Cara Mengubah Startup Programs di Komputer Anda

Apakah komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Ini mungkin karena Anda telah mengaktifkan terlalu banyak program startup, yaitu program yang diluncurkan secara otomatis saat Anda memulai komputer Anda. Program-program ini dapat merusak resource pada sistem dikomputer. Dan dengan menghapus program-program tersebut akan memberikan ruang/spasi dikomputer anda. Dan berikut adalah cara mengubah startup programs di komputer pada system operasi Windows. Simak berikut ini.

Metode 1: Sebelum Memulai Proses

1.    Gunakan program bawaannya. Banyak program yang dimulai secara otomatis akan mencakup dan pilihan untuk tidak memulai secara otomatis. Cari terlebih dahulu melalui pengaturan program untuk melihat apakah pilihan ini tersedia sebelum menggunakan metode lainnya.

Baca Juga:
  • Ini mungkin membantu Google untuk pengaturan ini juga ("Dropbox start up settings", dll).

2.    Periksa program yang dimulai secara otomatis. Banyak program dimulai secara otomatis pada komputer anda tidak akan memiliki pengaruh yang besar pada komputer Anda. Hal yang paling berpengaruh pada melemahnya kinerja komputer anda adalah aplikasi-aplikasi yang memakan daya yang begitu besar. Untuk itu, periksalah beberapa aplikasi yang berpotensi memakan daya komputer secara berlebih dan segera hentikan mereka dari start secara otomatis.

  • Untuk komputer Windows, Anda dapat melihat ke dalam ini dengan membuka task manager (ctrl + alt + del) ketika komputer boot pertama dan melihat program mana yang menyedot kekuatan pemrosesan paling besar.

3.    Lakukan pemeriksaan sebelum menghentikan program. Anda harus selalu melakukan penelitian sebelum Anda menghentikan program dari start ketika anda mem-boot up komputer Anda. Ada beberapa program tertentu yang diperlukan untuk fungsi nor pada komputer. Dan jangan menghapus apa-apa kecuali Anda tahu persis apa itu.

Metode 2: Mengubah Startup Programs di Windows 7

1.    Buka kotak dialog Run dengan cara :

  • Membuka menu start dan klik "Run" atau
  • Menekan Windows Key dan "R" pada waktu yang sama.

2.    Ketik msconfig pada kotak teks. Kemudian klik "OK" atau tekan "Enter".

  • Sebuah kotak dialog akan muncul dengan berbagai tab. Untuk mengakses default, kita buka pada tab General.

3.    Klik Startup. Klik pada tab "Startup". Ini akan menmunculkan program yang berbeda pada start up ketika Anda menyalakan komputer.

4.    Nonaktifkan program. Dapatkan bekerja menonaktifkan program yang tidak ingin anda memulai secara otomatis. Berhati-hatilah untuk tidak menonaktifkan sesuatu yang penting. bukalah program terlebih dahulu jika Anda tidak yakin, dan pastikan jika itu adalah program yang ingin anda akhiri.

5.    Klik "OK" setelah Anda selesai menonaktifkan program otomatis.

  • Misalnya, jika Anda tidak ingin iTunes memulai secara otomatis, cukup hapus tanda centang iTunes.exe.

6.    Periksa folder Startup. Dan pastikan bahwa program startup juga disimpan dalam sebuah folder bernama "Startup." Klik pada menu start, pergi ke "All Programs" dan pilih "Startup." Kemungkinan, program tidak akan terdapat disana, tapi mungkin ada beberapa program, dengan begitu tidak ada salahnya periksa terlebih dahulu.

  • Jika Anda tidak ingin program tersebut untuk memulai, cukup klik kanan file yang tidak diinginkan idan pilih "Delete."
Loading...

Loading...