebabnya bukan karena bakteri, namun dengan menggunakan kedua campuran bahan alami ini akan membantu untuk memperbaiki tampilan kulit anda. Simak cara menghilangkan milia di wajah dengan menggunakan madu seperti berikut ini:

  • Silakan siapkan madu manuka sebanyak kurang lebih 3 atau 4 sendok makan dan kayu manis sebanyak 1 sendok makan.
  • Kemudian campurkan kedua bahan ini. Lalu panaskan dalam microwave selama kurang lebih 30 detik.
  • Setelah itu, anda bisa mengoleskan campuran kedua bahan ini pada wajah tipis-tipis saja. Tunggu selama 10 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah sampai bersih.
  • Saat mengaplikasikan madu pada wajah, anda sebaiknya menunggu hingga madu hangat.

Menggunakan Krim Retinoid & Tabir Surya

Krim retinoid tropikal mengandung vitamin A yang dapat membantu menghilangkan milia. Anda dapat menggunakan produk dengan kandungan retinol sebanyak 1 kali dalam sehari. Untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, sangat penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Gunakan tabir surya yang khusus diformulasikan bagi perawatan wajah, yakni dengan kandungan bebas minyak. Sebab tabir surya yang mengandung minyak hanya akan membuat pori-pori tersumbat.

Menggunakan tabir surya itu sendiri akan membantu menyeimbangkan krim retinoid yang anda gunakan. Dimana krim retinoid apabila terpapar oleh sinar matahari akan peka terhadap kerusakan. Kedua produk ini digunakan bertujuan untuk meringankan iritasi pada kulit akibat milia.

Hindari Menggunakan Make Up Tebal

Milia di wajah memang membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, masalah pada wajah yang satu ini biasanya ditutupi dengan memakai make up yang tebal. Padahal hal tersebut justru akan membuat masalah kulit yang satu ini tidak kunjung hilang. Make up tebal yang anda gunakan akan mengotori wajah anda akibatnya milia akan sulit dihilangkan.

Make up dan krim yang berat yang digunakan untuk perawatan wajah dapat bertahan lama pada kulit sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Agar milia dapat dengan mudah dihilangkan, maka sebaiknya hindari menutupi milia dengan menggunakan riasan tebal.

Menggunakan Masker Telur

Kandungan retinol terdapat pada telur, sehingga bahan yang satu ini bisa digunakan untuk membersihkan kulit. Anda bisa memanfaatkan telur untuk masker sekali pakai. Tentunya membuat masker telur membutuhkan campuran dari bahan alami yang lainnya seperti madu, yogurt dan minyak almond.

Caranya yaitu, campurkan telur 1 butir dengan minyak almond 1/2 sendok teh dan untuk bahan yang lainnya masing-masing 1 sendok makan. Aduk semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu anda bisa mengoleskan masker ini dengan hati-hati pada area wajah yang terdapat milia. Diamkan selama 30 menit, lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Konsultasikan Pada Ahlinya

Keberadaan milia di wajah memang sangat mengganggu. Bahkan setelah melakukan berbagai perawatan masalah pada kulit yang satu ini tidak juga hilang. Perlu anda ketahui, jangan pernah menghilangkan milia pada wajah dengan cara memencetnya ataupun mencoba mengeluarkannya dengan bantuan jarum. Jika ini dilakukan maka kondisi kulit wajah anda akan menjadi semakin parah. Apabila anda ingin mengatasi masalah kulit yang satu ini dengan cepat, anda harus mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui cara atau perawatan yang efektif untuk menghilangkan milia di wajah.

Cara menghilangkan milia seperti yang sudah kami jelaskan di atas tidak berlaku untuk bayi. Untuk mengatasi milia pada bayi, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter. Selain itu, perlu anda perhatikan tidak semua kulit cocok terhadap produk atau bahan alami tertentu. Maka dari itu, sebelum anda menggunakannya alangkah lebih baik jika anda melakukan tes terlebih dahulu untuk mencegah masalah lain timbul pada kulit. Karena bintik putih kecil atau milia biasanya muncul di area bawah mata, maka ketika mengaplikasikan produk atau bahan alami lainnya anda harus lebih berhati-hati supaya tidak mengiritasi mata anda. Selain itu, sebelum melakukan perawatan untuk menghilang milia, tidak ada salahnya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Cara Mencegah Milia

Milia-di-wajah-3.jpg

Perlu anda ketahui, milia di kulit sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya tergantung kedalaman milia mengendap pada kulit. Jadi apabila keberadaan milia tidak mengganggu pada wajah, maka sebaiknya anda tidak melakukan perawatan profesional dalam menghilangkannya. Hal yang harus anda perhatikan yaitu cara pencegahannya dengan menghindari kebiasaan yang dapat memicu milia muncul. Berikut ini beberapa pencegahan milia yang dapat anda lakukan.

  • Bersihkan make up dengan menyeluruh pada wajah anda sebelum tidur. Jika diperlukan anda bisa melakukan pembersihan ganda sehingga make up pada wajah bisa dihilangkan dengan maksimal. Selain itu, untuk membersihkan make up dengan menyeluruh anda bisa sambil melakukan pijatan lembut.
  • Hindari memakai make up dengan kandungan bahan yang berat sebab bisa mengendap dalam waktu lama. Make up dengan kandungan bahan yang berat biasanya sulit dihilangkan dan akan memberikan efek samping pada kulit wajah, seperti membuat kulit wajah cepat tua.
  • Anda harus menggunakan suncreen dengan rutin untuk meminimalisir efek buruk dari sinar UV. Sinar UV dapat menyebabkan timbulnya noda gelap pada kulit, serta lapisan epidermis akan mengalami penebalan. Jika lapisan ini mengalami penebalan, maka akan membuat keratin yang terdapat di bawahnya terjebak dan akan sulit keluar. Pilihlah suncreen dengan kandungan yang bebas minyak sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan malah justru menimbulkan jerawat.
  • Anda bisa menempelkan irisan mentimun pada kelopak ataupun area mata untuk relaksasi.
  • Untuk kesehatan dan kecantikan kulit, anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya hindari makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan masalah pada kulit. Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol.

Demikian beberapa penjelasan seputar milia di wajah yang mengganggu. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Loading...

Loading...