Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Agar Tetap Harmonis dengan Menghindari Hal Ini

Ketika hubungan berpacaran sudah berjalan cukup lama dan di dalamnya ada keseriusan, tentunya pernikahan adalah langkah selanjutnya yang akan ditempuh. Nah, ketika memutuskan untuk menikah dengan pasangan yang dicintai apakah pernah terbesit dipikiran anda sebuah perceraian? Pastinya tidak bukan? Ya karena perceraian merupakan hal yang sangat tabu dan pastinya tidak ada pasangan mana pun yang ada di dunia ini untuk bercerai.

Memiliki hubungan pernikahan yang bahagia dan tetap harmonis tentunya merupakan dambaan semua pasangan. Namun pada kenyataannya harapan tersebut hanyalah harapan semata, karena faktanya tidak sedikit pasangan yang hubungannya diterpa oleh masalah dan ujian. Dengan adanya masalah dan ujian tersebut maka akan menyebabkan retaknya hubungan pernikahan, bahkan rasa cinta yang ada di antara setiap pasangan mungkin akan memudar, sehingga dalam keadaan seperti ini tidak jarang jika banyak pasangan yang justru lebih memilih untuk mengakhiri hubungannya.

Cara membuat pernikahan harmonis

Masalah yang datang dan menerpa hubungan pernikahan tentunya bukan semata-mata datang, karena pastinya ada beberapa penyabab yang melatarbelakanginya. Dimana penyebab tersebut biasanya datang dari hal-hal kecil yang disadari ataupun tidak disadari. Nah, untuk bisa menjaga hubungan pernikahan agar selalu bahagia dan harmonis maka anda harus bisa menghindari hal-hal kecil di bawah ini yang mungkin saja akan menjadi racun pada hubungan anda sendiri.

Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Agar Tetap Harmonis dengan Menghindari Hal Ini

1. Ketidakjujuran

Dalam hubungan diperlukan kejujuran antara masing-masing pasangan. Pasalnya sekecil apapun ketidakjujuran yang disembunyikan oleh salah satu pasangan maka akhirnya akan terkuak juga. Dan apabila terjadi maka hal seperti ini akan menimbulkan sakit hati serta kekecewaan pada salah satu pasangan. Ada beberapa hal yang biasanya selalu disembunyikan dan dialmi oleh pasangan yang menikah, seperti misalkan keungan atau kesehatan.

2. Kekerasan dalam pernikahan

Hubungan pernikahan harusnya berisikan kasih sayang dan saling mencintai. Namun nyatanya kekerasan sering dialmi oleh beberapa pasangan, entah itu disadari ataupun tanpa disadari. Kekerasan seperti ini adalah salah satu hal yang akan membuat pernikahan hancur. Tidak ada seorang pun yang ingin diperlakukan kasar dan tidak dihormati oleh orang lain, terlebih lagi orang yang melakukannya adalah orang yang dicintai. Ketika kekerasan mulai ada dalam hubungan pernikahan maka kebahagiaan tidak bisa diperoleh kembali. Oleh sebab itu, jika pernikahan yang anda berdua jalankan ingin tetap harmonis dan bahagia selamanya maka anda berdua harus bisa menghargai dan memperlakukan pasangan anda masing-masing dengan lembut serta penuh kasih sayang.

3. Kurangnya komunikasi

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai hubungan yang bahagia dan harmonis. Namun terkadang hal ini sering diabaikan oleh banyak pasangan. Mereka sering acuh dan tidak peduli terhadap pasangannya masing-masing, sehingga dengan begitu komunikasi di antaranya keduanya pun akan berkurang. Jika kedua pasangan kurang komunikasi, maka segala bentuk kesalahpahaman akan terjadi. Hal seperti ini perlu untuk disadari supaya keharmonisan dalam pernikahan selalu terjaga. Luangkanlah setidaknya sedikit waktu anda berdua disela-sela kesibukan untuk berkomunkasi bersama pasangan, karena jika seperti itu niscaya komunikasi di antara anda berdua akan selalu terbina dan pastinya kesalahpahaman akan segera diatasi.

4. Kurangnya perhatian

Fungsi dari dilaksanakannya pernikahan yaitu mengikat dua insan menjadi satu untuk membina keluarga yang harmonis dan bahagia. Pernikahan bukanlah hal main-main, dalam menjalin hubungan pernikahan dua insan harus bisa saling menghargai dan menghormati. Tidak hanya tu, mereka pun harus saling tolong menolong, mengasihi dan memperhatikan satu dan yang lainnya, karena diibaratkan setelah menikah pasangan merupakan belahan jiwa kita yang akan menemani perjalan hidup kita sampai akhir. Usahakanlah untuk memberikan perhatian kepada pasangan anda meskipun itu dalam hal kecil, karena selain untuk mempertahakan hubungan agar tetap bahagai dan harminos, memberikan perhatian kepada pasangan pun akan membuat pasangan selalu menyayangi dan mencintai kita.

5. Kecurigaan

Kecurigaan dalam hubungan pernikahan memang akan selalu ada. Namun jangan biarkan kecurigaan tersebut membabi buta dan mempengaruhi anda sendiri. Pasangan yang selalu curiga dan berpikir buruk akan menimbulkan adanya fitnah sehingga akan membuat kehidupan pernikahan menjadi tidak harmonis lagi. Tidak ada orang yang dirinya ingin dituduh dan dicuragi termasuk pasangan anda sendiri, oleh sebab itu jangan biarkanlah kecurigaan terus berlarut-larut karena ini merupakan penyakit yang lambat laun akan menggerogoti pernikahan anda. Agar pernikahan bisa dipertahankan dan tetap bahagia, maka anda harus bisa mengobati penyakit tersebut.

6. Pertengkaran

Pertengkaran yang terjadi pada pasangan merupakan hal yang wajar. Namun pertengkaran yang terjadi tidak akan membawa damai siapa saja yang melakukannya, karena hal ini hanya akan mengundang dan mendatangkan lebih banyak rasa sakit hati serta kekecewaan. Apabila pertengkaran dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah, maka hal ini cepat lambat akan membunuh hubungan pernikahan itu sendiri. Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda harus bisa menghindari hal-hal yang akan mengarah pada pertengkaran.

7. Campur tangan pihak ketiga

Ketika hubungan dalam masalah, maka tidak jarang jika kita ingin mendapatkan nasihat atau pendapat dari orang-orang terdekat untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi tersebut. Secara tidak sadar orang-orang yang kita minta pendapatnya tersebut akan terlibat pada hubungan kita. Nah, campur tangan pihak ketiga seperti ini dalam sebuah hubungan pernikahan tidaklah baik karena dapat menghancurkan kebahagiaan serta keharmonisan dalam pernikahan. Oleh sebab itu, apapun masalah yang anda dan pasangan hadapi sebisa mungkin selesaikan sendiri tanpa harus ada campur tangan pihak ketiga.

8 Ketidakseriusan

Dalam membina hubungan pernikahan dibutuhkan keseriusan dan komitem yang tinggi serta serius, hal ini dilakukan dengan tujuan agar bahtera rumah tangga yang akan dibangun memiliki fondasi serta arah dan tujuan yang jelas. Namun tidak sedikit pasangan yang menjalankannya tidak dengan serius. Nah, apabila kedua pasangan atau salah satu pasangan tidak menjalankannya dengan benar-benar serius, maka sudah bisa dipastikan bahwa hubungan pernikahan tersebut akan hancur dengan sendirinya.

9. Perselingkuhan

Perselingkuhan merupakan masalah yang akan menimpa pasangan siapa saja tanpa pilih-pilih. Perselingkuhan sering kali dianggap sebagai sebuah permasalah yang besar dalam hubungan pernikahan. Ketika sebuah perselingkuhan terjadi dalam sebuah pernikahan maka untuk memperbaikinya akan sangat sulit, bahkan hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit hati yang sangat mendalam dan pastinya akan sangat sulit untuk dimaafkan. Perselingkuhan merupakan bentuk dari penghianatan yang hanya akan menghancurkan hubungan pernikahan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah perselingkuhan dan setialah pada pasangan hidup anda apapun keadaanya. Untuk menghindarinya anda bisa selalu mengingat pengorbanan pasangan anda dan komitmen yang telah anda buat sebelum menikah.

Nah, itulah hal-hal yang perlu dihindari agar hubungan pernikahan tetap harmonis. Keharmonisan tidak akan tercipta jika kita tidak berusaha untuk menciptakannya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...