Cara Merawat Gigi PalsuSetiap organ dalam tubuh memerlukan perawatan dan perhatian khusus, tidak terkecuali dengan gigi. Gigi adalah salah satu dari sekian organ tubuh yang memiliki peranan penting, untuk itu menjaga dan merawat kesehatan gigi haruslah dijaga dengan baik. Gigi yang putih bersih dan sehat tentu akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri, selain itu orang dengan gigi yang indah cenderung akan lebih aktif dan lebih percaya diri dalam bergaul.

Hanya saja berbagai keluhan dan masalah gigi akan terus mengancam jika anda kurang cermat dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dengan baik. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia akan ada fase dimana seseorang akan mulai kekurangan nutrisi dan kalsium dalam tubuhnya, ketika fase ini terjadi maka hal ini akan berdampak pada rusak dan copotnya gigi dan membuatnya menjadi ompong. Namun, tak perlu khawatir, meski gigi anda mengalami keompongan hal ini masih dapat ditutupi dan diatasi. Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mengatasi masalah gigi di usia lanjut adalah dengan memanfaatkan gigi palsu. Penggunaan gigi palsu dapat membantu anda untuk menggantikan gigi yang copot atau ompong. Hanya saja, bagi anda yang menggunakan gigi palsu, penting sekali untuk anda tetap menjaga kebersihan gigi tiruannya agar terhindar dari kuman dan bakteri. Nah, untuk membantu anda dalam merawat gigi palsu atau gigi tiruan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti.

Baca Juga:

1. Gunakan Pembersih Gigi Khusus

Ketika anda menggunakan gigi palsu yang dipasang di dokter gigi, maka biasanya anda akan diberikan pula pembersihnya. Nah, gunakan pembersih tersebut untuk membersihkan gigi palsu dan jangan gunakan pembersih sembarangan.

2. Gunakan Sikat yang Lembut Sewaktu Membersihkan

Hindari penggunaan sikat yang terlalu kasar, sebaliknya gunakanlah sikat gigi yang bertekstur lembut dan memberikan efek yang baik untuk tekstur gigi palsu anda. Menggunakan sikat gigi kasar pada gigi tiruan akan memberikan goresan dan membuat permukaan gigi tiruan menjadi kasar.

3. Bersihkan Setiap Kali Hendak Digunakan

Ketika membiarkan gigi palsu, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Selain itu, pastikan jika setiap kali anda hendak menggunakan anda selalu mencucinya terlebih dahulu untuk menghindari bakteri dan jamur terpapar pada gigi palsu.

4. Hindari Penggunaan Pasta Gigi

Sebaiknya jangan gunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu yang anda miliki. Sebab kandungan pasta gigi tidak cocok dengan bahan yang dibuat pada gigi palsu. Jika dipaksakan demikian, hal ini akan menyebabkan abrasi pada gigi dan membuatnya menjadi terkikis.

Itulah dia beberapa cara dalam merawat gigi palsu. Mengetahui cara merawat gigi palsu yang baik akan membantu anda untuk menjaga kebersihan dari gigi palsu tersebut.

Loading...

Loading...