Cara Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

Banyak orang yang berupaya menurunkan kelebihan berat badannya saat mereka menjalankan puasa. Jika anda termasuk salah satu orang yang ingin menurunkan berat badan selama bulan puasa, maka sebaiknya lakukanlah dengan benar.

Menurunkan berat badan selama puasa bukan berarti membatasi konsumsi makanan atau sama sekali tidak makan. Anda juga tentunya harus memperhatikan kesehatan selama bulan Ramadhan.  Nah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan selama puasa berikut ini.

Cara-menurunkan-berat-badan-selama-berpuasa.jpg

Cara Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

Mengkonsumsi Kalori yang Cukup

Saat sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, banyak orang yang sengaja membatasi kalori yang masuk dalam tubuhnya. Hanya saja, saat bulan Ramadhan biasanya asupan kalori yang masuk dalam tubuh tidak cukup sesuai dengan yang dibutuhkan atau bahkan terlalu banyak mengkonsumsi kalori. Jumlah kalori yang kurang dapat berimbas pada kesehatan tubuh, sedangkan terlalu banyak mengkonsumsi kalori akan merusak rencana diet yang anda jalankan. ( Baca juga :  Tips Menjaga Kelembaban Kulit Saat Puasa )

Sebelum anda memutuskan untuk diet, hal paling utama yang harus anda ketahui yaitu berapa jumlah kalori yang dibutuhkan. Untuk menurunkan berat badan anda bisa mengkonsumsi 1200 hingga 2000 kalori setiap malam. Agar mengkonsumsi makanan yang tepat, penting untuk membuat jurnal makanan. Jurnal makanan ini pun dapat membantu anda mengontrol asupan kalori dan makanan yang anda konsumsi.

Alihkan Pikiran Lapar dengan Kegiatan Menyenangkan

Saat berpuasa akan ada saatnya anda merasa sangat lapar, baik di siang hari ataupun sore hari. Hal ini sudah biasa terjadi, terlebih lagi jika anda memiliki kebiasaan ngemil setiap harinya. Untuk menghilangkan rasa lapar tersebut anda bisa melakukannya dengan mengalihkan pikiran. Alihkan pikiran anda dengan melakukan aktivitas ringan seperti membaca buku, jalan-jalan atau mendengarkan musik.

Penyebab lapar salah satunya yaitu karena pikiran yang terus tertuju pada makanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghilangkan pikiran tentang makanan. Anda jangan khawatir karena selama bulan Ramadhan tubuh akan menyesuaikan diri.

Batasi Makanan Saat Berpuasa

Karena setelah seharian berpuasa, menahan haus dan lapar, biasanya banyak orang yang membalasnya saat buka puasa. Mereka mengkonsumsi segala menu makanan yang ada di hadapannya dan tidak bisa mengontrol nafsu makannya. Namun, hal itu sebenarnya tidak dibenarkan, karena akan menggagalkan diet. Mengkonsumsi banyak makanan saat buka puasa justru akan meningkatkan berat badan dengan cepat.

Sebagai gantinya, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Pilihlah makanan yang mengandung tinggi serat dan protein. Selain membantu menurunkan berat badan, makanan tersebut pun dapat menjaga gula darah agar tetap stabil. Tidak hanya itu, makanan yang kaya akan serat dapat membuat anda lebih cepat kenyang dan kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga dapat mencegah anda makan terlalu  berlebihan. Hal ini sangat bermanfaat untuk membatasi kalori yang masuk dalam tubuh anda agar diet yang anda jalankan tetap berjalan lancar.

Olahraga

Olahraga termasuk salah satu kegiatan penting yang akan mempercepat usaha anda menurunkan berat badan, begitupun menjaga kesehatan saat bulan Ramadhan. Olahraga yang bisa anda lakukan saat bulan Ramadhan yaitu olahraga yang ringan-ringan saja seperti berjalan santai atau melakukan kegiatan rumah tangga selama 15 sampai 45 menit. Hindari melakukan olahraga yang berat saat puasa.

Cegah Rasa Haus

Apabila anda ingin diet yang dijalankan berhasil, anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Cairan tubuh sangat penting untuk membantu turunkan berat badan dan menjaga agar  tubuh  tetap bugar. Hanya saja, yang menjadi masalahnya rasa haus sering dialami saat siang hari. ( Artikel lainnya :  Cara Mengatasi Kantuk Di Siang Hari Saat Puasa)

Cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah rasa haus saat siang hari yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan saat malam hari. Hindari pula mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat anda mudah haus. Rasa haus juga bisa dicegah dengan mandi air dingin saat siang hari.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)