Jika sudah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama tentunya memperkenalkan pacar kepada orang tua merupakan hal wajib yang harus dilakukan, pasalnya orang tua merupakan muara restu untuk hubungan ke depannya. Memperkenalkan pacar kepada orang tua terkadang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu namun juga menjadi momen yang sangat mendebarkan.

Pada satu sisi kita ingin membuktikan keseriusan dalam menjalin ubungan asmara dan di sisi lain tentunya kita belum siap akan tanggapan orang tua kepada pacar kita. Jika tanggapannya positif tentu saja itu akan membuat kita bahagia, namun jika tanggapannya negatif? Hal itu justru hanya akan membuat kita tambah tegang. Bahkan jika pacar kita tidak mampu memberikan solusi dalam keadaan seperti ini maka akan membuat kita depresi, tidak hanya kita terkadang pacar kita pun akan terkena imbasnya. Lantas seperti apa cara yang baik memperkenalkan pacar kepada orang tua? Apa yang harus dilakukan ketika orang tua melakukan respon tidak sesuai dengan keinginan kita?

Baca Juga:

Nah, sebenarnya sebelum kita mengambil keputusan untuk memperkenalkan pacar kepada orang tua kita, ada satu hal yang perlu diingat ulang yaitu apakah memang kita benar-benar yakin untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius, begitu juga dengan pasangan? Konflik yang ada dalam diri sendiri tersebut harus kita bereskan terlebih dahulu, jika memang kita dan pasangan benar-benar ingin memantapkan hubungan dengan mengenal keluarga masing-masing maka kita perlu membuang keraguan tersebut. Namun, jika anda masih terselimuti oleh keraguan maka sebaiknya anda harus mengetahui beberapa pertimbangan sebelum memperkenalkan pacar anda kepada orang tua. Jika sudah mengetahuinya dan benar-benar yakin maka anda bisa menyimak cara memperkenalkannya.

Pertimbangan Sebelum Memperkenalkan Pacar Kepada Orang Tua

Lihat arti dibalik rencana anda

Ingatlah jangan pernah membuat pertemuan ini hanya karena anda telah berhubungan lama dengan pasangan anda, atau karena anda mendapat tekanan dari orang terdekat anda. Ini adalah hubungan anda, dan ini merupakan masa depan anda, jadi pertimbangkan terlebih dahulu apa artinya bagi anda. Apakah anda sudah merasa cukup nyaman dengan pacar anda atau justru malah sebaliknya? Oleh sebab itu, sebelum anda memperkenalkannya maka anda perlu memikirkannya dengan benar-benar matang.

Pernahkah anda menceritakan sebelumnya?

Pada saat hendak memperkenalkan pacar kepada orang tua, hal yang harus anda perhatikan apakah anda pernah menceritakan sebelumnya kepada orang tua anda? Pada saat-saat tertentu anda bisa menceritakan sedikitnya gambaran pacar anda saat ini, ketika anda berniat untuk memperkenalkannya maka keluarga anda memiliki cukup waktu dalam memproses dan memberikan kesempatan kepada pacar anda. Biarkanlah keluarga anda tahu bahwa anda merasa nyaman dengannya. Jika menceritakannya terlebih dahulu maka keluarga anda akan merasa sudah mengenalinya.

Apakah anda sudah melihat masa depan dengannya?

Jika anda belum merasa yakin untuk memperkenalkan pacar anda kepada keluarga maka anda jangan memaksakannya. Biarkan terlebih dahulu pacar anda menyiapkan semuanya. Jika anda benar-benar merasa yakin dan bisa melihat bahwa hubungan yang anda jalankan ini memiliki masa depan begitu juga dengan pasangan anda, maka ini saat yang tepat untuk anda memperkenalkannya kepada keluarga anda.
Apakah setelah memperkenalkannya akan menjadi akhir hubungan?

Sebelum memperkenalkan pacar kepada orang tua anda, maka anda harus siap-siap menerima resiko yang akan anda dapatkan. Anda perlu antisipasi bagaimana nantinya pendapat orang tua kepada pacar anda. Apakah setelah memperkenalkannya orang tua akan mempengaruhi hubungan berdua atau sebaliknya? Anda dan pasangan anda sudah sama-sama dewasa sehingga bisa membuat sendiri keputusan dalam hidup. Maka ketika pendapat orang tua tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka tinggal anda berdualah yang membuktikannya.

Itulah pertimbangan yang harus anda pikirkan. Jika sudah merasa yakin anda bisa menyimak bagaimana cara memperkenalkan pacar kepada orang tua di bawah ini.

Tips Sukses Memperkenalkan Pacar Kepada Orang Tua

Berikan sedikit informasi kepada pacar anda

Sebelum anda memperkenalkan pacar anda kepada orang tua anda, coba sebisa mungkin berikan beberapa informasi kepadanya untuk menggambarkan seperti apa orang tua anda. Misalkan, berikan informasi mengenai karakternya, apa saja hobinya, serta apa yang disukai dan tidak disukai oleh orang tua anda. Dengan memberikan sedikit gambaran tentang orang tua anda, maka pacar anda akan menyesuaikan atau bisa lebih beradaptasi dengan lebih mudah karena informasi yang anda berikan akan menjadi pedoman untuknya.

Tunggu waktu yang tepat

Ketika mood atau keadaan seseorang sedang baik, maka anda bisa medapatkan apapun darinya. Nah, begitu juga dengan orag tua anda, jika anda ingin mendapatkan restu dari orang tua anda maka sebelum memperkenalkan pacar anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi orang tua anda pada saat itu. Untuk mengetahuinya tentunya hanya anda sendirilah yang tahu. Jika anda merasa kesulitan untuk mengetahuinya maka anda bisa mengajak pacar anda ke rumah ketika orang tua anda sedang memerlukan bantuan, karena dengan begitu maka pacar anda bisa membantu orang tua anda, selain itu secara tidak langsung cara ini juga bisa mengambil perhatian orang tua anda.

Sarankan pacar anda untuk bersikap sopan

Jika anda ingin pertemuan pacar dan orang tua anda sukses, maka anda perlu menyarankan pacar anda untuk berpenampilan dan bersikap sopan dihadapan mereka. Semua orang tua menginginkan semua yang terbaik untuk anaknya begitu juga dengan pasangan, nah jika mereka sudah melihat bahwa pacar anda bisa bersikap sopan maka mereka juga akan menganggap bahwa pacar anda memiliki kepribadian yang baik dan merasa bahwa dia adalah orang yang tepat untuk anda.

Tidak hanya bersikap yang sopan saja, tetapi anda juga perlu mengingatkannya agar tidak lupa salam ketika pertama datang dan pulang. Bersalaman memanglah mudah, namun jangan salah terkadang bersalaman merupakan satu hal yang kerap kali terlupakan. Ketika pacar anda bersalaman dengan orang tua anda maka anda telah menempatkan dia di hati orang tua anda. Ketika memperkenalkannya pun anda bisa memberikan sedikit sanjungan kepada orang tua anda, misalkan nama pacar anda Dani, "Dani perkenalkan yang ganteng ini adalah ayah aku" dan lain sebagainya. Namun, ingat jangan terlalu berlebihan.

Dinner atau makan malam

Makan malam dilakukan bukan hanya untuk menjalin hubungan lebih dekat bersama pacar saja, namun juga salah satu cara efektif untuk memperkenalkan pacar kepada orang tua. Dengan melibatkan pacar dan orang tua dalam acara makan malam, maka dengan sendirinya mereka bisa mengenal pacar anda terlepas dari penilainnya nanti.

Membawa buah tangan

Membawa buah tangan ketika berkunjung ke rumah pacar memanglah tidak diwajibkan. Namun, perlu anda ketahui cara ini terbilang cukup efektif, dan memang buah tangan ini diidentikan sebagai cara untuk menyuap. Sebelum memperkenalkan pacar anda kepada orang tua, maka anda bisa memberitahu kepadanya untuk membawakan buah tangan. Bukan barang mewah yang berharga mahal, tetapi anda cukup menyarankannya untuk membawa makanan kesukaan orang tua anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika memperkenalkan pacar kepada orang tua. Semoga sukses.

Loading...

Loading...