Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tetap Sehat Setiap wanita pasti mencintai rambut mereka dan tidak menginginkan kondisi yang tidak baik terjadi pada rambutnya, sebab rambut adalah mahkota sekaligus jati diri seorang wanita yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Terutama jika rambut yang dimiliki adalah rambut panjang dan terurai. Hanya saja seringkali, tidak mudah untuk mendapatkannya sebab rambut seperti ini memerlukan perawatan dan penanganan yang cukup rumit.

Hal ini pula yang kerap menjadi alasan mengapa banyak wanita yang menyerah mempertahankan rambut panjangnya dan akhirnya memutuskan untuk memotong pendek rambutnya.
Jika tidak mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat, beberapa keluhan seperti rambut rontok, bercabang, dan berketombe mungkin akan muncul. Nah, untuk mencegah dan mengatasi agar hal-hal seperti demikian tidak terjadi, beberapa cara dibawah ini dapat membantu anda untuk merawat rambut panjang agar tetap sehat dan indah.

1. Hindari Penggunaan Shampoo yang Terlalu Banyak

Terlalu sering berkeramas atau menggunakan banyak shampo hanya akan membuat kulit kepala semakin kering. Tidak hanya itu, efeknya juga akan berpengaruh pada kekuatan rambut yang mulai bekurang, rambut rapuh dan mudah rontok mungkin bisa anda dapatkan jika terus-terusan dikeramas dan menggunakan banyak shampo. Terlebih lagi sewaktu keramas, kita tidak tahu jika anda shampo yang menempel dirambut anda yang mungkin tidak seluruhnya terbilas.

2. Jangan Gunakan Air Panas Saat Membilas Rambut

Sewaktu keramas dan anda hendak mebilas dengan air sebaiknya hindari penggunaan air panas untuk membilas dan membersihkan rambut. Sebab hal ini dapat membuat rambut menjadi rontok dan mudah kering. Sebaliknya, gunakan air dingin seperti air biasa untuk menghilangkan kotoran dan menghilangkan minyak pada rambut dan kulit kepala. Air dingin dapat membuat rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak akan mudah rontok.

3. Pijat Kepala

Sewaktu mengoleskan minyak atau serum kepala, sebaiknya sambili dengan memberikan pijatan lembut. Dengan melakukan pijatan, dapat membantu nutrisi pada minyak lebih cepat masuk kedalam kulit kepala dan membuat khasiatnya menjadi lebih optimal. Hal ini juga membantu membuat otot menjadi lebih rileks dan mendapatkan oksigen lebih banyak karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

4. Jangan Sering Keramas

Terlalu sering memutuskan untuk keramas sewaktu rambut anda terasa tidak nyaman akan membuat rambut menjadi mudah rapuh dan membuat kulit kepala menjadi kering. keramas memang penting untuk menjaga dan membersihkan rambut, hanya saja jika intensitasnya terlalu sering malah akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya dan membaut kulit kepala kering. Untuk itu sebaiknya tidak mencuci rambut lebih dari 3 kali dalam seminggu untuk menghindari keluhan kepala kering dan rambut rapuh.

Memiliki rambut panjang dan terurai begitu cantik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi jika rambut panjang yang dimiliki tumbuh sehat.

Loading...

Loading...