Cara Mengobati Sariawan Secara AlamiMulut dan gigi yang sehat adalah hal yang harus senantiasa anda jaga. Mengingat begitu pentingnya fungsi mulut dan gigi sebagai media masuknya makanan dan proses penghancuran makanan yang akan dicerna tubuh dan diproses sebagai energi.

Ketika mulut mengalami gangguan masalah, hal seperti ini tentunya akan membuat anda menjadi tidak nikmat ketika makan atau berbicara, hal ini akan sangat menghambat bukan? Untuk itulah penting sekali menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari keluhan dan masalah.
Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mulut adalah sariawan. Sariawan atau dalam bahasa kedokteran lebih dikenal dnegan nama stomatitis aftosa merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang menimbulkan bercak putih kekuningan dengan bentuk agak cekung. Timbulnya sariawan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh. Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas pada para penderitanya yang membuat mereka kesulitan menelan, mengunyah hingga berbicara. Nah, berikut ini ada beberapa langkah untuk mengobati sariawan yang begitu menyiksa agar lekas sembuh.

Baca Juga:

1. Gunakan Air Garam Untuk Berkumur

Kandungan pada air garam akan dapat menarik cairan luka sariawan sehingga mempercepat proses penyembuhan. Caranya, yakni campurkan air hangat dengan 3 sendok teh garam, aduk-aduk hingga merata kemudian berkumurlah dengan air tersebut selama beberapa menit. Efek yang dirasakan pada bagian luka mungkin akan sedikit perih, namun ingat tidak ada obat yang nikmat.

2. Air Kelapa

Selain bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan karena sifat dingin dari air kelapa, percaya atau tidak air kelapa baik pula untuk mengobati sariawan dengan cepat.

3. Konsumsi Yougurt

Yougurt begitu tinggi akan kandungan vitamin C yang mana baik untuk mencegah sariawan. Selain itu yougurt dapat mempercepat penyembuhan sariawan yang telah terlanjur terjadi sebab yougurt dapat menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Untuk hasil yang lebih optimal, pilihlah yougurt yang mengandung acidophilus hidup.

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda bekerja dalam mengusir bakteri penyebab sariawan. Caranya, aduk baking soda dengan air kemudian aduk-aduk hingga merata, selanjutnya gunakan untuk obat kumur. Selain itu, anda dapat menggunakan baking soda untuk dijadikan sebagai pasta gigi. Caranya, campur baking soda dengan air kemudian taburkan sedikit garam dan aduk-aduk hingga merata. Oleskan pasta baking soda yang sudah dibuat pada luka sariawan diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Demikian beberapa cara untuk mengobati sariawan dnegan bahan alami. Semalat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...

Loading...