Selain berkonsultasi ke dokter kulit, jerawat juga dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti tomat, putih telur dan mentimun yang dapat Anda temukan keberadaanya di rumah atau disekitar Anda. Kelebihan dari mengobati jerawat dengan bahan-bahan alami adalah perawatanya yang praktis dan Anda pun tidak perlu merogoh kocek yang cukup mahal.

1. Tomat

Baca Juga:

Tomat adalah jenis sayur-sayuran yang kaya akan vitamin A dan C yang mampu membantu menjaga kesehatan kulit dan mengobati jerawat yang meradang.Cara mengobati jerawat dengan menggunakan tomat amatlah mudah, pertama-tama pilihlah tomat yang baik dan segar. Kemudian blender hingga halus tanpa ditambahkan air. Lalu tuangkan tomat ke dalam sebuah mangkuk dan oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan menggunakan kuas yang bersih. Diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam 1 minggu.

2. Putih Telur

Putih telur dipercaya mampu mengobati jerawat yang meradang disekitar wajah dikarenakan putih telur memiliki sumber protein alami seperti fosfor, kalsium, zink dan pottasium. Kandungan protein alami ini mampu membantu meyembuhkan luka yang disebabkan oleh peradangan jerawat, mengecilkan flek hitam, mengencangkan kulit, dan mencerahkan wajah. Caranya adalah pecahkan putih telur dan pisahkan kuningnya. Kocok hingga berbusa dan tambahkan 4 tetes perasan jeruk lemon. Oleskan putih telur ke wajah namun hindari area mata. Diamkan selama 25-30 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2-3 kali seminggu.

3. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang dipercaya paling ampuh dalam mengobati jerawat yang meradang. Hal ini dikarenaka mentimun memiliki kandungan air yang melimpah dan vitamin yang berkhasiat untuk menyehatkan kulit yaitu vitamin B, C dan zat besi. Caranya adalah potong tipis-tipis mentimun yang sudah dibersihakan lalu letakan potongan tersebut diwajah. Diamkan selama 20-25 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu.

Namun, selain melakukan perawatan jerawat secara alami seperti yang telah disebutkan diatas, melakukan pola hidup sehat adalah hal yang paling penting. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, rutin berolah raga dan sering mencuci muka adalah hal yang dasar yang paling mudah Anda lakukan untuk mengobati jerawat yang meradang.

Loading...

Loading...