Cemilan Untuk Diet  - Memiliki tubuh yang proporsional menjadi impian semua orang. Berbagai latihan dan program diet dilakukan agar keinginan memiliki tubuh proporsional dapat terwujud, terutama mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Nah, ketika anda sedang diet, salah satu hal yang mungkin anda hindari yaitu ngemil. Ngemil dianggap akan menggagalkan diet yang sedang dijalankan. Jika anda sebelumnya memiliki hobi ngemil, tentu anda akan tersiksa jika harus menghentikan kebiasaan ini.

Baca Juga:

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cemilan sehat yang dapat anda konsumsi ketika sedang diet. Cemilan ini diketahui aman dan tidak akan merusak diet anda. Nah, untuk mengetahui apa saja cemilan untuk diet yang sehat dan enak, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Memilih Cemilan yang Sehat?

Cemilan-untuk-diet-2.jpg

Untuk anda yang sedang diet, sebaiknya memperhatikan cemilan yang anda konsumsi. Cemilan tepat yang dikonsumsi tidak akan merusak diet anda. Untuk memudahkan anda memilih cemilan yang tepat berikut ini tips memilih cemilan sehat untuk diet.

  • Rendah kalori. Pilihlah cemilan rendah kalori dan sebaiknya cemilan yang anda konsumsi kurang dari 100 kalori.
  • Tinggi kandungan nutrisi. Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi pada cemilan anda. Sebaiknya pilihlah cemilan dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.
  • Tinggi kandungan serat. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sebab serat akan diserap oleh sistem pencernaan lebih lambat.
  • Rendah lemak. Hal ini penting untuk diperhatikan, terlebih lagi untuk anda yang sedang menjalankan diet. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak yang rendah. Pasalnya makanan dengan lemak yang tinggi biasanya juga tinggi akan kandungan kalori.

Aneka Cemilan Untuk Diet yang Sehat, Enak dan Tidak Bikin Gemuk

Cemilan-untuk-diet-1.jpg

Ketika sedang diet bukan berarti anda tidak boleh ngemil. Ngemil tetap bisa dilakukan namun harus memperhatikan cemilan yang dikonsumsi agar tidak merusak program diet yang sedang anda lakukan. Adapun beberapa cemilan sehat dan enak untuk diet seperti berikut ini.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu cemilan untuk diet yang enak dan sehat. Meskipun anda sedang diet, namun anda tetap bisa mengonsumi kacang sebagai cemilan. Namun anda tetap harus memperhatikan porsi kacang yang anda konsumsi. Pastikan anda tidak mengonsumsi kacang melebihi 100 kalori.

Adapun beberapa jenis kacang yang baik dikonsumsi saat diet yaitu kacang mede, kacang kedelai, kacang walnut, kacang merah, kacang tanah dan kacang almond. Jenis kacang-kacangan tersebut mengandung serat yang banyak. Selain itu, dengan mengonsumsinya akan membantu untuk menekan gula darah.

Sebaiknya anda mengolah kacang dengan cara dipanggang atau disangrai. Hindari mengolah kacang dengan cara digoreng menggunakan mentega atau minyak, terlebih lagi jika ditaburkan garam. ( Baca juga : 4 Minuman Ini Ampuh Turunkan Berat Badan )

Yogurt

Cemilan untuk diet yang lainnya yaitu yogurt. Apabila anda tidak suka yogurt karena rasanya yang asam, anda bisa menambahkan campuran buah segar atau madu.

Untuk diet, anda sebaiknya memilih yogurt yang tawar dibandingkan dengan yogurt yang sudah diberikan tambahan gula. Yogurt itu sendiri diketahui dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, sehingga kolesterol dan lemak sebelum diserap oleh tubuh bisa dibuang.

Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung tinggi vitamin A, B2, B1, B3 dan vitamin C. Dimana vitamin tersebut tentunya diperlukan tubuh. Untuk konsumsi yogurt sebagai cemilan, anda dapat mengonsumsinya antara waktu sarapan hingga makan siang. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi yogurt ketika makan malam.

Apel

Semua orang pasti tahu bahwa apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk diet.  Buah yang renyah dengan rasa yang lezat ini rendah akan kalori dan tidak mengandung kolesterol. Selain itu, buah apel tinggi akan kandungan serat, antioksidan dan vitamin C.  Anda bisa menjadikan buah apel sebagai cemilan ketika ingin ngemil saat sedang menjalankan diet.

Namun, untuk mendapatkan cemilan yang lebih lezat, anda bisa menambahkannya susu. Susu kaya akan kandungan protein. Protein bermanfaat untuk mempertahankan energi tubuh, serta membantu mengurangi lapar yang anda rasakan selama beberapa jam.

Untuk cemilan sehat, anda bisa memilih apel dan susu tanpa kandungan lemak. Selain enak, cemilan ini tentunya sehat dan baik untuk program diet yang anda jalankan.

Dark Cokelat

Anda pecinta cokelat?  Anda tetap bisa mengonsumsi cokelat ketika sedang diet. Namun pastikan anda memilih dark cokelat. Cokelat yang satu ini dapat dijadikan cemilan untuk diet karena dapat menjaga berat badan anda. Dibandingkan dengan jenis cokelat yang lainnya, cokelat yang satu ini warnanya lebih pekat dan rasanya lebih pahit. Cokelat ini memiliki rasa pahit karena kandungan gula di dalamnya rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi saat anda sedang menjalankan diet.

Selain sebagai cemilan untuk diet, mengonsumsi dark cokelat juga akan memberikan banyak manfaat. Dengan mengonsumsi cokelat ini gula darah anda akan dapat terkontrol, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya, serta mood akan menjadi lebih baik dengan mengonsumsi jenis cokelat yang satu ini.

Pepaya

Selain apel, pepaya juga menjadi salah satu buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai cemilan untuk diet. Buah pepaya mengandung 55 kalori dalam satu cangkirnya. Dimana jumlah kalori tersebut terbilang rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika diet. Selain itu, buah pepaya juga tinggi akan kandungan kalium dan vitamin A.

Selain memiliki rasa yang enak dan manis, serta baik dikonsumsi untuk diet, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk melancarkan pencernaan.

Agar-Agar

Cemilan untuk diet lainnya yang dapat anda jadikan pilihan yaitu agar-agar. Memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang lembut, agar-agar banyak disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada agar-agar terkandung kalori dan lemak yang rendah. Sehingga makanan yang satu ini cocok anda konsumsi ketika sedang diet.

Untuk diet, sebaiknya anda tidak menambahkan gula saat mengolah agar-agar. Agar-agar tanpa gula hanya mengandung sekitar 10 kalori saja. Jika tidak ingin rasa agar-agar yang hambar, anda bisa menambahkan buah-buahan segar seperti anggur, kiwi, mangga dan jeruk.

Es Krim dengan Kandungan Rendah Lemak

Saat diet anda tetap bisa mengonsumsi makanan yang lezat, salah satunya es krim. Es krim dengan kandungan lemak yang rendah bisa anda masukan ke dalam daftar cemilan anda ketika sedang diet. Kini telah banyak produk es krim khusus untuk diet. Tidak semua es krim bisa anda jadikan cemilan untuk diet. Anda sebaiknya memilih es krim dengan kandungan rendah lemak.

Es krim yang satu ini memiliki rasa yang lezat seperti es krim pada umumnya. Mengandung lemak dan gula yang rendah, es krim ini cocok disantap ketika anda sedang diet. Ketika mengonsumsi es krim ini anda jangan khawatir berat badan anda akan bertambah.

Buah Pisang dan Selai Kacang

Selain dimakan langsung, buah pisang juga bisa dimakan dengan campuran bahan yang lainnya, salah satunya selai kacang. Buah pisang yang dikombinasikan dengan selai kacang akan menghasilkan sajian yang lezat dan bagus untuk orang yang sedang diet. Dengan mengonsumsi buah pisang maka perut kita akan merasakan kenyang dalam waktu yang lama.

Sedangkan pada dua sendok selai kacang terkandung karbohidrat yang akan meningkatkan energi dan menekan nafsu makan. Selain itu, protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kita aktif seharian. Agar aman untuk diet, pastikan anda memilih selai kacang tanpa mengandung gula.

Buah Kering

Untuk anda yang suka manis, anda dapat menjadikan buah kering sebagai cemilan ketika diet.  Buah kering juga termasuk salah satu cemilan sehat karena mengandung serat yang banyak. Anda dapat memilih kurma kering dan aprikot kering serta kacang mentah karena akan memberikan lemak yang sehat untuk tubuh. Namun, pastikan anda tidak menambahkan gula.

Buah Alpukat dan Keju

Siapa yang tidak suka buah alpukat? Buah dengan daging berwarna hijau dan creamy ini memiliki rasa yang lezat. Buah ini biasanya diolah menjadi jus dengan ditambahkan gula dan susu. Namun, untuk anda yang sedang diet sebaiknya perhatikan cara mengonsumsi buah alpukat itu sendiri.

Buah alpukat dapat menjadi cemilan untuk diet sehat jika anda mengonsumsinya dengan tepat. Anda dapat mengonsumsi buah alpukat langsung tanpa tambahan gula. Agar rasanya semakin lezat anda bisa menambahkan keju.

Popcorn

Untuk anda yang sering ngemil namun tidak ingin berat badan bertambah, maka salah satu cemilan yang dapat anda jadikan pilihan yaitu popcorn. Makanan yang biasanya kita temukan di bioskop ini mengandung udara yang tinggi sehingga dengan begitu berat badan tidak akan terpengaruh dengan mengonsumsinya.

Walaupun begitu, popcorn tetap mengandung nutrisi yang baik. Cemilan yang terbuat dari jagung ini tinggi akan kandungan serat, rendah akan kandungan lemak dan mengandung protein. Oleh karena itu, pop corn menjadi cemilan tepat yang akan membuat anda merasa kenyang tanpa mengganggu diet yang sedang anda jalankan.

Buah Blueberry

Buah blueberry terkenal khasiatnya untuk melawan kanker. Selain itu, buah blueberry juga dapat membuat program diet anda menjadi lebih optimal. Pada buah yang satu ini terkandung senyawa bernama antosianin yang memiliki peran dalam menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, buah ini juga rendah akan kandungan kalori atau sekitar 57 kalori dalam 100 gramnya.

Oatmeal

Apabila anda ingin mengonsumsi makanan yang sedikit berat untuk dijadikan cemilan, maka anda dapat mengonsumsi oatmeal. Oatmeal baik untuk diet bukan tanpa alasan. Oatmeal kaya akan kandungan serat, serta tidak akan menaikan kadar gula darah anda. Selain itu, pada oatmeal terkandung sedikit kalori sehingga anda bisa mengonsumsinya ketika sedang diet. Terkandung sekitar 80 kalori pada ½ cangkir oatmeal.

Stroberi

Buah kecil dengan warna merah menyala serta memiliki rasa asam nan segar ini mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Buah yang satu ini juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Buah stroberi mengandung tinggi serat, sehingga dengan mengonsumsinya akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. Anda bisa menyajikan buah stroberi dengan sereal atau menjadikannya campuran untuk smoothie.

Buah stroberi juga rendah akan kalori. Pada 100 gram buah stroberi terdapat 33 kalori. Selain itu, buah ini juga akan membantu melancarkan sistem pencernaan. Kesehatan pencernaan memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Apabila kondisi pencernaan anda tidak sehat, maka akan menyebabkan bertambahnya berat badan karena tubuh tidak akan menyerap nutrisi dengan baik. Juga limbah pada tubuh tidak akan dapat dihilangkan dengan efisien. Kondisi ini akan membuat metabolisme lebih lambat sehingga kalori tidak akan terbakar dengan baik dan benar.

Tidak hanya itu, buah stroberi juga mengandung antosianin yang akan meningkatkan metabolisme, serta membantu menurunkan berat badan.

Buah Melon

Buah-buahan lainnya yang rendah kalori dan cocok dijadikan cemilan untuk diet yaitu buah melon. Pada secangkir buah melon terdapat sekitar 61 kalori. Selain itu, buah yang satu ini juga tinggi akan kandungan serat sehingga proses metabolisme tubuh akan dapat dioptimalkan.

Kesalahan Ngemil yang Sering Dilakukan Ketika Sedang Diet

Cemilan-untuk-diet-3.jpg

Ketika sedang diet, ngemil sah-sah saja. Namun, agar tidak mengganggu diet anda hindari beberapa kesalahan ngemil seperti berikut ini.

Ngemil Terlalu Banyak

Mengonsumsi makanan terlalu banyak tidak baik, walaupun makanan yang dikonsumsi sehat. Meksipun makanan yang anda konsumsi baik untuk diet, namun anda tetap harus membatasinya dan konsumsi dalam porsi normal.

Tidak Lapar Namun Tetap Ngemil

Ngemil padahal perut tidak lapar mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk anda. Padahal sebenarnya ngemil saat sedang tidak lapar adalah kesalahan yang harus anda hindari karena akan membuat diet anda menjadi berantakan. Jika anda ingin ngemil lebih sering anda bisa mengurangi porsi makan anda.

Tidak Tepat Memilih Cemilan

Kini telah banyak cemilan yang katanya sehat dan baik untuk diet, contohnya cemilan dengan rendah akan kandungan gula, rendah lemak, terbuat dari buah-buahan asli, tidak mengandung bahan pengawet dan lain sebagainya. Namun, itu belum tentu benar sehingga anda harus lebih barhati-hati dalam memilih cemilan agar tidak tertipu. Jika anda tidak hati-hati yang ada justru anda akan mengonsumsi cemilan yang tinggi akan kalori, lemak, garam dan gula. Oleh karena itu, sebelum membeli produk cemilan anda harus membaca kemasannya terlebih dahulu.

Memilih Cemilan Dalam Kemasan

Saat ini banyak cemilan dalam kemasan yang enak. Akan tetapi, cemilan dalam kemasan yang sudah diproses beberapa kali tinggi akan kandungan kalori. Jika anda mengonsumsi cemilan ini yang ada justru akan menambah berat badan.

Lupa Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Setelah ngemil anda mungkin merasa kenyang dan merasa sudah mendapatkan nutrisi pada cemilan yang anda konsumsi sehingga lupa mencukupi kebutuhan nutrisi harian seperti mineral dan vitamin. Padahal sebenarnya nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral sangat penting untuk membuat berat badan terkendali dibandingkan banyak ngemil. ( Lihat juga : Makanan yang Bisa Bikin Tubuh Semakin Gemuk Tanpa Anda Sadari )

Tidak Memindahkan Cemilan Kemasan Besar Pada Wadah

Mengonsumsi cemilan langsung pada kemasan berukuran besar akan membuat anda tidak sadar dan ngemil banyak. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan makan langsung pada kemasannya. Lebih baik anda memindahkannya terlebih dahulu pada wadah, lalu anda dapat mengonsumsi secukupnya saja.

Nah, itulah beberapa cemilan sehat yang dapat anda konsumsi ketika sedang diet. Agar tidak mengganggu diet anda, hindari juga beberapa kesalahan diet seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...