Cara Mengobati Jerawat Meradang dengan Alami dan Aman

Munculnya satu buah jerawat di wajah mungkin tidak terlalu menjadi masalah yang besar, karena jerawat tersebut bisa diatasi dengan cepat atau bisa disiasati dengan mudah. Lantas, bagaimana jika jerawat di wajah jumlahnya banyak dan meradang?

Jerawat meradang, selain mengganggu penampilan, tentu saja akan menimbulkan efek samping yang lainnya. Selain tidak enak dilihat, jerawat yang meradang sangat mengganggu, membuat tidak nyaman, membuat area kulit yang berjerawat menjadi gatal, terasa sakit di area jerawat, jerawat bernanah, timbul pada kulit yang sebelumnya tidak berjerawat dan mengakibatkan kulit berwarna kemerahan. ( Klik di sini : Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat )

Cara menghilangkan jerawat meradang

Beberapa hal diketahui dapat menyebabkan jerawat menjadi meradang. Berikut ini penyebab jerawat meradang.

Penyebab Jerawat Meradang

Infeksi Bakteri

Jerawat meradang dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Infeksi bakteri ini dapat terjadi karena bakteri menutup atau menyumbat pori-pori, sehingga pada saat tercampur dengan sebum, maka akan membuat jerawat menjadi meradang dan berwarna kemerahan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika jerawat bernanah dan jerawat  batu akan muncul.

Menggunakan Kosmetik Saat Berjerawat

Saat kulit anda berjerawat, maka sebaiknya anda harus berhati-hati dalam memilih make-up atau kosmetik yang anda gunakan. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat justru akan menyebabkan peradangan pada jerawat. Ketika anda berjerawat, penggunaan kosmetik justru akan menyumbat pori-pori kulit anda yang berjerawat dan keadaan jerawat akan menjadi semakin parah. Tidak hanya itu, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik akan membuat kulit anda teriritasi dan membuat jerawat meradang.

Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat menjadi penyebab utama mengapa jerawat meradang. Meskipun banyak efek buruk yang ditimbulkan karena memencet jerawat, akan tetapi kegiatan ini tetap banyak dilakukan agar jerawat cepat hilang.

Ketika jerawat dipencet, maka efeknya tidak bisa anda hindari. Kulit anda akan kemerahan, luka dan mengalami pembengkakan.

Selain itu, dengan memencet jerawat maka kotoran atau bakteri pada tangan anda akan berpindah pada jerawat, sehingga akan membuat jerawat menjadi meradang.

Konsumsi Makanan yang Tidak Tepat

Memperhatikan jenis makanan saat kulit berjerawat penting untuk dilakukan. Konsumsi makanan yang tidak tepat akan membuat keadaan jerawat menjadi semakin parah. Produksi sebum pada kulit anda akan menjadi bertambah, yang mana sebum ini kemudian akan berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif dan membuat jerawat menjadi meradang.

Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah dengan rutin dilakukan untuk mencegah terjadinya peradangan jerawat. Hanya saja, jika mencuci wajah yang dilakukan terlalu sering dalam sehari, justru risiko mengalami jerawat meradang lebih besar.

Apabila mencuci wajah terlalu sering dalam sehari akan membuat kulit anda kehilangan minyak esensial yang pada akhirnya kulit akan menjadi sangat kering. Bagi anda pemilik kulit kering, maka hilangnya sebum dapat meningkatkan risiko iritasi dari debu, bakteri atau kotoran yang pada akhirnya akan membuat jerawat meradang.

Bagi anda pemilik kulit berminyak, mencuci wajah terlalu sering memang akan membantu menghilangkan minyak yang berlebih. Hanya saja, terlalu sering mencuci wajah justru akan membuat kulit menjadi kering. Yang mana hal ini justru akan memicu kulit wajah memproduksi minyak yang lebih banyak lagi sehingga pada akhirnya akan membuat jerawat meradang.

Hormon

Hormon juga dapat menjadi penyebab jerawat meradang, khususnya bagi anda yang sedang dalam masa pubertas.

Stress

Stress dapat memicu terjadinya jerawat meradang. Saat mengalami stress, maka tubuh akan melepaskan sebuah  hormon yang disebut dengan hormon stress. Yang mana sel-sel pada kulit memiliki reseptor terhadap hormon stress, sehingga saat ada hormon stress maka reseptor kulit akan bereaksi dan membentuk sebum sehingga akan membuat kulit menjadi lebih berminyak. Keadaan kulit yang berminyak ini apabila berinteraksi dengan jerawat aktif dapat memicu terjadinya jerawat meradang.

Cara Mengobati Jerawat Meradang

Bagi anda pemilik jerawat meradang, anda dapat mencoba mengobatinya dengan cara-cara seperti berikut ini:

Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh bisa anda manfaatkan untuk cara menghilangkan jerawat yang meradang. Minyak pohon teh mengandung kandungan yang dapat membantu dalam meredakan inflamasi yang muncul pada jerawat yang meradang. Tidak hanya itu, minyak pohon teh juga dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih, serta menghilangkan bakteri pada wajah. Minyak dari daun teh ini mengandung suatu kandungan yang disebut dengan benzoyl peroxide, yang mana kandungan tersebut merupakan bahan yang biasanya digunakan dalam obat atau krim perawatan untuk mengobati jerawat. Hanya saja, bagi anda pemilik kulit sensitif atau eksim harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, efek yang ditimbulkan dari pengobatan jerawat dengan menggunakan minyak pohon teh ini cukup berat.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antibakteri yang berfungsi untuk mengobati jerawat dan menghaluskan kulit. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati jerawat dengan lidah buaya yaitu:

  • Siapkan lidah buaya yang masih segar. Lalu manfaatkan gelnya dan jangan biarkan gel lidah buaya tersebut tercampur dengan getahnya karena getah lidah buaya akan menyebabkan gatal.
  • Sebelum mengambil gelnya cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai bersih.
  • Aplikasikan gel lidah buaya ini pada area kulit yang terdapat jerawat meradang. Jika gel lidah buaya sudah mengering, anda dapat mencucinya dengan air mineral dan terakhir cuci kembali wajah anda dengan air dingin.

Masker Putih Telur dan Madu

Madu  merupakan antibiotik alami yang berperan untuk membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Sedangkan putih telur berperan sebagai pembersih wajah yang efektif.

Cara mengobati jerawat dengan menggunakan masker putih telur dan madu cukup mudah. Pertama kocok terlebih dahulu bagian putih telur hingga berbusa. Setelah itu, campurkan putih telur tersebut dengan madu. Lalu aduk  sampai merata dan oleskan pada wajah. Tunggu beberapa saat hingga mengering. Setelah kering silahkan bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Sebagai upaya untuk mengobati jerawat meradang, maka anda harus menghindari konsumsi makanan yang berlemak. Selain itu, anda juga harus menghindari konsumsi junk food.

Lemak trans juga perlu anda hindari. Makanan yang mengandung lemak trans di antaranya yaitu susu, produk olahan susu, margarin dan makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula Berlebih

Makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih perlu anda hindari. Pasalnya, makanan dan minuman tersebut akan membuat kadar insulin dalam tubuh meningkat sehingga akan membuat hormon dna protein dalam tubuh berubah, sehingga pada akhirnya timbulah jerawat.

Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Konsumsi buah-buahan baik untuk kesehatan. Beberapa buah dan sayuran tertentu seperti apel, jeruk lemon, brokoli dan jahe merah dapat membantu membakar lemak dan secara tidak langsung mengobati jerawat.

Demikian beberapa cara mengobati jerawat meradang yang dapat anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...