Ciri yang Menandakan Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Dengan Sehat

Hubungan pernikahan terjalin antara dua individu yang berbeda yang masing-masingnya memiliki sifat dan perbedaan yang mungkin sudah anda alami dan anda rasakan sebelumnya. Ikatan cinta yang anda rasakan bersama dengan pasangan mungkin terasa begitu menggebu dan terasa senantiasa adem ayem sewaktu pacaran. Kekurangan yang ada pada diri pasangan tidak pernah menjadi masalah yang berarti untuk anda. Dengan cinta dan kasih sayang yang begitu besar, kekurangan yang ada pada diri pasangan tidak pernah menjadi masalah atau membuat anda menjadi menyesal mengenalnya. Jalinan cinta yang menggebu, membuat semua kekurangan yang ada pada diri pasangan seolah tertutupi karena rasa cinta yang begitu besar.

Hanya saja setelah menikah, bukan hanya asmara dan kasih sayang yang bisa memperkuat ikatan rumah tangga agar bertahan lama dan awet. Diperlukan sebuah perilaku yang bisa sama-sama menjaga anda dan pasangan agar senantiasa terjalin dengan baik. Adalah sebuah hubungan yang sehat yang akan bisa menciptakan sebuah hubungan baik dengan pasangan sehingga keharmonisan dan keserasian dalam berumah tangga bisa berjalan dengan baik. Mungkin kita seringkali bertanya-tanya apakah itu hubungan yang sehat? Memang agak sulit mencari definisi dari hubungan yang sehat.

Ketika kita mengatakan seseorang mengalami hubungan yang sehat, hal yang terbersit dalam pikiran kita mungkin pasangan yang menjalani hubungan pernikahan tersebut selalu lah merasakan senang dan terjalin keharmonisan setiap saat bersama dengan pasangan. Padahal, seseorang bisa saja mengalami hubungan yang buruk atau terjebak dalam sbeuah hubungan yang salah, namun tetap merasa bahagia dan bertingkah seolah tidak ada masalah sama sekali. Lantas seperti apa sih hubungan yang buruk itu? Kita mungkin seringkali menyebutkan jika hubungan yang buruk itu didialamnya terdapat pihak yang selalu dominan, adanya diskriminasi, kekerasan, egoisme dan lain sebagainya.
Dalam hubungan yang sehat, anda dan pasangan bukan hanya harus terhubung secara fisik saja, namun juga harus terhubung secara mental, intelektual dan emosional. Untuk dapat mencapai sebuah hubungan yang sehat, seseorang harus dapat mencapai harmoni pada semua tingkatan yang berkembang dalam sebuah hubungan. Nah, bagaimana dengan hubungan yang anda jalani saat ini? Sudahkah anda mencapai tingkatan tersebut? Bisa meraih sebuah hubungan yang sehat akan senantiasa mencapai sebuah hubungan yang harmonis dan tercipta keserasian dan saling mempercayai satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa tanda yang bisa menandakan sebuah hubungan yang anda jalani terjalin dengan sehat.

Ciri yang Menandakan Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Dengan Sehat

1. Saling Menghormati Bersama dengan Pasangan

Rasa saling menghormati adalah hal utama yang harus anda miliki bersama dengan pasangan. Sikap saling menghormati akan menjadi sebuah sikap yang menunjang dan menjamin sebuah hubungan bisa berjalan dengan harmonis, sebab masing-masing pasangan tahu bagaimana harus bertindak dan sampai mana batasan yang harus mereka lakukan dalam bertindak dan berlaku. Sikap menghormati bukan saja perlu ditunjukan pada pasangan saja, namun anda juga harus bisa menunjukan sikap menghormati hubungan dan semua yang anda lakukan adalah sejalan dengan hal tersebut. Hormatilah nilai-nilai dan semua kebijakan yang anda buat dengan pasangan serta hormati pula impian pasangan anda. Jangan sampai pasangan merasa tidak berharga dan tidak dihargai. Selain itu, ketika pada suatu waktu sebuah konflik terjadi dalam rumah tangga, ingat kembali semua rasa hormat dan batasan yang anda buat dengan diri anda dengan pasangan. Cobalah untuk tidak sama-sama membara, sebaliknya redamlah emosi dan tenangkan pasangan, jangan hanya mengandalkan ego dan nafsu yang menguasai pikiran anda.

2. Tercipta Kedamaian Dalam Hubungan dan Di Rumah Anda

Hubungan anda adalah tempat dimana anda mencari kenyamanan dan tempat dimana anda seharusnya mendapatkan ketenangan, kebebasan dan kedamaian untuk bisa menjadi diri anda sendiri. Apabila anda seringkali merasa cemas atau terus-terusan merasakan ketidak nyamanan dengan hubungan yang anda jalin bersama dengan pasangan, ini mungkin menjadi salah satu tanda bahwa hubungan yang anda jalani bersama dengan pasangan berjalan dengan tidak sehat.

3. Kedekatan dan Keharmonisan Bersama Dengan Pasangan

Keluarga yang bahagia akan senatiasa menjalin hubungan yang harmonis dan rukun setiap waktu, meskipun tak jarang masalah dan cobaan melanda sebuah hubungan suami istri. Amarah dan pertengkaran bukanlah hal yang asing dalam berumah tangga, bahkan hal ini wajar terjadi dalam sebuah rumah tangga. Namun demikian, sudah sebijaknya hal ini tidak dijadikan sebagai kebiasaan atau kegiatan yang dilakukan terus menerus dan selalu dimaklumi. Ada begitu banyak cara yang bisa menghubungkan anda bersama dengan pasangan. Selain komunikasi yang baik, pada tingkatan lebih dalam anda bisa terhubung dengan kedekatan secara spiritual, intelektual serta emosional. Dengan memiliki semua kombinasi kedekatan yang tepat dari semua hal ini maka akan dapat mengarah pada hubungan sebagai pasangan yang sukses.

4. Pasangan Mendorong Anda Untuk Mandiri dan Berkembang

Setiap orang tentu memiliki beberap hal yang berbeda, seperti misalkan mimpi, harapan dan keinginannya. Keinginan dan mimpi yang dimiliki seseorang mungkin saja berbeda dengan oranglain, termasuk dengan pasangannya sendiri setelah menikah. Hal ini tidak akan menjadi masalah, justru sebaliknya hal ini penting dimiliki oleh setiap hubungan. Pasangan anda tidak semestinya merasa seolah-olah memiliki kontrol yang penuh atas diri anda dan semua angan-angan anda, begitu pun sebaliknya. Segala hal tidak perlu melulu dilakukan secara bersama-sama atau mencampuri urusan pribadi pasangan mengenai angan yang dimilikinya. Sebaliknya, berikan dukungan dan dorongan pada pasangan agar masing-masing individu dapat lebih maju dan lebih berkembang.

5. Pasangan Tidak Berusaha Merubah Anda Ataupun Sebaliknya

Setelah menikah, seringkali kita menginginkan jika pasangan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Pernikahan adalah tentang kerjasama dua insan untuk bisa mencapai kesuksesan dan tujuan hidup pernikahan secara bersama-sama. Menginginkan pasangan untuk bisa terbiasa menyimpan sepatu pada tempatnya setelah pulang kerja atau sehabis dikenakan, seringkali anda merasa jengkel jika kebiasaan tersebut tidak dilakukan oleh pasangan. Namun, semakin kuat anda mencoba merubah pasangan anda, maka akan semakin besar kekurangan yang anda lihat dari diri pasangan yang pada akhirnya akan membuat anda hanya melihat kekurangannya saja. Daripada terlalu berusaha keras merubah kekurangan yang ada pada diri pasangan, sebaliknya cobalah lebih fokus pada bagaimana memajukan sebuah hubungan dan lebih mencintai pasangan dan memperlakukannya dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, akan tercipta keselarasan dan keserasian antara dua insan dalam sebuah pernikahan. Sehingga keharmonisan dan ikatan rumah tangga yang awet dan langgeng bisa terjalin.

Itulah dia beberapa tanda sebuah hubungan terjalin dengan sehat. Jika anda dan pasangan telah memenuhi beberapa tanda diatas, maka hubungan yang anda jalani bersama dengan pasangan sudah terjalin dengan baik dan sehat.

Loading...

Loading...