Website Builder

Cara Menghitung Diskon dengan Rumus IF di Microsoft Excel

Penggunaan Microsoft Excel banyak sekali diminati salah satunya dikarenakan mempermudah pengelolaan data , terlebih anda dapat menggunakan rumus yang tersedia di dalam microsoft excel.
Pada kesempatan kali ini kami akan bisikan cara untuk mengoperasikan rumus diskon sehingga dapat membantu anda dalam menentukan persenan diskon kepada konsumen anda.Hal ini tentu akan membantu anda dalam menentukan hasil dari diskon tersebut.

Baca Juga:

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung diskon dengan rumus IF di Microsoft Excel :

  1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat data atau membuka data yang sudah ada sebelumnya.
  2. Kemudian setelah itu pastikan anda sudah membuat tabel yang memuat harga yang akan kenakan diskon.
  3. Setelah itu anda dapat menentukan diskon yang disesuaikan dengan  kebutuhan anda .
  4. Lanjutkan dengan memasukan rumus pada kolom untuk menghitung diskon. Anda dapat memasukan =IF(E5>14;7%*D5;IF(E5>9;5%*D5;IF(E5>4;2%*D5;0*D5))) . Pengertian rumus yang anda gunakan misalnya pada kolom E5 untuk jumlah barang yang dibeli atau D5 yang dapat anda jadikan untuk menghitung harga satuan barang diskon .

Tips  bagi anda yang menggunakan rumus diatas , apabila terdapat pesan error salah satu penyebabnya adalah terdapat kekurangan di dalam sintaksnya sehingga anda dapat klik yes dan Microsoft Excel akan memperbaiki dengan penulisan sintaksnya.
Demikian langkah yang dapat anda lakukan untuk menghitung diskon dengan rumus IF di microsoft excel sehingga membantu anda dalam proses data sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

Loading...