Cara Mengobati Sariawan di Lidah Penyakit merupakan hal yang memang sangat menganggu setiap aktivitas kita disetiap harinya. Jika pada awalnya tubuh merasa sehat dan segar, namun ketika terserang penyakit, tubuh tentunya akan merasakan sesuatu yang kurang nyaman dan membuat aktivitas seharian kita menjadi terganggu. Berbagai jenis penyakit tentunya ada dan mengintai kita semua, baik itu penyakit yang mematikan dan sangat berbahaya, maupun penyakit ringan yang sepertinya akan selalu datang pada setiap orang.

 Seperti halnya dengan sariawan. Ya, sariawan adalah salah satu keluhan kesehatan di rongga mulut yang menjadi penyakit yang paling sering dikeluhkan. Sariawan merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut. Umumnya sariawan timbul berupa luka pada mulut yang memiliki bentuk bercak berwarna putih agak kuning. Sariawan akan menyerang bagian rongga mulut, tak terkecuali dengan lidah. Sariawan yang dirasakan di lidah tentu akan sangat menyiksa dan akan sangat menghambat terutama menghambat segala aktivitas yang berkaitan dengan mulut seperti mengunyah, makan dan bericara. Inilah mengapa orang yang menderita sariawan akan cenderung menghindari berbicara terlalu aktif sebab rasa nyeri yang mereka rasakan sewaktu berbicara terasa begitu menyiksa. Ada berbagai macam faktor penyebab yang memicu timbulnya sariawan diantaranya kurangnya asupan nutrisi, kurangnya menjaga kesehatan mulut, lidah yang tergigit, melemahnya daya tahan tubuh dan lain sebagainya. Sebenarnya, sariawan baik pada bagian mulut, gusi atau lidah umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mengobati sariawan yang menyerang bagian lidah yang terasa begitu menyiksa, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobatinya.

Baca Juga:

1. Gunakan Daun Kemangi

Daun kemangi atau yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap yang terdapat pada hidangan nasi uduk ini, ternyata bukan hanya nikmat disantap. Namun ternyata, baik untuk mengobati sariawan yang ada pada lidah. Daun kemangi memiliki kandungan antiseptik yang alami, yang mana kandungan antiseptik ini efektif dan ampuh dalam menutup luka sariawan. Cara menggunakannya, siapkan 4-5 lembar daun kemangi, kemudian tumbuk hingga halus dan setelah halus campurkan dengan satu sendok gliserin. Setelah ditumbuk halus, langsung oleskan tumbukan daun kemangi dibagian luka.

2. Gunakan Kopi Bubuk

Manfaat kopi bukan hanya nikmat dijadikan sebagai minuman saja, namun juga baik dimanfaatkan sebagai bahan alami obat untuk menyembuhkan sariawan terutama dibagian lidah. Cara menggunakannya ambil sedikit kopi bubuk murni (jangan dicampur apapun) selanjutnya oleskan secara langsung kebagian luka sariawan. Setelahnya biarkan beberapa menit kemudian berkumur dengan air bersih.

3. Tanaman Jambu Air

Tanaman yang sering tumbuh dipekarangan rumah ini ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan dan dinikmati buahnya saja, namun pada bagian tertentu mampu mengobati sariawan pada bagian lidah. Caranya, siapkan kulit batang tanaman jambu air yang masih muda, kemudian cuci bersih kulit batang tersebut dan setelah dicuci tumbuk hingga halus. Selanjutnya seduh dengan 1/2 gelas air matang dan saring kemudian ambil airnya dan gunakan untuk berkumur.

Demikian beberapa cara untuk mengobati sariawan dibagian lidah dengan mudah.

Loading...

Loading...