Saat beraktivitas di luar ruangan, menggunakan masker wajah adalah hal yang sangat penting saat ini. Saat menggunakan masker cukup lama, tidak menutup kemungkinan jerawat muncul dan menyebabkan bibir kering, serta bersisik. Kelembaban, serta suhu turun akan menjadikan bibir anda mudah pecah-pecah. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat bibir agar tetap sehat saat menggunakan masker. Adapun cara merawat bibir kering karena penggunaan masker yaitu seperti berikut ini.

Cara-merawat-bibir-kering.jpg

Baca Juga:

Cara Merawat Bibir Kering Karena Penggunaan Masker

Bibir yang kering tentu akan terasa tidak nyaman, apalagi jika bibir sampai mengelupas dan menyebabkan rasa perih. Nah, di bawah ini cara merawat bibir kering karena penggunaan masker.

Jangan Menjilat Bibir

Apakah anda memiliki kebiasaan menjilat bibir? Kebiasaan ini harus anda hindari, sebab tidak akan menghilangkan kering dan justru akan semakin memperparah bibir kering yang anda alami. Pada saat air liur menguap, maka kelembaban akan keluar pada jaringan bibir. Bahkan bakteri yang terdapat pada air liur akan mengiritasi kulit.

Ditambah dengan enzim yang terdapat pada air liur yang bertugas untuk memecah makanan akan mengurai minyak maupun produk pelembab yang anda gunakan pada bibir. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari menjilat bibir.

Mengeksfoliasi Bibir dengan Lembut

Pengelupasan akan menghilangkan kulit pecah-pecah yang terdapat pada bibir. Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat juga akan menghilangkan kulit sehat yang terdapat pada bibir. Oleh karena itu, hindari menggosok bibir terlalu keras dan banyak. Anda bisa melakukan pengelupasan ini seminggu sekali.

Melakukan Perawatan Malam

Sangat penting untuk merawat bibir saat malam hari agar tetap sehat. Ketika siang hari, kulit akan sibuk untuk melawan sinar UVA dan UVB, serta faktor lainnya. Sedangkan saat malam hari, perlindungan berhenti, kemudian kulit akan berpindah yang awalnya pertahanan menjadi serangan. Sehingga dengan begitu menjadi waktu yang ideal dalam merawat bibir yang pecah-pecah.

Produk perawatan yang digunakan saat malam akan dapat menembus lebih baik sehingga bekerja dengan efisien. Anda bisa melakukan perawatan bibir sebelum tidur.

Baca juga : 

Pilih Lipstik yang Tepat

Untuk wanita menggunakan lipstik adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan memakai lipstik para wanita tentu akan merasa lebih percaya diri dan membuat wajah terlihat lebih segar. Ada banyak jenis lipstik yang bisa kita temukan di pasaran, salah satunya lipstik matte. Namun, jenis lipstik yang satu ini justru akan lebih mudah membuat bibir kering.

Anda harus memilih lipstik yang warnanya bening atau sedikit berwarna agar tidak mengotori masker, dan pastikan sentuhan akhirnya satin. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko bibir kering.

Mengaplikasikan SPF

Selain dapat melindungi kulit wajah maupun tubuh, namun SPF juga dapat melindungi bibir. Anda bisa menggunakan lip balm yang mengandung SPF. Sinar matahari yang berbahaya akan dapat menimbulkan sensasi terbakar pada bibir anda yang kering dan bahkan akan dapat menyebabkan masalah lainnya seperti munculnya bercak kasar.

Mencuci Masker Wajah dengan Tepat

Kondisi masker wajah yang kotor akan dapat membuat kulit rusak. Selain dapat menyebabkan munculnya jerawat, juga akan dapat berdampak buruk untuk bibir dan area sekitarnya. Kotoran, bakteri, air liur, keringat, sun protection dan lip balm yang anda gunakan akan menumpuk pada masker.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda mengganti masker 4 jam sekali. Jika anda menggunakan masker kain, pastikan anda mencucinya dengan cara yang baik dan benar.

Itulah beberapa tips perawatan bibir kering karena menggunakan masker. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...