Cara Menjaga Kesehatan Gusi Banyak diantara kita memang masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kesehatan gusi yang baik dan benar, bahkan mungkin beberapa diantaranya menggap hal seperti ini sepele. Padahal gusi memiliki peranan penting, salah satunya adalah sebagai tempat tumbuhnya gigi. Jika kesehatan gusi tidak dirawat dengan baik, maka bukan tidak mungkin akan berpengaruh pada timbulnya masalah gigi. Salah satu permasalahan yang paling sering timbul pada gusi adalah gusi berdarah.

 Gusi berdarah bisa timbul akibat tekanan yang terlalu kuat yang dilakukan sewaktu menyikat gigi atau karena penggunaan sikat gigi yang kurang tepat. Namun itu juga dapat berarti adanya penumpukan plak pada gigi anda. Plak tersebut terbentuk dari bakteri yang tidak hanya menyebabkan bau tidak sedap, namun juga dapat menyababkan peradangan gusi sehingga membuat gusi menjadi bengkak dan berdarah. Disamping itu, gusi merupakan proteksi dan gusi yang sehat akan melekat dengan baik pada gigi yang terhubung oleh lapisan penyangga. Dengan demikianlah, jika gigi tidak dirawat dan dijaga dengan baik maka permasalah pada gusi dan gigi akan bermunculan. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan gusi agar terciptanya mulut dan gigi yang sehat.

Baca Juga:

1. Tidak Merokok dan Mempertahankan Diet yang Sehat

Tembakau adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya penyakit gusi, sedangkan makanan yang sehat seperti makanan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi. Sehingga segala infeksi yang mungkin terjadi pada gusi akan dapat dihindari. Selain itu, menjaga tingkat stres juga akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula sebab akan menyebabkan lubang pada gigi.

2. Hindari Menggeretakkan Gigi Sewaktu Tidur

Jika anda adalah salah satu orang yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi terutama ketika tidur sebaiknya hentikan kebiasaan ini, sebab hal ini tidak baik untuk kesehatan gusi. Temui dokter jika masalah ini masih belum bisa anda atasi. Dengan mengunjungi dokter, mereka akan memberikan pelindung mulut untuk melindungi efek buruk dari kebiasaan menggeretekan gigi.

3. Perhatikan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Selain melakukan ritual menggosok gigi secara rutin. Hal lain yang tak kalah penting anda perhatikan adalah cara menggosok gigi yang benar. Menggosok gigi yang benar bukan hanya berkonsentrasi pada seberapa kuat tekanan yang anda berikan pada gigi dan gusi. Melainkan pada seberapa cermat cara anda menggosok gigi. Pegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat dari garis gusi, kemudian bersihkan seluruh permukaan gigi dengan lembut lalu sapukan langit-langit mulut dengan lembut.

Demikian beberapa cara dalam menjaga kesehatan gusi. Gusi yang sehat akan berpengaruh pada gigi yang kuat, untuk itu penting sekali segera mengatasi setiap keluhan yang terjadi pada gusi.

Loading...

Loading...