Cara Menghilangkan Rambut Beruban Di Usia Muda Setiap manusia pasti akan mengalami fase dimana usianya bertambah dan dirinya semakin menua, salah satu ciri atau pertanda usia seseorang sudah tidak lagi muda adalah dengan munculnya uban pada rambut atau perubahan warna rambut yang menjadi memutih.

Namun tahukah anda, sebenarnya pertumbuhan uban tidak melulu sebagai pertanda usia seseorang telah menjadi tua, sebab mereka dengan usia yang masih mudapun kerap kali mengalami permasalahan yang sama, yakni dengan timbulnya uban di rambut. Rambut yang beruban terjadi ketika sel-sel yang memproduksi pigmen dirambut telah mulai rusak dan mati secara progresif, nah rambut yang kehilangan pigmennya akan berubah warna dan menjadi memutih atau yang disebut dengan timbulnya uban.
Adapun pemicu timbulnya uban dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, stres, gaya hidup dan usia. Jadi apabila anda mengalami rambut uban saat usia muda, bisa jadi hal ini disebabkan oleh beberapa faktor tadi selain dengan faktor usia. Untuk itu periksa kembali apakah riwayat keluarga anda mengalami hal serupa seperti misalkan ayah anda memiliki uban saat usai muda, atau barangkali anda adalah tipikal orang yang mudah stres dan menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok.
Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan rambut uban di usia muda.

Baca Juga:

1. Gunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri telah sejak lama dijadikan sebagai ramuan alami untuk menghitamkan rambut dan mengunci warna rambut. Hal ini akan sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan uban dengan menghitamkan rambut secara alami. Caranya, sangrai kemiri lalu tumbuk hingga mengeluarkan minyak, setelah minyaknya keluar lumurkan ke rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.

2. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Protein yang Tinggi

Konsumsilah makanan dengan kandungan protein tinggi seperti kacang, ikan, daging, gandum dan ayam. Selain itu, Vitamin A, B, mineral besi, dan seng akan ampuh melawan uban. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi akan membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan mengembalikan pigmen rambut serta menyingkirkan uban.

3. Berhenti Mencabuti Uban

Seringkali untuk menghilangkan atau mengurangi jumlah uban yang ada dirambutnya, orang akan mencabuti uban tersebut. Namun sebenarnya, hal ini tidak dibenarkan untuk dilakukan, sebab mencabuti uban hanya akan beresiko untuk ksehatan anda. Rambut tumbuh dibawah kulit kepala dimana disana terdapat banyak syaraf, jika dicabuti dengan sembarangan maka hal ini akan mengganggu syaraf dan membuat warna rambut menjadi terganggu, hasilnya rambut uban yang muncul akan lebih banyak.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Hasilnya kulit keriput dan rambut beruban akan lebih dini dirasakan oleh para perokok, untuk itu segera hentikan kebiasaan merokok untuk menghilangkan uban.

Demikian beberapa cara menghilangkan rambut uban di usia muda, semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...