Rambut berminyak cenderung mudah lepek dan tidak segar sehingga membuat tampilan rambut nampak tidak sehat dan kusam. Rambut berminyak bukan alasan bagi anda untuk tidak bisa memperlihatkan tampilan rambut yang indah dan sehat.

Ada beberapa perawatan penting rambut berminyak yang harus anda lakukan. Berikut ini cara merawat rambut berminyak yang bisa anda ikuti.

Baca Juga:

Cara-Merawat-Rambut-Berminyak.jpg

Cara Merawat Rambut Berminyak Agar Tetap Segar dan Tidak Lepek

Cara alami merawat rambut berminyak agar tetap segar dan tidak lepek. Lakukan dengan rutin agar rambut anda tetap sehat dan indah. ( Baca juga :  5 Tips Memilih Model Rambut Untuk Wanita Gemuk )

Gunakan Shampo Khusus Rambut Berminyak

Jika anda memiliki tipe rambut yang berminyak, sebaiknya gunakan produk perawatan rambut untuk kulit berminyak. Gunakan sampo khusus untuk kulit berminyak. Secara bersamaan sampo untuk rambut berminyak dapat merawat kulit kepala yang berminyak pula. Gunakanlah sampo dengan pH yang lembut yang dikhususkan untuk rambut berminyak.

Saat Mencuci Rambut Bilas dengan Bersih

Saat anda mencuci rambut atau keramas sangat penting untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih.  Sebab residu yang masih menempel pada rambut dapat menarik minyak dan kotoran lebih banyak. Selain dapat membuat rambut berminyak, residu yang masih menempel pada rambut dan kulit kepala juga berbahaya.

Cuci Rambut dengan Rutin

Kotoran yang menempel pada kulit kepala dan rambut, serta minyak yang berlebih perlu dibersihkan dengan rutin agar rambut tetap sehat dan tidak mudah lepek. Hanya saja, sebaiknya anda jangan cuci rambut setiap hari sebab dapat menyebabkan rambut kering karena minyak alami pada kulit kepala bisa terkikis habis. Anda bisa keramas beberapa kali dalam seminggu. Saat keramas usaplah kulit kepala dengan lembut.

Lakukan Perawatan Rambut Minimal Seminnggu Sekali

Untuk memaksimalkan kesehatan rambut anda bisa melakukan perawatan rambut dengan rutin atau setidaknya 1 minggu sekali. Lakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa dan minyak almond. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian tambahkan beberapa tetes tree oil. Aduk campuran tersebut hingga merata. Gunakan untuk memijat kulit kepala dan rambut anda. Tunggu selama kurang lebih satu jam. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan sampo. Cuci rambut anda sampai bersih agar tidak ada minyak yang tersisa.

Anda bisa membilas rambut dengan menggunakan kurang lebih 2 sampai 3 sendok teh cuka apel yang sudah dicampur dengan satu gelas air. Perawatan seperti ini akan membantu menghidrasi akar rambut anda. Setelah itu bilas kembali rambut anda dan peras rambut dengan perlahan-lahan.

Jangan Sisir Rambut Terlalu Sering

Menyisir rambut adalah cara yang biasanya dilakukan untuk membuat rambut terlihat rapi dan cantik. Namun, menyisir juga dapat membuat minyak tersalur dari akar rambut ke batang rambut. Apabila anda terlalu sering menyisir rambut maka minyak pada rambut dapat semakin banyak pada batang rambut dan membuat rambut anda menjadi lepek.

Jangan Gesekan Handuk Pada Kulit Kepala

Mengeringkan rambut setelah keramas biasanya dilakukan dengan menggesek rambut atau kulit kepala dengan menggunakan handuk.  Namun gesekan handuk dengan kulit kepala dapat menyebabkan  rambut rusak sehingga akibatnya ketombe dan minyak pada rambut akan semakin banyak. ( Lihat juga : Perawatan Rambut )

Manfaatkan Baby Powder

Rambut lepek karena minyak sangat mengganggu tampilan rambut apalagi jika kita tidak memiliki waktu untuk keramas. Tak usah khawatir, anda bisa tetap tampil cantik dengan mensiasati rambut menggunakan baby powder. Aplikasikan baby powder dan biarkan selama lima menit. Setelah itu anda bisa langsung menyisir rambut. Baby powder dapat membantu menyerap minyak pada rambut.

Loading...

Loading...