Apakah kamu siswa SMP/SMA/sedang kuliah? Apakah kamu memiliki jerawat di wajah? Apakah kamu masih kebingungan dengan bagaimana cara membiasakan diri dengan situasi jerawat seperti ini? Jangan khawatir kita punya beberapa tips yang patut Anda simak!

Jerawat dipercaya menjadi salah satu tanda bahwa seseorang sedang mengalami masa pubertas, yaitu masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Biasanya pada masa ini perempuan akan diikuti dengan datangnya haid, atau untuk laki-laki ditandai dengan suara yang mulai pecah (lebih nge-bass), tumbuh kumis dan mimpi basah. Namun, kemunculan jerawat lah yang merupakan salah satu tanda pubertas yang sama-sama dialami oleh anak perempuan dan laki-laki. Sebelum kita beranjak lebih jauh, kita harus menyadari bahwa pada dasarnya jerawat adalah salah satu penyakit kulit. Penyakit kulit ini disebabkan karena adanya penyumbatan di pori-pori kulit. Biasanya penyumbatan ini adalah penyumbatan minyak yang dihasilkan kelenjar minyak dan juga bakteri. Pada situasi ini, penyumbatan akan menumpuk dan membentuk bulatan kecil yang sering disebut dengan komedo.

Baca Juga:

Nah, jika komedo ini dibiarkan, tidak diobati, maka komedo akan mulai meradang dan membesar. Sehingga awal gejala jerawat pun akan mulai terasa kehadiranya. Sebetulnya ada cara yang mudah ko untuk mencegah munculnya jerawat. Apakah Anda tahu?

Cara mencegah jerawat yang paling mudah adalah dengan cara rajin mencuci muka baik dengan air saja maupun dengan sabun atau milkcleanser. Namun dalam mencuci wajah pun harus disertai dengan cara yang benar yaitu dengan tidak menggosok-gosok terlalu keras karena hal ini hanya membuat kulit menjadi iritasi. Selain itu, jangan pernah Anda coba-coba untuk memainkan jerawat dengan menggunakan kuku atau tangan. Hal ini dikarenakan banyak bakteri yang menempel di kuku dan tangan kita. Salah-salah, maka ini hanya akan membuat jerawat semakin banyak dan meradang. Lalu bagaimana sih supaya kita bisa membiasakan diri dengan jerawat?

Memang benar, tidak ada satupun orang yang bercita-cita ingin memiliki jerawat di wajahnya. Pastilah semua orang ingin memiliki wajah yang cantik atau tampan, bersinar, halus tanpa jerawat. Namun saat jerawat muncul, kita pasti tidak bisa menolaknya bukan? Maka mulailah Anda membiasakan diri dengan situasi tersebut. Artikel ini mencoba membuat Anda lebih percaya diri dan mencoba untuk menerima keadaan ketimbang hanya mengeluh saja. Maka pertama-tama, bawalah tissu jika kamu pergi ke sekolah atau ke kampus. Boleh tissu basah atau tissu kering. Apa sih gunanya? Gunanya adalah untuk siaga siapa tahu wajah Anda berkeringat atau berminyak. Jadi daripada keringat Anda di lap dengan telapak tangan yang kotor lebih baik di lap dengan tissu yang jelas-jelas lebih bersih dan higienis. Tissu kering juga dapat digunakan untuk menggaruk wajah Anda yang gatal. Jadi, jika wajah Anda gatal, jangan Anda garuk dengan jari ya. Tapi cobala untuk menepuk-nepuk dengan tissu kering. Eittss, jangan di gosok keras-keras juga ya, karena nanti bisa iritasi lho! Mau tau kelanjutanya? Ayo simak ke artikel bagian 2!

Loading...

Loading...