Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi Gigi dan gusi adalah salah satu komponen tubuh yang memilki peranan cukup penting. Untuk itu, menjaga dan merawat gusi serta gigi perlulah dilakukan dengan cermat sebagaimana anda memperlakukan organ tubuh lainnya.

 

Baca Juga:

Penyakit yang terjadi pada gusi atau yang juga dikenal dengan sebutan periodontitis adalah sebuah infeksi pada gusi yang digolongkan cukup serius yang dapat berakibat pada lepasnya gigi. Penyakit periodontal ini dapat berpengaruh terhadap satu gigi atau lebih. Penyebab utama penyakit periodontal adalah pembentukan plak pada gigi anda yang terus-menerus. Dan apabila tidak dibersihkan, plak tersebut akan menumpuk dan bakteri serta racun akan menyerang gusi dan tulang di area sekitar struktur gigi. Untuk itulah, menjaga dan merawat kesehatan gigi adalah awal yang baik untuk perawatan gigi yang sehat.

Perawatan terhadap gusi dan gigi sebenarnya tidak harus selalu dilakukan di dokter gigi. Dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda seperti makanan yang bernutrisi dan makanan sehat, maka kesehatan gigi dan gusi akan dapat terjaga dengan baik. Nah, berikut ini ada beberapa daftar makanan bernutiris baik untuk menjaga kesehatan ggi dan gusi anda.

1. Brokoli

Sayuran dengan bentuk seperti bonsai dengan warna hijau yang begitu menggoda ini ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam menghilangkan sedikit demi sedikit noda pada gigi. Hal ini dikarenakan brokoli dapat menguatkan enamel gigi dan memberikan lapisan anti-asam pada gigi. Untuk itulah mengkonsumsi brokoli secara rutin dengan menyertakannya pada menu makanan harian anda amat dianjurkan sebab sayuran ini amat baik untuk kesehatan.

2. Stroberri

Mungkin hampir semua orang mengetahui jika stroberri adalah buah yang paling populer dan bernutrisi baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, stroberi ampuh dalam memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan Malic Acid yang ada pada buah stroberri ampuh dalam menghilangkan noda pada gigi dengan lebih efektif.

3. Buah Apel

Kandungan dalam buah apel disebut-sebut ampuh dalam memutihkan gigi. Namun dalam hal ini tentunya anda harus dapat memastikan jika apel yang dikonsumsi adalah apel yang segar. Namun ini bukan berarti dengan mengkonsumsi apel saja sudah cukup membersihkan gigi dan gusi anda, anda tetap harus merawatnya dengan rajin menggosok gigi setiap hari.

4. Jamur Shitake

Jamur shitake mungkin masih asing untuk beberapa orang dan akan cukup sulit dijumpai di Indonesia. Namun ternyata, jamur yang cukup langka ini terbukti mengandung senyawa letinan yang dapat mencegah bakteri dan kuman berkembang biak pada mulut dan gigi, termasuk pada gusi. Dengan demikian plak dan bakteri akan terhindar dari mulut anda.

Demikian beberapa daftar makanan bernutrisi yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Loading...

Loading...