Setiap orang tentunya memiliki masalah dalam hidupnya, termasuk pasangan yang sudah menikah. Masalah yang datang dan menimpa, tentunya akan menimbulkan konflik dalam pernikahan yang sedang dijalin. Bahkan karena konflik yang ada, hubungan akan menjadi renggang dan tidak harmonis.
Sebenarnya konflik atau masalah dalam hubungan pernikahan adalah hal yang wajar, namun kembali lagi kepada diri kita sendiri bagaimana menyikapinya.

Membangun hubungan yang sehat memang tidak semudah ketika kita membalikan telapak tangan, karena kita tidak akan terbebas dari yang namanya masalah atau konflik. Masalah atau konflik yang ada dalam pernikahan memang kerap kali disebut sebagai perusak hubungan pernikahan itu sendiri. Namun, tahukah anda? Ternyata tanpa kita sadari konflik juga adalah salah satu bumbu sebuah pernikahan. Namun, dalam takaran yang wajar atau tidak berlebihan.

Baca Juga:

Demi membangun hubungan pernikahan yang sehat dan bahagia, tentunya banyak pasangan yang berusaha untuk menghindari atau mengurangi konflik dalam pernikahannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi konflik dalam pernikahan, dimana di antaranya akan kami jelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Cara mengurangi konflik agar pernikahan tetap bahagia

Cara Tepat dan Ampuh Mengurangi Konflik Untuk Pernikahan yang Bahagia

Komitmen

Selain cinta dan kasih sayang, pernikahan juga harus dilandasi dengan komitmen dan tujuan yang jelas. Komitmen yang dibuat pun bukan hanya sekedar peraturan atau kata-kata belaka, namun harus jelas dan kuat. Jika anda dan pasangan terus menjunjung tinggi komitmen yang pernah anda buat sebelum menikah, maka ini akan menjauhkan anda dan pasangan jika hubungan sedang dilanda masalah atau konflik. Ketika anda dan pasangan sedang dilanda konflik atau masalah, ketika memiliki komitmen yang kuat anda berdua akan disadarkan untuk tidak egois atau memikirkan diri sendiri. Ketika itu anda berdua akan mengingat tujuan pernikahan dan mengingat kembali komitmen yang pernah dibuat untuk terus mempertahakan pernikahan dan selalu bahagia bersama selamanya.

Saling menghargai

Setiap pasangan tentunya dituntut untuk salig menghargai antara satu dan yang lainnya. Ingatlah setelah menikah kita tidak hidup sendiri seperti sebelumnya, karena saat ini ada teman hidup disamping kita, ia yang akan selalu berada di dekat kita selamanya. Demi keharmonisan dan kebahagiaan hubungan, saling menghargai adalah penting dilakukan. Ketika anda dan pasangan bisa saling menghargai antara satu dan yang lainnya, maka ini akan memudahkan anda berdua untuk menghadapi setiap masalah atau konflik yang ada dalam pernikahan. Tunjukan kepada pasangan anda bahwa anda sangat menghargainya, dimana salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mendengarkan setiap apa yang dikatakannya, tidak menyela ketika dia berbicara, serta berbicara kepadanya dengan lembut, penuh kasih sayang, dan rasa lembut. Jika anda berdua bisa melakukan hal ini, maka dijamin anda akan berhasil mengurangi konflik atau masalah dalam pernikahan.

Selalu mesra

Mesra merupakan salah satu kunci keharmonisan sebuah pernikahan. Apabila pasangan suami istri tidak bisa mesra, maka pernikahan akan terasa hambar dan membosankan, sehingga akan mengakibatkan anda dan pasangan akan sama-sama sensitif serta mudah terpancing emosi. Oleh sebab itulah, usahakan untuk selalu mesra bersama dengan pasangan anda, seperti misalkan selalu berbicara dengan kata-kara romantis dan penuh cinta, selalu memberikan atau menunjukan kasih sayang kepada pasangan anda dengan sebuah pelukan atau ciuman mesra, serta masih banyak lagi yang bisa anda lakukan bersama pasangan.

Menjaga komunikasi

Semua pasangan yang sudah menikah tentunya menyadari bahwa komunikasi yang baik merupakan salah satu hal penting yang harus dijunjung tinggi dalam pernikahan. Bisa anda pikirkan sendiri, bagaimana jadinya jika pasangan yang sudah menikah tidak bisa berkomunikasi dengan baik antara satu dan yang lainnya? Tentunya jika hal ini terjadi akan menimbulkan kesalahpahaman. Setelah menikah, anda dan pasangan harus sadar dan ingat bahwa kini anda berdua sudah menjadi satu. Maksudnya yaitu, tidak ada lagi rasa mementingkan atau memikirkan diri sendiri. Segala sesuatu yang menyangkut pernikahan harus dibicarakan dan diputuskan secara bersama-sama. Oleh sebab itulah, anda dan pasangan dituntut untuk saling menjaga komunikasi, bagaimanapun keadaannya dan apapun yang terjadi. Untuk meningkatkan komunikasi agar lebih baik, maka anda berdua perlu meluangkan waktu bersama sebanyak mungkin, hal ini bertujuan agar pernikahan anda berdua mampu berjalan dengan baik.

Saling memaafkan

Saling memaafkan antara satu sama lain merupakan salah satu cara dari banyaknya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah agar konflik berkepanjangan bisa dikurangi. Seberat apapun anda kesal kepada pasangan anda, dan sebarat apapun masalah yang menimpa hubungan pernikahan maka itu bukan berarti anda harus menutup pintu maaf, karena jika seperti itu maka konflik akan semakin besar atau bertambah. Untuk mengurangi konflik dalam hubungan pernikahan, maka sebisa mungkin untuk bisa memaafkan dengan setulus hati. Jangan harus menunggu pasangan anda terlebih dahulu yang meminta maaf, dalam hal ini anda harus berinisiatif untuk meminta maaf terlebih dahulu karena semakin cepat akan semakin baik. Selain mengatasi masalah dan mengurangi konflik dalam pernikahan, cara ini juga merupakan langkah yang cukup jitu untuk mempertahankan hubungan.

Saling percaya

Biasanya masalah atau konflik dalam pernikahan terjadi karena saling menuduh yang tidak-tidak antara satu sama lainnya. Nah, untuk menghindari hal seperti ini maka sebisa mungkin anda dan pasangan harus bisa saling percaya. Janganlah sekali-kali menuduh pasangan anda tanpa ada bukti apapun, jika tidak ingin hubungan berakhir pada kehancuran. Saling percaya, saling terbuka dan selalu berpikir positif merupakan salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah atau konflik dalam pernikahan.

Samakan prinsip mengelola keuangan

Statistik menunjukan bahwa sebanyak 50 % pasangan yang sudah menikah berdebat karena masalah keuangan. Bahkan tidak jarang juga perceraian terjadi karena adanya perbedaan dalam prinsip keungan. Nah, jika anda dan pasangan memiliki prinsip berbeda dalam mengatur atau mengelola keuangan, maka tentunya hal ini akan menjadi masalah dalam pernikahan anda. Untuk mengurangi konflik atau masalah yang akan terjadi, maka sebisa mungkin anda harus menyamakan prinsip dalam mengelola keuangan keluarga, sehingga dengan begitu keuangan tidak akan menjadi sebuah masalah yang nantinya akan menyebabkan konflik dan mengurangi kebahagiaan pernikahan.

Saling mengalah

Agar tidak ada konflik atau masalah dalam pernikahan, maka anda dan pasangan harus bisa saling mengalah. Karena sikap keras kepala dan ingin menang sendiri hanya akan membuat hubuangan pernikahan menjadi renggang atau hancur. Ingatlah, pernikahan merupakan sebuah proses pembelajaran. Ketika salah satu di antara anda sedang emosi, maka sebisa mungkin mengalahlah terlebih dahulu agar suasana cepat mereda dan tidak berlarut-larut.

Nah, itulah beberapa cara tepat dan ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengurangi konflik atau masalah dalam hubungan pernikahan anda berdua. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...