Cara Ungkapkan Marah yang Baik Tanpa Menyakiti Pasangan

Sebuah jalinan hubungan yang anda jalani bersama dengan pasangan tidak akan selamanya mengalami kehabagiaan dan tanpa haalangan. Adakalanya, sebuah hubungan mengalami pasang surut dan tidak akan selamanya berhiaskan dengan kemanisan dan kehagiaan yang abadi, akan ada masa dimana hubungan yang anda jalani bersama dengan pasangan dalam pernikahan akan mengelami gejolak yang membuat hubungan yang dijalani terasa begitu sulit. Perbedaan pendapat, pandangan hidup dan perselisihan adalah beberapa hal yang bisa terjadi sebagai akibat dari ketidaksepahamanan dalam berumah tangga. Namun demikian, hal ini wajar terjadi. Layaknya sebuah jalan yang berliku, kehidupan pernikahan yang anda jalani, tidak akan melulu terasa begitu indah dan begitu bahagia. Sebuah pertikaian dan pertengkaran sebagai bagian dari ketidaksamaan pandangan dalam menyikapi sebuah masalah akan mungkin dirasakan dan terjadi sebagai bagian dari kehidupan berumah tangga.

Ketika sedang marah, seringkali seseorang sulit mengontrol dirinya dan tidak bisa menahan amarah yang sedang membelenggunya, sehingga ketika amarah tersebut meluap, tanpa disadari kita telah menyakiti hati pasangan kita. Ketika anda dengan pasangan menghadapi sebuah masalah dalam pernikahan yang membuat anda menjadi marah pada pasangan, pertengkaran tidak selamanya menjadi sebuah solusi terbaik dalam sebuah hubungan pernikahan yang anda jalani bersama dengan pasangan. Meskipun sebagai manusia, amarah dan rasa kesal adalah sifat wajar dalam diri seseorang, namun jangan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk mengungkapkan amarah anda dengan semena-mena yang pada akhirnya akan dapat menyakiti pasangan sendiri.

Sewaktu kesal dan pikiran sedang terbebani dengan berbagai masalah, mungkin kita akan begitu marah dan begitu kesal jika seseorang menyulut sebuah permasalahan. Tubuh yang lelah dan beban pikiran yang begitu besar, membuat mood kita mungkin tidak ada dalam keadaan yang baik. Dan sewaktu pasangan menyulut sebuah pertengkaran, hal ini tentu saja akan membuat emosi anda tak tertahankan, yang pada kahirnya membuat amarah anda terluapkan dan membara, yang bisa menyakiti hati pasangan.

Selain meluapkan amarah dengan membabi buta, sebenarnya ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan atau mengapresiasikan amarah dnegan cara lain, yang tentunya cara ini akan dapat membuat anda menyampaikan amarah anda dengan lebih baik, namun dengan tidak menyakiti hati pasangan anda. Cara kali ini akan menjadi solusi yang lebih positif bagaimana menyalurkan amarah dan mengungkapakannya dengan cara yang lebih baik, agar si pasangan tidak merasakan sakit hati, sementara amarah yang anda pendam akan dapat tersampaikan dengan baik. Seperti apa caranya? Kita simak berikut ini.

Cara Ungkapkan Marah yang Baik Tanpa Menyakiti Pasangan

Jaga dan Kendalikan Ucapan Anda

Sewaktu marah dan kesal, kebanyakan orang seringkali lepas kendali dan tidak memiliki kontrol untuk dirinya, sehingga perkataan, amarah dengan nada yang begitu keras dilontarkannya. Hal ini tentu saja menyakiti pasangan anda dan membuat mereka shock dan kaget. Sewaktu anda bersama dengan pasangan sedang ada dalam sebuah masalah yang dapat memancing emosi untuk marah, sebaiknya anda perlu memperhatikan, menjaga dan mengontrol setiap ucapan yang anda lontarkan, jangan sampai ucapan tersebut menyakiti perasaan pasangan.
Hindarilah mengeluarkan kata-kata kasar yang dapat membuat pasangan merasa begitu rendah dan terhina ataupun tersinggung dan berbalik marah pada anda. Ketika anda merasa emosi sudah tersulut, sebaiknya tarik nafas dalam-dalam secara berulang-ulang dan usahakan untuk menenangkan diri dan ingatlah jika ia adalah orang yang begitu anda cintai. Secara tidak langsung hal ini akan dapat mengendalikan diri anda dan membantu anda merasa lebih tenang dan lebih damai. Setelah itu, baru ajak kembali pasangan untuk berdiskusi dan sampaikan apa yang ingin anda sampaikan dengan hati yang lebih tenang dan kepala yang lebih dingin. Beritahukan pada pasangan anda apa keinginan anda dan seimbangi pula dengan mendengarkan dan menanggapi apa keinginan paangan anda.

Berikan Waktu Untuk Pasangan

Ketika anda bersama pasangan dihadapkan dalam sebuah masalah yang meminta masing-masing orang untuk mengemukakan pendapatnya sendiri, dan dihadapi sebuah kontra atau ketidaksepahaman. Hal ini bisa saja menyulut emosi di masing-masing pihak yang terlibat. Nah, salah satu cara terbaik dalam menyampaikan marah atau kesal anda terhadap pasangan anda adalah dengan memberikannya ruang untuk sendiri, atau sebaliknya. Ketika keduanya sama-sama membara, sebuah permasalahan yang sedang dihadapi tidak akan dapat terselesaikan dengan cepat dan lebih baik. Justru sebaliknya, kondisi yang dua-duanya tersulut emosi malah akan memperburuk keadaan.

Ketika anda dengan pasangan sedang marah dan tidak dapat mengendalikan emosi, anda berdua hanya akan saling menyakti satu dengan yang lainnya. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya anda menghindar, namun bukan kabur dari masalah dan tidak ingin menyelesaikannya. Mintalah waktu untuk sendiri, atau minta pasangan untuk sama-sama diberikan ruang agar bisa berpikir jernih dan mempertimbangkan kembali atas semua yang mereka lakukan untuk mengatasi sebuah masalah yang sedang dihadapi. Umumnya, setelah anda dan pasangan merasa lebih tenang dan dengan pikiran lebih jernih, masalah yang akan anda selesaikan akan terasa lebih mudah untuk diatasi karena keduanya akan bisa saling mendengarkan dan saling memaafkan.

Dengarkan Pasangan

Ketika sedang marah dan berada dalam kondisi yang begitu membara, umumnya seseorang ingin bisa menguasai sebuah keadaan dan bisa melampiaskan amarahnya agar membuat pasangan mengerti apa yang mereka inginkan. Namun, hal ini keliru, ketika anda marah, agar amarah yang anda miliki bisa tersampaikan dengan baik pada pasangan, maka hal lain yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan ruang pada pasangan untuk bisa berbicara. Umumnya, saat sedang marah kita selalu ingin menguasai pembicaraan dan tidak ingin jika pasangan menyela ucapan kita. Di saat anda dan pasangan bertengkar, sebaiknya upayakan untuk bisa menahan diri untuk diam dan mengalah. Dengarkan setiap penjelasan yang diungkapkan oleh pasangan terlebih dahulu, agar ia juga bisa memberikan kesempatan untuk mengungkapkan isi hati anda. Ketika anda bisa saling mendengarkan satu dengan yang lainnya, maka masalah yang anda hadapi dengan pasangan, akan bisa terselesaikan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Cari Waktu yang Tepat Untuk Dapat Berbicara

Cara lain dalam mengungkapkan marah dengan cara yang baik tanpa menyakiti pasangan adalah dengan mengungkapkannya pada waktu dan kondisi yang tepat. Jangan sampai, anda membicarakan sebuah masalah ketika pasangan anda melakukan sesuatu atau saat pasangan merasa lelah. Hal ini tentu saja akan membuat anda tidak didengar atau malah terkesan membuat anda memulai sebuah pertengkaran. Jika anda kesal dan marah, tunggulah saat yang tepat dan cari kodisi yang sesuai. Jangan pernah bertengkar dihadapan umum atau dijalanan.

Tunggulah sampai anda dan pasangan tiba dirumah. Tenangkanlah diri ada, dan tunggulah waktu yang tepat untuk berbicara. Selain itu, mulailah mengungkapkan isi hati anda dan jelaskan mengapa anda bisa marah pada pasangan. Jangan pernah menyampaikan amarah dengan tiba-tiba dan memenadam penjelasan pada pasangan anda. 

Demikianlah beberapa cara dalam menyampaikan marah yang baik pada pasangan dnegan tidak menyakiti hati pasangan.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)