Cara yang Harus Dilakukan Agar Hubungan Tetap Bahagia dan Harmonis di Tengah-Tengah Perbedaan

Setiap orang tentunya menginginkan memiliki hubungan pernikahan yang berhasil dan selalu bahagia. Namun jika kita tidak hati-hati maka kemungkinan hal yang akan terjadi yaitu akan terjebak di dalam pemikiran bahwa hubungan yang bahagia dan harmonis merupakan hubungan yag memiliki kesamaan, tanpa adanya perbedaan sama sekali. Tanpa pernah kita sadari pemikiran seperti itu akan mengarahkan kita untuk berusaha membuat pasangan kita menjadi seperti kita, atau mungkin sebaliknya.

Kita diciptakan oleh Tuhan dengan penuh kasih, dimana setiap pribadi memiliki keunikan-keunikan sendiri. Alih-alih membuat pernikahan menjadi bahagia, memakasakan pasangan agar sama dengan kita justru akan mengarah pada hubungan yang tidak sehat. Karena hal tersebut akan menciptakan dominasi di antara satu pihak, yakni pihak yang memiliki kepribadian yang lebih kuat.

Ketika kita melihat pasangan yang sudah lanjut usia dan sudah menikah berpuluh-puluh tahun lamanya tetap bahagia, mungkin banyak dari kita yang cenderung berpikir atau menganggap bahwa mereka merupakan pasangan yang memiliki bayak kesamaan karakter, sifat, selera, hobi dan lain sebagainya. Pada saat itu kita akan cenderung lupa atau tidak akan melihat kenyataannya, bahwa pasangan lanjut usia yang hidup bahagia tersebut tidak meyamakan diri antara satu sama lainnya. Namun, pada kenyataannya mereka menyelaraskan dan bekerja bersama menyatukan apa yang berbeda di antara mereka berdua hingga pada akhirnya mereka akan seiring dan sejalan, dimana semua itu bukanlah hal yang instan atau terjadi begitu saja.

Cara agar hubungan tetap harmonis ditengah perbedaan

Banyak pasangan yang sudah lanjut usia pernikahannya masih langgeng dan tetap bahagia meskipun memiliki sifat dan karakter yang jauh berbeda. Apa yang mereka capai tersebut bukanlah karena mereka berdua berusaha untuk merubah pasangannya menjadi seperti yang mereka mau. Ingatlah mendapatkan pasangan yang tepat sebagai pasangan kita, itu bukan berarti bahwa kita mendapatkan seseorang seperti yang kita mau. Namun pasangan yang tepat merupakan mereka yang berusaha dan bersedia untuk bekerja bersama-sama dengan kita untuk membangun bersama pernikahan yang bahagia.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips untuk anda semua tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar hubungan pernikahan tetap bahagia dan harmois meskipun memiliki banyak perbedaan. Cara-cara ini bisa menjadi solusi bagi anda dan pasangan yang sama-sama memiliki perbedaan. Lantas apa saja cara-cara yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

Cara yang Harus Dilakukan Agar Hubungan Tetap Bahagia dan Harmonis di Tengah-Tengah Perbedaan

1. Komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan kunci yang menjadi dasar kebahagiaan sebuah pernikahan. Tidak ada komunikasi yang baik di antara dua arah akan menyebabkan terjadinya kesalahpahaman di antara anda dan pasangan anda. Oleh sebab itulah, anda harus memiliki komitmen untuk selalu terbuka dengan pasangan anda sendiri. Komunikasi yang baik di antara anda dan pasangan akan membuat anda berdua jauh dari kesalahpahaman dan perselisihan.

2. Saling menghormati

Di dalam sebuah hubungan pernikahan biasanya suami memiliki peran yang lebih dominan, hal tersebut disebabkan karena suami merupakan kepala keluarga. Karena suami merupakan kepala keluarga, oleh sebab itulah kita sebagai seorang istri harus bisa menghormati dirinya. Namun pada kenyataannya, bukan hanya suami saja yang perlu dihormati, tetapi istri juga perlu dihormati.

Tidak adanya rasa saling menghormati di dalam sebuah hubungan pernikahan akan membuat hubungan menjadi retak. Anda perlu mengingat, bahwa di dalam pernikahan tidak ada yang namanya bawahan atau atasan. Anda dan pasangan anda memiliki kedudukan yang sama dan setara. Anda dan pasangan anda seharusnya menjadi tim yang kokoh. Apabila anda dan pasangan bisa saling menghormati antara satu sama lain, maka yakinlah, pernikahan anda dan pasangan akan tetap langgeng, bahagia, dan harmonis meskipun perbedaan membentang di antara anda berdua.

3. Saling pengertian

Saling pengertian di dalam menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan merupakan salah satu kunci menuju pernikahan yang bahagia dan harmonis. Namun untuk bisa seperti itu dibutuhkan proses. Ketika anda ingin bahagia dan rumah tangga anda selalu harmonis bersama dengan pasangan, maka anda harus berusaha membantu pasangan anda untuk menutupi setiap kekurangan yang dimiliknya. Anda harus bisa menjadikan kekurangan pasangan sebagai kelebihan untuk anda. Karena jika anda dan pasangan mampu menerapkan itu semua, maka sudah bisa dipastikan jika hubungan pernikahan anda dan pasangan akan tetap bahagia dan harmonis bahkan sampai kakek nenek nanti.

4. Memperbanyak waktu bersama

Memiliki kesibukan masing-masing meskipun sudah berkeluarga adalah hal yang wajar. Namun agar kesibukan tersebut tidak menjadi penghalang di antara hubungan anda dan pasangan, maka anda pun harus bisa meluangkan waktu untuk bersama karena bagaimana pun anda dan pasangan merupakan sepasangan suami istri. Ketika anda dan pasangan mampu memperbanyak waktu bersama, maka anda berdua bisa semakin memahami dan mengenal antara satu dan yang lainnya labih dalam lagi, misalkan dalam hal karekter, kebiasaan dan lain sebagainya.

5. Memberikan apresiasi

Ketika anda memberikan apresiasi kepada pasangan anda atau pasangan anda memberikan apresiasi kepada anda, maka hal itu semua sangatlah bermakna. Hal-hal manis tersebut dengan lambat laun akan menghilangkan atau mengikis perbedaan yang ada di antara anda berdua. Bisa anda bayangkan sendiri, ketika anda merasa bahagia karena mendapatkan apresiasi dari pasangan anda, misalkan hadiah, kejutan istimewa, pujian dan lainnya sebagainya, tentunya hal itu semua akan membuat anda merasa bahagia atau bahkan akan melupakan setiap perbedaan yang ada di antara anda berdua.

Cobalah mulai dari sekarang bangun hubungan anda berdua dengan sering memberikan apresiasi kepada pasangan anda. Anda tidak harus memberikan kejutan atau hadiah mahal, melainkan anda hanya perlu memberikan apresiasi yang sederhana namun itu semua akan sangat bermakna bagi pasangan. Jika anda dan pasangan mampu mempertahankan kebiasaan seperti ini, maka akan membuat pernikahan anda selalu harmonis dan bahagia sampai selamanya.

6. Selalu roamantis

Romantis dalam sebuah hubungan sangatlah perlu. Setiap orang perlu memiliki sisi romatis untuk membahagiakan pasangannya sendiri. Usahakanlah untuk mempertahankan sisi romantis anda dan pasangan sampai tua. Sudah banyak sekali buktinya bahwa pasangan senior yang langgeng sampai saat ini bahkan mereka terlihat sangat bahagia karena mereka berdua bisa mempertahankan sisi keromantisan di dalam pernikahan mereka.

7. Mudah memaafkan

Memaafkan orang yang menyakiti hati dan membuat kita sedih pada kenyataannya memanglah sulit. Hal itu memang manusiawi. Namun demi kebahagiaan dan keharmonisan hubungan, ada baiknya jika anda selalu belajar sabar dan mudah untuk memaafkan orang lain terlebih lagi pasangan anda sendiri yang anda cintai. Ketika anda merasa marah kepada pasangan anda, maka cobalah untuk selalu mengingat hal-hal postif yang ada pada dirinya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu meredakan amarah yang ada di dalam diri anda.

Nah, itulah beberapa cara yang harus anda lakukan agar hubungan tetap bahagia dan langgeng meskipun terdapat banyak perbedaan di antara anda berdua. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...