Cara Merawat Kesehatan Gigi Dengan Menghindari Daftar Makanan BerikutMemiliki gigi yang sehat, putih dan bersih tentu menjadi impian untuk setiap orang. Apalagi hal tersebut dapat menunjang penampilan seseorang agar terlihat lebih menarik.

Sehingga saat ini tidak heran jika banyak orang yang melakukan perawatan gigi, mulai dari menyikat gigi hingga dengan menempuh perawataan yang cukup rumit dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi untuk mendapatkan gigi yang sudah diimpi-impikan.
Hanya saja jika kita tidak cermat dalam memperhatikan kesehatan gigi, maka beberapa keluhan penyakit yang mungkin akan mengancam gigi akan datang silih berganti. Salah satu permasalah yang paling sering dikeluhkan pada gigi adalah gigi berlubang. Lantas faktor apakah yang dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang? faktor utama yang menyebabkan timbulnya kerusakan gigi seperti gigi berlubang adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi yang mengandung kalori tinggi. Bakteri yang dihasilkan oleh makanan dan minuman tersebut kemudian akan tertinggal didalam rongga mulut dan akan memproduksi zat asam yang secara perlahan dapat mengikis enamel gigi dan merusak gigi.
Untuk itulah, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut amat penting untuk dilakukan, hal ini semata-mata bertujuan untuk membuat gigi menjadi sehat dan terawat. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang harus anda hindari untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Baca Juga:

1. Permen

Bukan hanya sebagai mitos belaka yang mengatakan bahwa permen adalah monster yang akan merusak gigi, yang mana biasanya cerita ini selalu anda berikan kepada anak-anak. Pada kenyataannya, bukan saja anak kecil yang dianjurkan untuk menghindari permen, begitu pula dengan orang dewasa. Kandungan yang kesemuanya hampir dari gula dan pemanis membuat permen tidak baik untuk kesehatan gigi. Kandungan pemanis dan gula yang begitu tinggi pada permen, akan membuat gigi menjadi kerpos dan berlubang.

2. Kopi

Kopi memang menjadi minuman yang begitu diminati. Bukan hanya pria, para wanita saat ini mulai mengenal kebiasaan mengopi yang dijadikan sebagai kebiasaan dan gaya hidup yang baru. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi kopi, sebab warna pekat pada kopi lambat laun akan menempel pada permukaan gigi yang membuatnya menjadi kuning dan timbullah plak gigi. Plak tersebut akan membuat warna gigi menjadi hitam dan akan sangat sulit untuk dihilangkan.

3. Buah Jeruk

Mendengar nama buah jeruk masuk kedalam daftar makan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan gigi mungkin akan sedikit membuat anda terkejut. Bukankah buah jeruk mengandung vitami C yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi? ya, buah jeruk memang mengandung vitamin C yang tinggi. Hanya saja, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan membuat gusi menjadi bengkak, hal ini disebabkan karena kandungan asam pada jeruk akan dapat mengikis email gigi dan tingkat erosifnya sama seperti minuman yang mengandung soda. 

Itulah dia daftar makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan gigi.

Loading...

Loading...