Dewasa ini banyak sekali kalangan anak muda terutama wanita yang selalu menanyakan dan meminta pendapat kepada teman-temannya sendiri bagaimana cara menolak pria yang ia tidak sukai tanpa harus menyakiti hatinya. Tentunya hampir semua orang dapat dipastikan pernah mengalami momen dimana ketika mengungkapkan perasaan ataupun mendapatkan ungkapan sayang dan cinta dari orang lain. Apabila keadaannya memang benar-benar saling menyukai memang bukanlah suatu masalah. Namun, justru sebaliknya jika tidak memiliki perasaan apapun kepadanya inilah yang biasanya menjadi sebuah permasalahan.

Apabila anda berada pada kondisi yang demikian maka langkah yang harus anda lakukan yaitu memberikan ia penolakan. Terlebih lagi apabila dia bukanlah tipe pasangan yang anda idamankan. Namun,pada saat ini banyak sekali wanita yang tidak pernah memikirkan ucapannya ketika menolak cinta pria, yakni seperti langsung mengatakan tidak menyukainya. Perlu anda ketahui sikap seperti itu bukanlah tindakan yang baik, karena baik itu disengaja ataupun tidak disengaja anda bisa menyakiti perasaan seseorang yang mengungkapkan cintanya tersebut kepada anda. Hal yang terbaik yang bisa dilakukan ketika menolak cinta seorang pria tentunya yaitu jika anda dapat memberikan alasan penolakan tanpa harus menyakiti hati perasaannya.

Baca Juga:

Keadaan seperti itu bisa digambarkan seolah-olah anda berada dalam dua sisi, dimana pada satu sisi anda harus jujur terhadap perasaan anda sendiri, di sisi lain anda juga harus dengan baik merangkai kata-kata yang baik untuk mengutarakan maksud anda yang sesungguhnya. Nah, inilah memang yang menjadi salah satu problematika yang mesti anda pikirkan secara benar dan baik sebelum anda memutuskan untuk mengambil sebuah tindakan.

Akan sangat bijak apabila anda tidak membohongi diri anda sendiri dengan membalas cintanya namun sebenarnya anda tidak menyukainya hanya karena takut menyakiti perasaannya. Namun, ingatlah justru kebohongan seperti itu hanya akan lebih menyakiti hatinya apabila suatu saat nanti ia mengetahui keadaan yang sesungguhnya. Dibalik itu, anda juga akan menjatuhkan diri anda sendiri pada hubungan yang tidak akan pernah berujung dalam kebahagiaan. Perlu anda ingat inilah masalah yang perlu anda cegah sejak dini.

Nah, jika anda dalam kondisi seperti itu ada baiknya anda menyimak cara menolak pria tanpa harus menyakitinya seperti di bawah ini.

Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Menyakiti Hatinya

Jujur

Apabila anda merasa yakin bahwa anda tidak memiliki perasaan yang sama dengan pria yang menyatakan perasaan cintanya kepada anda, maka akan lebih baik apabila anda jujur mengutarakan perasaan anda yang sebenarnya namun tanpa harus menyakitinya. Semakin awal dia tahu bagaimana perasaan anda, maka semakin cepat kesempatan bagi dia untuk segera move on dari anda. Hal yang harus anda hindari yaitu jangan pernah berikan harapan kosong kepadanya.

Katakan jika anda bukan orang yang tepat

Menolak cinta dengan mengatakan bukan orang yang tepat, pada kenyataannya memanglah merupakan alasan yang sangat klise, namun meskipun begitu cara ini sangatlah ampuh di utarakan tanpa harus menyakiti perasaan orang yang menyatakannya. Cobalah ungkapkan beberapa alasan yang sifatnya bertentangan dengan kepribadiannya. Sebagai contoh, misalkan anda mengutarakan bahwa kegiatan anda sangatlah padat sehingga anda takut tidak bisa membagi waktunya dengan baik. Atau anda ungkapkan bahwa anda merupakan tipe wanita yang acuh, dan jadikanlah ini alasan mengapa anda sampai saat ini masih sendiri.

Jadikan orang tua sebagai alasan untuk menolak cintanya

Menjadikan orang tua sebagai alasan dalam penolakan cinta memanglah sangat ampuh. Apabila anda membawa orang tua maka siapa saja orangnya pasti akan mundur dan mengerti akan hal ini. Utarakan padanya bahwa anda belum diijinkan berpacaran oleh ke dua orang tua anda.

Jadikan pendidikan sebagai alasan

Selain orang tua yang dijadikan sebagai alasan, anda juga bisa menjadikan pendidikan sebagai alasan dalam penolakan cintanya. Apabila anda merupakan orang yang masih duduk dibangku sekolah maupun kuliah maka utarakan kepadanya bahwa anda ingin fokus terlebih dahulu pada pendidikan.

Katakan kepadanya bahwa dia terlalu baik untuk anda

Menolak cinta dengan cara ini merupakan cara khusus yang hanya boleh diungkapkan kepada seseorang yang memang benar-benar sudah anda kenal baik. Jangan sampai anda menggunakan cara ini untuk menolak orang yang baru beberapa hari anda kenal. Namun hal yang perlu anda ingat tetaplah ucapkan dengan kata-kata yang sopan.

Katakan bahwa anda sudah memiliki pasangan

Cara ini merupakan cara yang sangat ampuh. Jika ada seseorang yang menyatakan cinta kepada anda dan anda tidak menyukainya, maka anda bisa mengatakan bahwa anda sudah memiliki pasangan. Meskipun hal itu tidak benar adanya namun dengan cara ini maka dia tidak akan kembali mendekati anda. Sesekali cobalah pasang photo pasangan anda pada akun sosial anda, atau mungkin jika anda tidak memiliki pasangan maka anda bisa memasang photo keluarga atau teman anda.

Tawarkan pertemanan dan persahabatan

Berilah pengertian kepadanya bahwa cinta tidakharus memiliki, untuk itu anda bisa menolak perasaannya dengan menawarkan pertemanan atau persahabatan. Ungkapkan kepadanya bahwa anda lebih nyaman untuk menjadi teman atau sahabat baginya.

Jangan berubah

Jika anda telah menolak cinta orang yang menyatakan cintanya kepada anda, maka anda tidak perlu menjauhinya. Sebisa mungkin tetaplah berteman dengannya seperti sedia kala. Apabila dia kaget dan tidak bisa menerima keputusan anda maka berikanlah dia waktu untuk menenangkan dirinya. Mungkin setelah beberapa minggu berlalu dia akan mulai mengerti akan keadaan seperti ini.

Hadapi dia secara langsung

Jika semua cara sudah dilakukan namun masih belum berhasil juga, mungkin langkah yang harus anda lakukan yaitu menghadapinya secara langsung dengan sedikit memberikan penekanan pada kata-kata yang anda ucapkan dengan jelas namun masih dengan sopan. Jelaskan padanya bahwa anda tidak menyukainya, dengan begitu maka lambat laun dia akan mengerti dan mulai mundur.

Pada kenyataannya memang terkadang ada saja orang yang selalu tidak mengerti meskipun sudah ditolak secara halus. Namun, apapun itu dan bagaimana pun sikapnya anda harus tetap bersabar dalam menghadapinya. Hal yang perlu anda ingat janganlah pernah menyakiti perasaannya, ya karena jika tidak dia akan membenci anda dan hal yang paling buruk dia akan melakuka hal-hal diuar batas kewajaran. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...