Cara Sehat Menambah Berat Badan Untuk Anda yang Terlalu KurusSemua orang baik itu wanita maupun laki-laki ingin memiliki berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal yang dimaksud  yaitu tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Namun, diluar sana banyak sekali orang yang mengalami masalah dengan berat badannya, baik itu memiliki berat badan yang berlebih maupun berat badan yang kurang sehingga terlihat kurus kering. Nah, masalah berat badan yang kurang sama hal nya dengan masalah berat badan yang berlebih. Kedua masalah tersebut sama-sama banyak menimpa semua orang. Dengan berat badan yang kurang tentunya akan sangat menggaggu penampilan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan berat badan kurang, mulai dari faktor keturunan, kurangnya asupan gizi, malas atau kurang berolahraga, gaya hidup kurang baik dan yang lainnya.

Baca Juga:

Untuk dapat mengatasi masalah berat badan yang kurang tersebut tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun, ada dari beberapa orang yang memiliki opini yang salah bahwa untuk menaikan berat badan yaitu dengan menambah porsi makan. Opini tersebut memanglah tidak salah sepenuhynya. Namun, apabila makan dengan porsi yang banyak secara terus menerus serta makanan yang dikonsumsi tidak memiliki nutrisi yang seimbang justru akan mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Nah, berikut akan kami jelaskan cara menambah berat badan bagi anda yang terlalu kurus. Cara ini merupakan cara yang alami dan dipastikan tidak akan berpengaruh buruk untuk kesehatan anda. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Mengkonsumsi protein rendah lemak

Tubuh memerlukan protein yang cukup untuk membentuk otot, struktur organ serta menjaga sistem imun tubuh. Untuk menaikan berat badan, anda perlu dengan cermat  memilih sumber protein yang sehat. Anda bisa memilih makanan  seperti daging ayam, daging ikan, susu, telur dan kacang-kacangan sebagai sumber protein. Anda juga bisa mengkonsumsi daging merah, namun jangan terlalu banyak. Batasi konsumsi daging merah sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda juga perlu menghindari makanan olahan seperti sosis, daging asap atau burger.

Mengkonsumsi lemak sehat

Makanan berlemak memanglah makanan yang dapat menaikan berat badan. Namun, untuk anda yang memiliki berat badan yang kurang dan ingin menaikan berat badan janganlah sembarangan mengkonsumsi makanan berlemak. Konsumsilah lemak yang sehat seperti omega 3 dan omega 6. Anda bisa mendapatkan lemak sehat tersebut dari makanan seperti ikan salmon, minyak zaitun, kacang-kacangan dan buah alpukat.

Mengkonsumsi Makanan yang kaya akan mineral

Tubuh kita membutuhkan beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, seng, fosfor, natrium, iodine, flourine dan kalium. Nah, anda bisa  mendapatkan semua mineral tersebut dari makanan seperti, sayur, daging merah, keju, buah, kacang-kacangan, susu dan juga garam dapur.

Mengkonsumsi vitamin lengkap

Salah satu penyebab kurangnya berat badan yaitu, karena anda kurang asupan vitamin. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi sayur dan buah beraneka warna untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh. Pada umumnya semua sayuran dan buah-buahan mengandung  vitamin. Untuk itu konsumsilah buah dan sayur mentah setidaknya lima sampai enam porsi dalam sehari.

Minum air putih yang cukup

Air putih merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak sekali manfaat. Minuman bersoda memang dapat membuat berat badan menjadi naik, namun meskipun begitu minuman tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu anda cukup meminum air putih untuk dapat menaikan berat badan.

Olahraga

Meskipun anda mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat menaikan berat badan, namun hal tersebut akan percuma apabila tidak dibarengi dengan melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan cepat, jogging dan aerobik untuk membuat tubuh terlihat berisi namun tidak mengandung lemak yang berlebih. Selain olahraga tersebut anda juga bisa pergi ke gym dan melakukan kegiatan fisik seperti angkat beban dan lainnya.

Itulah, cara sehat yang dapat dilakukan untuk menaikan berat badan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...