Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak Rambut indah, sehat dan berkilau merupakan impian untuk setiap wanita. Sayangnya beberapa penyebab seperti paparan sinar matahari, stres dan pola makan yang tidak teratur serta kurangnya asupan nutrisi tubuh membuat rambut menjadi berkurang keindahan dan membuat rambut menjadi kering serta rusak. Kerusakan pada rambut umumnya dipicu oleh beberapa faktor seperti diantaranya paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, penggunaan produk kecantikan dan perawatan rambut yang salah dan salah satu penyumbang kerusakan rambut terbesar adalah penggunaan masin penata rambut seperti, hairdryer, catokan, mesin steam rambut dan lain sebagainya.

Yang mana, mirisnya saat ini penggunaan mesin-mesin tersebut sudah digunakan bak kebutuhan yang harus selalu ada. Untuk itulah, bagi anda para konsumen pengguna mesin penata rambut seperti diatas, maka jangan heran jika anda mendapati rambut anda kering, bercabang dan rusak. Sebab penggunaan mesin penata rambut dalam jangka panjang dan terlalu intens akan membuat rambut kehilangan kekuatannya dan membuatnya menjadi rusak.
Nah, untuk membantu anda mengembalikan kelembaban rambut agar rambut kering bisa terasa halus seperti dulu dan membuat rambut rusak dapat kembali sehat. Simaklah cara dibawah ini.

Baca Juga:

1. Pembersihan Rambut Secara Khusus

Rambut yang kering dan rusak harus mendapatkan penanganan dan perawatan yang khusus, yakni dengan dibersihkan menggunakan shampo khusus yang mengandung minyak alami, pelembab dan vitamin E. Jenis shampo seperti ini akan bisa anda jumpai di supermarket atau apotek. Bersihkan rambut maksimal 2 hari sekali, ingat jangan pula terlalu sering berkeramas sebab hal ini akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan membuat rambut kering menjadi mudah rontok.

2. Berikan Pijatan Khusus Saat Keramas

Penting sekali memberikan pijatan khusus sewaktu anda berkeramas, sebab hal ini akan membuat peredaran darah dan sirkulasi darah bekerja dengan baik. Gunakan pijatan dengan bentuk melingkar dan lakukan dengan lembut dan perlahan hingga anda merasakan kenikmatan dan ketenangannya. Selanjutnya, barulah bilas dan pastikan tidak ada sisa shampo dirambut maupun kulit kepala.

3. Gunakan Kondisioner

Rambut kering dan rusak amat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner bekerja memberikan dan mengembalikan kelembaban yang dibutuhkan oleh rambut serta menjaga batang rambut agar tetap selalu kuat.

4. Hindari Perawatan Rambut yang Salah

Menguncir rambut yang basah, menggosok rambut dengan rambut sewaktu basah untuk mengeringkannya, menyisir rambut sewaktu masih basah, menyisir menggunakan sisir bergigi padat adalah perawatan rambut yang salah. Hal-hal tersebut dapat membuat rambut lebih rapuh dan menjadikannya menjadi mudah patah. Untuk itu hindari melakukan kesalahan tersebut untuk menjaga kesehatan rambut.

Itulah dia beberapa cara merawat rambut kering dan rusak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...