Cara Merawat Kulit Untuk Perenang

Cara Merawat Kulit Untuk PerenangRenang merupakan olahraga yang memanfaatkan air sebagai medianya. Olahraga ini banyak di gemari oleh banyak kalangan tidak terkecuali wanita. Renang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan misalkan untuk kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mengurangi stres dan meninggikan badan. Olahraga air ini memanglah sangat menyenangkan dan mengasyikan. Tidak heran apabila banyak orang pada akhir pekan menyempatkan waktu untuk datang ke tempat wisata yang terdapat kolam berenangnya.

Namun yang perlu anda ketahui selain memberikan banyak manfaat renang juga ternyata dapat memberikan efek buruk pada kulit. Air pada kolam berenang biasanya mengandung klorin dan ternyata klorin tersebut dapat merusak rambut dan kulit. Efek yang di berikan pada kulit yaitu kulit akan menjadi kusam, kering dan mudah teriritasi. Meskipun begitu anda sebagai perenang tidak boleh khawatir dan menghentikan olahraga tersebut. Karena kini banyak cara yang dilakukan untuk merawat kulit bagi perenang agar tidak terjadi masalah. Nah, untuk itu jika ingin tahu bagaimana cara merawat kulit untuk perenang mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1.Minum air putih sebelum berenang

Minum air putih sebelum berenang di percaya sanagt efektif agar dapat terhindar dari dehidrasi yang di sebabkan oleh klorin yang ada pada air kolam berenang.

2.Mandi sebelum berenang

Sebelum anda berenang sebaiknya anda mandi terlebih dahulu. Selain minum air putih, mandi sebelum berenang juga bertujuan untuk menghidrasi lapisan kulit dari kekeringan.

3.Gunakan tabir surya

Sebelum anda berenang anda harus menggunakan tabir surya terlebih dahulu. Tabir surya ini berfungsi untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari. Pilihlah tabir surya anti air. Sebaiknya anda menggunakan tabir surya tersebut 1 jam sebelum masuk kedalam kolam berenang agar kandungan yang ada pada tabir surya dapat meresap. Selain itu anda juga sebaiknya menggunakan baju renang yang panjang supaya dapat menangkal sinar UV dengan efektif.

4.Mandi setelah berenang

Setelah berenag anda juga perlu melakukan perawatan. Pastikan anda mandi dengan bersih setelah berenang agar klorin yang ada tubuh anda akan hilang. Karena apabila anda tidak langsung mandi setelah berenang maka residu klorin dapat menyebabkan iritasi pada kemudian hari.

5.Gunakan lotion

Setelah anda berenang dan mandi sebaiknya anda gunakan krim khusus, terutama untuk anda yang memiliku kulit yang sensitif. Anda sebaiknya memilih lotion yang berbasis lanolin atau mengandung lidah buaya. Penggunaan lotion setelah berenang ini bertujuan agar kulit kembali lembab.

6.Menutrisi kulit dengan asupan bergizi

Untuk merawat kulit setelah berenang tidak hanya dilakukan dari luar saja, tetapi perlu dilakukan perawatan dari dalam. Setelah berenang anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan suplemen yang mengandung vitamin E agar kulit tetap elastis dan lembut serta terhindar dari kekeringan.

7.Perawatan alami

Selain dengan menggunakan produk perawatan kulit, anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk melindungi atau menghilangkan efek buruk yang terjadi setelah berenang. Anda bisa memanfaatkan madu, air mawar, lemon dan glycerin. Untuk menghilangkan efek gelap setelah berenang pada kulit anda bisa membuat masker dari lemon dan madu. Caranya anda tinggal mencampurkan madu dan air lemon, kemudian oleskan pada kulit anda. Tunggu hingga 20 menit, setelah itu cuci hingga bersih.

Nah, itulah perawatan kulit untuk perenang. Dengan adanya cara perawatan tersebut di harapkan anda tidak khawatir lagi kulit anda akan mengalami masalah setelah berenang. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)