Cara Merawat Rambut Kering dan Bercabang Rambut adalah mahkota berharga untuk setiap orang. Sebab dengan adanya rambut, memberikan penampilan yang menarik. Baik pria maupun wanita, rambut adalah bagian terpenting yang dapat menunjang penampilan. Untuk itulah, penting sekali menjaga dan merawat kesehatan rambut, sebab rambut yang kering, kusam, dan bercambang bisa saja menjadi awal rusaknya mahkota anda.

Rambut yang kering dan bercabang salah satunya menjadi permasalahan yang cukup kompleks sebab selain membuat rambut rusak, kondisi rambut yang seperti ini akan dapat mengganggu penampilan. Meski wajah terlihat cantik dan bersih, jika rambutnya mengalami masalah seperti kering dan bercabang, tentunya rasa percaya diri kita menjadi menurun.
rambut kering dan bercabang bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya bisa diakibatkan karena kesalahan memperlakukan rambut, paparan zat kimia dari produk perawatan rambut yang tidak aman atau bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang membuat rambut menjadi rusak dan bercabang. Jika sudah begini, anda tentu panik bagaimana cara mengatasinya. Namun tak perlu khawatir, berikut ini adal beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat rambut yang kering dan bercabang.

Baca Juga:

1. Hentikan Penggunaan Mesin Pengering Rambut

Kebiasaan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan rambut ternyata mengambil peranan yang cukup besar terhadap kerusakan rambut. Sebab panas yang dihasilkan dari alat ini dapat membuat rambut menjadi stres dan membuat bagian ujungnya menjadi bercabang. Untuk itu, sebaiknya mulai kurangi dan perlahan hentikan penggunaan mesin pengering rambut untuk menghentikan kerusakan yang lebih parah.

2. Jangan Menggosok Rambut dengan Rambut

Biasanya setelah keramas, seringkali kita mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok rambut menggunakan handuk. Padahal, cara ini keliru, menggosok rambut dengan rambut menggunakan handuk hanya akan merusak bagian terluar dari rambut yang membuatnya menajdi lebih rusak. Untuk itu, sebaiknya keringkan rambut dengan handuk saja dan biarkan ia kering secara alami.

3. Gunakan Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun bisa menjadi minyak alami untuk mengatasi rambut yang kering dan bercabang. Caranya panaskan minyak zaitun dalam microwave, kemudian oleskan pada rambut secara merata. Lakukan ritual ini seminggu dua kali untuk mengembalikan kelembapan rambut anda.

4. Sisir Rambut dengan Benar

Cara menyisir rambut juga ikut berperan terhadap kesehatan rambut anda. Untuk itu, sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang dan sisirlah perlahan. Hindari pula terlalu sering menyisir, sebab hal ini akan membuat rambut menjadi rapuh dan membuatnya mudah rontok.

5. Gunakan Mayonaise

Mayonaise memiliki kandungan asam lemak yang berfungsi utnuk melembutkan rambut dan meningkatkan kandungan minyak alami pada rambut, agar membuatnya tak lagi kering. Caranya aplikasikan mayonaise pada rambut setelah berkeramas dan rambut kering, oleskan satu sendok makan mayonaise dan bungkus dengan handuk atau shower cap. Biarkan selama 20 menit kemudian keramas lagi untuk membersihkannya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat rambut kering dan bercabang. Mengatasi dengan segera keluhan pada rambut adalh bagian dari merawat kesehatan rambut yang sekaligus menjadi mahkota anda.

Loading...

Loading...