Cara Mengontrol Nafsu Makan Agar Berat Badan Tidak NaikNafsu makan yang tinggi serta tidak bisa terkontrol akan menimbulkan obesitas atau kegemukan. Selain itu penyakit yang diakibatkan oleh kegemukanpun akan menghampiri satu persatu. Untuk anda yang sedang menjalankan program dietpun tentu saja akan terhambat apabila nafsu makan yang anda miliki tidak dapat terkontrol dengan baik.

Nafsu makan yang tidak terkontrol tersebut bisa saja datang karena kita melihat makanan yang difavoritkan. Atau bisa saja hal tersebut terjadi karena kita membiarkan perut kosong, sehingga akan menyebabkan kadar gula di dalam tubuh menurun secara drastis. Akibatnya ketika makan, kita akan makan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga:

Nah, agar terhindar dari obesitas dan berbagai macam penyakit lainnya tentunya anda harus melakukan cara untuk mengontrol nafsu makan anda. Untuk itu jika anda ingin mengetahu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol nafsu makan anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Sarapan

Sarapan merupakan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan melakukan sarapan maka kebutuhan nutrisi di dalam tubuh akan terpenuhi. Apabila anda melewatkan sarapan maka keadaan tubuh akan menjadi lemah, sehingga ketika anda makan maka nafsu makan anda akan bertambah dan tidak dapat terkontrol.

Minum teh

Selain sarapan minum teh juga merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengontrol nafsu makan. Nafsu makan tinggi juga biasanya disebabkan karena stres, emosi dan kebosanan. Untuk itu meminum teh merupakan pilihan yang tepat, karena teh dapat menenangkan.

Pilih makanan yang tepat

Setiap makanan tentunya akan memiliki kadar nutrisi yang berbeda-beda. Untuk itu anda bisa memilih makanan yang mengenyangkan namun rendah kalori. Tujuan memilih makanan yang rendah kalori yaitu, agar anda terhindar dari kegemukan. Popcorn, sup, buah jeruk dan kacang-kacangan merupakan makanan yang rendah akan kalori.

Perbanyak minum air putih

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa meminum air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu apabila kita meminum air putih dalam jumlah yang banyak maka akan menekan keinginan kita untuk makan secara terus menerus. Sebagaimana yang telah dianjurkan, minumlah air putih minimal 8 gelas perhari.

Mengunyah permen karet bebas gula

Megunyah permen karet yang bebas gula dapat menjadi cara alternatif untuk mengurangi nafsu makan. Ketika mulut anda sibuk untuk mengunyah permen karet maka akan dapat menghilangkan perhatian dari keinginan makan. Selain itu mengunyah permen karet juga dapat menghilangkan stres, dimana stres merupakan salah satu pemicu nafsu makan tinggi.

Makan apel

Apabila sebelum makan kita mengkonsumsi buah apel terlebih dahulu, hal itu dapat membuat nafsu makan kita berkurang. Pasalnya buah apel merupakan buah yang kaya akan serat dan akan membuat kita kenyang dengan cepat, hal tersebut akan mengantisipasi keingan kita untuk makan secara berlebih.

Istirahat dan tidur yang cukup

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa, apabila seseorang kurang istirahat atau tidur maka akan menyebabkan nafsu makan tidak terkontrol. Akibatnya, berat badan kita pun akan melonjak dengan cepat. Untuk itu, guna menghindari hal tersebut istirahat dan tidurlah dengan cukup.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol nafsu makan agar berat badan anda tidak naik.  Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...