Tugas kuliah, deadline pekerjaan kantor, game online, serial drama dan lain sebagainya seringkali menjadi alasan untuk segelintir orang menunda waktu tidurnya di malam hari.

Hal inilah yang perlahan menjadi kebiasaan banyak orang untuk tidur dalam waktu yang sudah terlalu larut. Padahal kebiasaan ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Terjaga sampai larut malam bukan hanya membuat anda akan bangun telat pada pagi hari. Namun hal ini pun akan mungkin membawa bahaya yang besar untuk kesehatan anda.

Baca Juga:

Jangan biasakan untuk selalu terjaga hingga larut malam. Sebab perlahan, bila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus maka mungkin jam biologis anda akan menjadi berantakan. Tidur larut malam akan mungkin membuat anda malas pada saat pagi hari. Akibatnya tubuh anda akan meminta jatah tidur yang lebih panjang. Akhirnya hal ini akan membuat anda bangun kesiangan.

Bila anda sering bangun kesiangan maka segala hal dan janji yang anda buat bersama dengan orang lain akan mungkin berantakan. Hal ini tentu akan menjadi runyam bila anda seringkali berurusan bersama dengan klient. Kebiasaan bangun terlambat akan membuat klien harus menunggu anda sampai terbangun. Tindakan seperti ini tentu menjadi hal yang tidak profesional untuk dilakukan. Selain itu, rasanya kurang pantas bila anda harus membuat orang lain menunggu karena anda masih tertidur.

efek-tidur-terlalu-malam.jpg

Untuk itulah, sebaiknya hentikan segera kebiasaan begadang atau terjaga sampai larut malam. Selain akan berpengaruh terhadap kesehatan anda, hal ini pun akan mungkin membuat semua rencana yang telah anda buat menjadi berantakan.

Sebaiknya, upayakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup pada saat malam hari. Meski anda perlu bergelut dengan tugas dan kewajiban yang anda lakukan. Hanya saja, cobalah lebih bijak dan pastikan bila tubuh anda mendapatkan waktu tidurnya yang cukup.

Nah, selain beberapa masalah diatas. Ada pula dampak lain yang dapat dialami dari seringkali membiasakan tidur hingga larut malam. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak dibawah ini.

Efek Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan

Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin dialami dari membiasakan diri tidur hingga larut malam. Untuk itulah, sebaiknya hentikan dengan segera kebiasaan buruk ini demi menjaga kesehatan anda.

1. Menurunkan Kemampuan Otak

Otak merupakan salah satu anugerah Tuhan yang perlu dijaga sebab bagian ini adalah bagian pusat dari semua gerak dan kesehatan tubuh anda. Kesehatan otak yang terganggu sedikit saja akan mungkin menyebabkan timbulnya masalah kesehatan dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, masalah kesehatan yang dialami umumnya akan membuat anda kepayahan menahan gejala yang dialami. Akibatnya, kondisi ini akan mungkin membuat anda tidak mampu melakukan banyak aktivitas atau rutinitas yang biasa dijalankan.

Nah, tahukah anda rupanya membiasakan diri untuk tidur dalam waktu yang telah larut, rupanya akan dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan otak. Bahkan hal ini akan dapat menurunkan kemampuan otak sehingga akan mungkin membuat anda menjadi lebih cepat mengalami pikun.

2. Obesitas

Resiko selanjutnya yang akan mungkin dialami dari membiasakan diri dalam waktu yang lebih larut adalah resiko obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi obesitas yang dialami oleh seseorang memang tidak bisa dianggap sepele.

Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, obesitas juga akan mungkin meningkatkan resiko terhadap penyakit berbahaya lainnya. Dampak paling menyerapkan dari penyakit obesitas adalah timbulnya diabetes tipe 2 dan resiko serangan jantung.

Lantas mengapa tidur larut malam bisa dikaitkan dengan resiko obesitas? Begini polanya, ketika anda membiasakan terjaga hingga larut mala maka perut anda akan cenderung merasa lapar akibat kegiatan yang anda lakukan selama terjaga. Saat anda lapar maka mungkin anda akan memenuhi hasrat ini dengan mengkonsumsi makanan.

Perlu diketahui, tubuh yang seharusnya beristirahat dan tidak melakukan kegiatan malah dipaksa untuk mencerna makanan yang anda konsumsi tengah malam. Pada akhirnya kondisi ini akan dapat menyebabkan tumpukan lemak jahat dalam tubuh anda. Dengan demikianlah obesitas dapat terjadi.

3. Melemahkan Sistem Imun

Imun dalam tubuh dikenal sebagai penjaga daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang dengan penyakit. Akan tetapi, kinerja dari sistem imun akan dapat melemah akibat kebiasaan buruk yang sering dilakukan yakni dengan tidur hingga larut malam. Bisa dipastikan bila sistem imun dalam tubu melemah, maka virus dan bakteri akan mudah masuk dan menyerang. Akibatnya tubuh anda akan cenderung lebih mudah sakit.

4. Melemahkan Daya Ingat

Pada tahun 2009, sebuah penelitian di Amerika dan Prancis membuktikan bahwa mereka yang mendapatkan waktu tidur yang cukup pada malam hari menunjukan hasil yang baik. Otak memberikan rangsangan reaksi yang disebut dengan sharp wave atau "riak gelombang tajam" yang berfungsi dalam proses penguatan memori. Riak tersebut akan mengirim informasi atau data yang disimpan dalam bagian otak yang dinamakan dengan hippokampus ke neokorteks, dimana ingatan jangka panjang disimpan dibagian ini.

Dengan demikian, semakin berkurang waktu tidur anda dimalam hari, maka hal ini akan menunjukan terhadap pengurangan atau melemahnya daya ingat. Pada anak-anak yang masih berada pada masa sekolah, hal ini akan mungkin membuat mereka tidak fokus dan kesulitan untuk dapat mengembangkan kemampuan akademisnya disekolah.

5. Konsentrasi Berkurang

Mereka yang seringkali terjaga hingga larut malam menunjukan perilaku yang kurang fokus dalam menangkap atau menyimak sebuah hal. Hal ini dikarenakan, rasa kantuk akibat tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari akan membuat mereka merasa berat menjalani aktivitas dan rutinitasnya.

Pada akhirnya, orang-orang yang seringkali terjaga hingga larut malam umumnya akan kurang produktif dengan mereka yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Selain itu, mereka yang terbiasa terjaga hingga larut malam akan mungkin terganggu kewaspadaannya, penalarannya dan kemampuannya dalam memecahkan masalah.

6. Menyebabkan Depresi

Perasaan sedih, stres, marah dan mental yang lelah akan mungkin dialami oleh mereka yang selama 7 hari berturut-turut mendapatkan waktu tidur yang kurang dari 5 jam. Itulah sebabnya, menurut sebuah penelitian menujukan bahwa mereka yang mengalami insomnia akan kemungkinan sebanyak 5 kali lebih besar beresiko meningkatkan depresi. Pada kondisi ini, orang yang mengalami depresi akan mungkin berpengaruh dalam mengalami ketidakstabilan emosi.

7. Penuaan Dini

Tidur adalah wkatu tubuh untuk meregenerasi kulit dan membuang racun serta toxic yang didapatkan akibat aktivitas yang dilakukan sehatian. Terjaga hingga larut malam akan mungkin membuat kinerja tubuh menjadi tidak maksimal dalam membuang racun sehingga pada akhirnya penuaan diri dan resiko keriput pada bagian kulit akan mungkin lebih cepat dialami.

Demikianlah beberapa efek yang akan mungkin dialami oleh mereka yang seringkali terjaga hingga larut malam. Mnegetahui dampaknya yang cukup menakutkan, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini dan mulailah untuk tidur dengan waktu yang teratur. 

Loading...

Loading...