Cara Mengubah Teks pada Tombol Start di Windows

Pernahkah anda berpikir ingin mengubah teks yang muncul pada tombol Start di Windows? Jika ya, semua itu akan terwujud secepat setelah anda membaca artikel tutorial cara mengubah teks pada tombol Start di Windows. Simak berikut ini dan lanjutkan membaca langkah-langkahnya hingga usai agar anda bisa memahami perintahnya dengan baik.

1.    Download perangkat lunak yang diperlukan. Resource Hacker, yang dapat digunakan untuk memanipulasi string dalam file executable dapat didownload dari link ini.

Baca Juga:

2.    Buatlah back up nya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan file secara tidak sengaja, buka direktori Windows Anda, yang umumnya terletak di C: \ Windows \, dan salin executable berjudul explorer.exe, kemudian paste di lokasi yang sama dan beri nama apapun yang Anda suka (explorer2.exe akan memberikan nama apapun yang anda inginkan). CATATAN: JANGAN menghapus executable lama bedengan judul explorer.exe, cukup sisipkan salinan di direktori yang sama (misalnya: C: \ Windows \).

3.    Manipulasi. Buka Resource Hacker (yang seharusnya telah di-download pada langkah 1), dan buka explorer2.exe. Sekarang Anda akan melihat daftar folder bernama Bitmap, Icon dll pada sisi kiri. Gulir ke bawah ke folder bernama "String Table" dan buka folder tersebut. Dan isi dari folder tersebut sekarang akan ditampilkan di bawahnya. BAGI MEREKA MENGGUNAKAN THEME STANDAR WINDOWS XP (Biru, perak atau tema Olive yang eksklusif untuk Windows XP): Buka folder bernama 37, dan klik pada file yang ada di dalamnya yakni bernama 1033. Isi file akan ditampilkan di sisi kanan jendela. Selanjutnya, cukup ubah baris yang berisi "Start" dengan kata/kalimat apapun yang anda inginkan, dan sertakan jua bersama tanda kutip. BAGI MEREKA MENGGUNAKAN CLASSIC WINDOWS XP TEMA: Buka folder bernama 38, dan klik pada file bernama 1033 yang di dalamnya. Kemudian, cukup mengubah baris yang berisi "start”dengan kata/kalimat apapun yang anda inginkan, dan seperti diatas sertakan pula tanda kutip. Kemudian, klik tombol Compile Script. Simpan executable (File> Save).

4.    Untuk mengedit teks yang muncul ketika Anda mengarahkan mouse ke atas tombol "start", pergi ke Folder 34 dan klik pada resource 1033. Cari teks yang mengatakan "Click here to begin" dan ubah teks tersebut sengan sesuatu yang anda inginkan. Klik pada tombol Compile Script untuk memperbarui sumber daya ini.

5.    Untuk mengedit gambar pada tombol Start (Icon Windows, menutup folder String Table dan memperluas folder Bitmap di bagian atas daftar folder Anda. Klik pada folder No 143 dan klik pada sumber daya 1033. Anda akan melihat ikon Windows yang familiar. Buka Menu Action dan pilih menu “Replace bitmap“. Pilih menu "Open file with new bitmap" arahkan image pengganti pada mesin anda. Catatan : gambar harus memiliki ekstensi bmp dan ukuran 30 piksel dengan 30 piksel. Kemudian klik tombol Replace.

6.    Ubah shell. Run registry editor, dapat ditemukan dengan memilih 'run' command (Start> Run) dan memasukkan "regedit" (tanda kutip tidak disertakan). Cari folder HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ Versi Saat ini \ Winlogon, dan klik dua kali pada file dengan nama "shell". Nilai default akan menunjukan EXPLORER.EXE, namun anda harus mengubahnya menjadi explorer2.exe atau nama apapun yang telah anda pilih dan sesuaikan. Setelah Anda telah selesai mengubahnya, windows shell (taskbar dll) akan menghilang. Jangan panik, karena Anda masih dapat memulai explorer2.exe dengan cara lain, dan semua akan bisa diatasi.

7.    Untuk mengujinya. Tekan Ctrl. Shift Esc untuk membuka task manager. Pergi ke tab "Processes" dan pilih explorer.exe, kemudian "End Task". Sekarang, pergi ke tab "Aplikasi" dan pilih "New Task" kemudian arahkan executable baru yang Anda buat (explorer2.exe) dan jalankan.

8.    Jika berhasil semuanya akan bekerja, dan teks pada tombol start akan diubah. Jika tidak, baca kembali petunjuk ini, mungkin saja anda melewatkan sesuatu. Jika masih saja gagal, dan hanya berakhir explorer2.exe melalui task manager dan re-launch explorer.exe periksa kembali mungkin saja anda memasukan tanda kutip.

Loading...

Loading...