Cara Merawat Kebersihan Lidah Banyak orang yang keliru dengan mengira bahwa ketika mendengar topik mengenai kesehatan mulut maka yang hanya dipikirkan adalah bagaimana caranya merawat gigi dan mulut dengan baik. Padahal lidah juga merupakan komponen mulut yang juga memiliki peranan penting, Untuk itulah menjaga dan merawat kesehatan lidah dan kebersihannya harus selalu diperhatikan sama seperti anda merawat dan menjaga kebersihan organ tubuh lainnya.

Selain itu, lidah merupakan salah satu komponen dalam mulut yang berkontak langsung dengan bakteri dan kuman yang terpapar dari makanan atau minuman yang anda konsumsi. Dengan demikian jika anda tidak cermat dalam memperhatikan kebersihan lidah maka berbagai masalah dan keluhan pada lidah akan mungkin terjadi. Masalah yang paling sering dihadapi ketika seseorang tidak menjaga dengan baik kesehatan lidahnya, yakni timbulnya bau mulut. Bau mulut terjadi sebagai akibat dari kotoran dan bakteri yang bersarang pada mulut. Untuk itu, penting sekali menjga dan memelihara kebersihan lidah untuk menciptakan mulut yang sehat dan aroma nafas yang segar.
Nah, bagi anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara terbaik dalam menjaga dan memelihara kebersihan lidah, poin-poin berikut ini akan membantu anda untuk dapat mengetahui bagaimana cara merawat kebersihan gigi.

Baca Juga:

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi adalah kegiatan merawat gigi yang paling sederhana dan telah menjadi rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Nah, sewaktu menyikat gigi, sebaiknya perhatikan pula kebersihan lidah dengan menggosok permukaan lidah menggunakan sikat gigi lembut untuk merontokan lapisan putih pada lidah yang mana lapisan tersebut adalah tumpukan sisa makanan dan bakteri.

2. Pembersihan Lidah

Kebersihan mulut yang terjaga dengan baik adalah dengan memastikan semua komponen organ mulut terbebas sari bakteri dan kuman, termasuk dnegan lidah. Untuk membersihkan lidah dari kuman dan sisa makanan yang berupa lapisan putih pada lidah, anda bisa menggunakan pembersih lidah. Hanya saja, lakukan dengan perlahan agar jangan sampai melukai lidah.

3. Berikan Asupan Makanan Untuk Gigi

Selain bermanfaat untuk membersihkan gigi, memperhatikan jenis asupan makanan untuk gigi juga akan berpengaruh pada kebersihan lidah. Untuk itu, berikan asupan makanan seperti buah, sayur, apel, strawberry, keju dan makanan lain yang baik untuk dijadikan pilihan makanan untuk cuci mulut. 

Itulah dia beberapa cara merawat kebersihan lidah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...