Apakah  anda sering mengalami kulit terkelupas? Kondisi kulit terkelupas memang tidak sedap dipandang mata, juga menimbulkan rasa tidak nyaman karena biasanya terasa gatal. Penyebab kulit mengelupas itu sendiri yaitu karena pergantian sel kulit atau karena kondisi kesehatan tertentu. Nah, anda dapat memperbaiki kulit mengelupas dengan melakukan perawatan mudah di rumah. Dengan melakukan perawatan rumahan ini kulit anda akan kembali halus dan bercahaya seperti semula. Adapun, cara merawat kulit yang mengelupas yaitu seperti berikut ini.

Baca juga : 

Baca Juga:

Cara-merawat-kulit-mengelupas.jpg

Cara Merawat Kulit yang Mengelupas dengan Mudah

Kulit adalah organ terluar dari tubuh. Kulit memiliki berbagai fungsi, seperti melindungi organ tubuh bagian dalam, mengatur suhu tubuh, indera peraba dan menjadi pelindung dari efek bahaya sinar UV. Berbagai masalah dapat dialami oleh kulit, salah satunya kondisi kulit yang mengelupas. Untuk mengembalikan tampilan kulit anda seperti semula lagi, berikut ini beberapa cara merawat kulit mengelupas yang bisa anda lakukan.

Kompres Menggunakan Air Dingin

Untuk merawat kulit yang mengelupas, anda bisa mengompres dengan menggunakan air dingin. Caranya yaitu basahi kain bersih menggunakan air dingin. Kemudian kain diperas agar tidak banyak menetes. Kain yang sudah diperas silakan diletakan pada kulit yang mengelupas. Jangan menggosok kulit terlalu keras. Kompres selama kurang lebih 5 hingga 10 menit agar kulit terasa sejuk.  Jika sudah, anda bisa lap wajah atau kompres lagi sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasikan Pelembab

Ketika kulit sedang mengelupas, anda harus sering mengaplikasikan pelembab, apalagi di bagian kulit yang mengelupas. Anda juga bisa mengoleskan tabir surya agar kulit tetap lembab dan terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari.

Namun, dalam memilih pelembab sebaiknya anda menghindari pelembab yang mengandung parfum. Pilihlah produk pelembab dengan bahan yang dapat menenangkan kulit, seperti vitamin E dan lidah buaya.

Gunakan Bahan Alami

Anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai perawatan kulit mengelupas, misalkan cuka putih, bubur oatmeal atau susu.

Cuka putih akan membantu anda meringankan sakit, serta kemerahan pada area kulit yang terkelupas. Selain itu, juga akan mencegah kondisi pengelupasan semakin parah. Anda bisa mengoleskan cuka putih tipis-tipis saja pada area kulit yang sedang mengelupas.

Selain itu, bubur oatmeal dingin bisa anda jadikan sebagai lulur. Kemudian setelah mengaplikasikannya diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin. Oatmeal akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit seperti memperbaiki, melembabkan dan melindungi kulit.

Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat anda lakukan, namun pastikan anda melakukannya dengan lembut memakai kain  hangat suam-suam kuku. Lakukan eksfoliasi ini sebanyak satu kali dalam sehari. Namun, jika ingin melakukan eksfoliasi akan lebih baik jika anda menunggu terlebih dahulu hingga kulit anda sebagian besar  sudah mengelupas. Caranya yaitu cukup menggosokan lap dengan lembut dan perlahan pada kulit yang mengelupas.

Hindari Menggaruk Kulit

Kulit yang mengelupas biasanya akan terasa gatal. Ketika gatal muncul godaan ingin menggaruk kulit selalu datang. Namun, hindari menggaruk atau mengopek kulit karena akan memperburuk kondisinya dan membuat infeksi. Hindari  menyabut paksa kulit yang sudah lepas.

Lihat juga : 

Itulah beberapa cara merawat kulit mengelupas dengan mudah dan alami. Semoga bermanfaat.

 

Loading...

Loading...