Rambut panjang dan hitam berkilau merupakan kriteria rambut yang menjadi dambaan semua wanita, baik itu tua ataupun muda. Rambut merupakan aset penting semua wanita, oleh sebab itulah rambut sering kali disebut sebagai mahkotanya para wanita. Rambut panjang dan hitam berkilau memiliki daya tarik tersendiri, seseorang yang memiliki rambut seperti itu akan terlihat cantik dan menarik. Dan karena alasan itulah hampir seluruh wanita ingin memiliki rambut panjang dengan berusaha memanjangkan rambutnya.

Namun terkadang setelah keinginan terwujud, dimana rambut panjang telah didapatkan ada beberapa masalah yang selalu menghampiri dan mengganggu keindahan rambut panjang yang dimiliki. Selain rambut panjang rentan akan kerontokan, biasanya rambut panjang pun akan sangat rentan dengan ujung rambut bercabang. Apabila keadaan rambut seperti bukan rambut hitam dan indah yang didapatkan melainkan rambut akan terlihat kusam.

Baca Juga:

Cara merawat rambut agar tidak bercabang

Rambut bercabang biasanya disebabkan karena kekurangan nutrisi, pengaruh paparan sinar ultraviolet, penggunaan produk yang mengandung bahan kimia, kebiasaan mencatok ambut atau justru karena terlalu panjang.

Nah, jika rambut panjang dan hitam anda ingin tetap cantik dan sehat serta tidak bercabang, maka anda harus memperhatikan cara perawatan rambut anda sendiri. Dan di bawah ini merupakan cara merawat rambut agar tidak bercabang secara alami dan tradisional

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang Secara Alami dan Tradisional

1. Rutin memotong ujung rambut

Agar rambut anda tidak bercabang, maka langkah yang harus anda lakukan yaitu memotong ujung rambut. Anda dianjurkan untuk memotong ujung rambut secara rutin sekitar 1-2 cm untuk menjaga agar rambut anda tetap sehat dan cantik.

2. Hindari menggosok rambut dengan handuk

Saat setelah keramas, untuk mengeringkan rambut yang basah maka anda harus menghindari menggosknya dengan menggunakan handuk. Karena apabila dilakukan maka akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Gunakanlah handuk khusus dari bahan yang lembut utuk rambut anda. Anda pun harus menghindari mengeringkan rambut dengan menggunakan hair drayer, sebaiknya biarkan rambut anda kering secara alami.

3. Menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner dari bahan alami setelah anda keramas adalah hal yang perlu anda lakukan. Bahan alami yang dapat anda pilih sebagai kondisioner yaitu madu, yoghurt atau mayonaise. Bahan-bahan tersebut cukup mudah untuk ditemukan dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Bagi anda yang memiliki kulit kepala berminyak, maka pemakaian kondisioner alami ini cukup dioleskan pada rambut saja

4. Merawat rambut dengan bahan alami

Agar rambut panjang tetap sehat dan tidak bercabang, maka anda harus melakukan perawatan rutin. Jika sebelumnya anda selalu melakukan perawatan dengan memanfaatkan produk yang mengandung bahan kimia, maka untuk sekarang ini anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak kemiri dan minyak zaitun. Bahan-bahan tersebut cukup efektif untuk mengaatsi ujung rambut yang bercabang. Meskipun perawatan rambut dengan menggunakan bahan ini tergolong cara tradisional, tetapi sampai saat ini masih banyak orang yang melakukannya karena terbukti efektif dan aman dari efek samping yang akan terjadi.

5. Hindari pewarnaan rambut

Pewarna rambut mengandung zat kimia yang akan membuat rambut menjadi rusak, bercabang serta rontok. Oleh sebab itu anda harus menghindari pewarnaan rambut, jika memang anda ingin mewarnai rambut maka anda bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, itulah beberapa cara perawatan agar rambut anda tidak bercabang sehingga akan tetap sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...