Hentikan Kebiasaan Buruk Ini yang Dapat Memicu Masalah Kesehatan

Tubuh yang sehat dan bugar akan tentu membuat anda dapat terhindar dari segala macam gangguan kesehatan.

Timbulnya masalah kesehatan pastinya akan membuat anda merasa khawatir dan tidak tenang. Wajar saja, pengalaman memiliki gangguan kesehatan akan mungkin membuat anda terbatasi sewaktu hendak melakukan banyak hal. Aktivitas menjadi terhalang, makan pun menjadi terbatas dan masih banyak lagi.

Timbulnya masalah kesehatan seringkali dipicu karena gaya hidup yang buruk yang dilakukan oleh si penderita itu sendiri. Rutinitas yang dilakukan secara berulang-ulang pada akhirnya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan yang dialami saat ini.

Tak sedikit diantara kita yang baik secara sadar ataupun tidak, banyak mengulang kesalahan dengan melakukan aktivitas yang justru berdampak bahaya untuk kesehatan. Hal ini umumnya adalah serangkaian kegiatan yang terdengar sepele sehingga kita tidak segan untuk mengulanginya lagi dan lagi. Padahal bila dilihat dari dampak jangka panjang yang akan dialami oleh kesehatan tubuh maka umumnya hal ini akan dapat berdampak tidak baik.

Untuk memiliki tubuh yang sehat tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi untuk mereka yang seringkali menjalankan pola hidup sehat yang kurang baik. Kesehatan bisa menjadi harga yang mahal untuk didapatkan. Yang mana hal ini akan menjadi lebih runyam apalagi untuk anda yang memiliki masalah dengan keuangan. Pengobatan yang mahal yang dikeluarkan untuk mengobati penyakit yang anda derita akan mungkin membuat anda kesulitan.

Untuk itulah, tidak ada hal yang lebih baik daripada mencegah sebuah hal buruk sebelum hal tersebut terjadi. Termasuk dengan penyakit yang mungkin anda alami. Untuk itu, sebaiknya lebih bijaklah dalam menjalankan kehidupan anda. Jangan sampai kebiasaan buruk yang seringkali ada lakukan menghancurkan kesehatan anda dan membuat anda pada akhirnya harus menanggung masalah ini.

Nah, apa saja sih sebenarnya kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan? Yuk, simak dibawah ini.

Hentikan Kebiasaan Buruk Ini yang Dapat Memicu Masalah Kesehatan

Melewatkan Sarapan

Kebiasaan pertama yang seringkali dianggap sepele dan banyak dilewatkan adalah kebiasaan melewati makan pagi atau sarapan. Banyak orang yang tidak menyempatkan untuk menyantap sarapan pagi sebelum mengawali hari-harinya. Mereka lebih memilih mengulur waktu bangun pagi agar lebih lama dan pada akhirnya mengorbankan waktu sarapan yang dianggap tidak terlalu penting.

Akan tetapi, sebenarnya hal ini keliru. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk mempersiapkan tubuh dan konsentrasi anda menghadapi aktivitas seharian yang cukup banyak. Melewatkan sarapan pada pagi hari hanya akan membuat segalanya menjadi runyam. Dengan demikian, beberapa gangguan kesehatanpun akan mungkin anda hadapi, seperti diantaranya adalah:

kebiasaan-buruk-picu-gangguan-kesehatan.jpg

  • Menurunnya Daya Ingat dan Konsentrasi

Dampak pertama dari kebiasaan buruk melewatkan jam makan paling penting ini adalah menurunnya daya ingat dan konsentrasi. Sebuah penelitian menunjukan mereka yang memiliki kebiasaan untuk menyantap sarapan cenderung lebih memiliki daya ingat jangka panjang yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Selain itu, orang-orang yang meluangkan waktu untuk menyantap sarapan menunjukan peningkatan konsentrasi yang baik.

  • Meningkatkan Obesitas

Banyak yang mengatakan bahwa menyantap sarapan akan mungkin meningkatkan resiko kegemukan pada tubuh anda. Padahal hal ini keliru. Justru sebaliknya tidak menyantap sarapan akan mungkin membuat anda mengalami obesitas. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan terlewatkannya jam sarapan akan mungkin membuat perut anda merasa lapar menghadapi aktivitas harian anda yang banyak. Pada akhirnya ketika waktu makan siang tiba anda akan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan untuk memenuhi hasrat lapar anda.

  • Meningkatkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Setelah tidur semalaman tubuh anda tidak mendapatkan asupan makanan sedikitpun. Dengan demikian, sarapan adalah waktu paling penting untuk tubuh bisa mendapatkan asupan nutrisi dari makanan. Hanya saja, kebiasaan buruk melewatkan sarapan akan menganggu kesehatan tubuh. Sebab tidak sarapan sama artinya dengan menambah jam tubuh tanpa asupan makanan. Akibatnya kondisi ini akan dapat mengganggu keseimbangan gula darah dan produksi insulin. Selain penyakit kardiovaskular anda pun beresiko meningkatkan penyakit diabetes tipe 2.

Kebiasaan Buruk Menahan Pipis

Banyak orang yang dalam perjalanan jauh atau pada saat melakukan serangkaian aktivitas merasa nanggung pada saat hasrat ingin buang air kecil datang. Pada akhirnya hal ini membuat mereka menunda keinginan buang air kecilnya. Padahal kebiasaan buruk ini akan dapat memicu beragam masalah untuk kesehatan, seperti:

  • Menyebabkan Gangguan Ginjal

Keinginan tubuh anda untuk buang air kecil menandakan tubuh ingin mengeluarkan zat sisa dan kotoran atau mineral-mineral yang tidak larut dalam tubuh. Akan tetapi, kebiasaan buruk dalam menahan hasrat ingin buang air kecil membuat tubuh menjadi terkendala dalam melakukan hal tersebut. Pada akhirnya bila hal ini terus-terusan dilakukan secara berulang maka aka dapat mengendap dalam ginjal dan berfungsi menyebabkan ginjal bermasalah.

  • Menyebabkan Gangguan Saluran Kemih

Masalah lain yang akan mungkin dialami pada orang yang seringkali menahan keinginan untuk pipis atau buang air adalah timbulnya gangguan saluran kemih. Zat-zat pembuangan yang terkadang mengandung bakteri tersebut akan tersangkut dan menumpuk sehingga menyumbat saluran kemih. Bahkan pada kondisi tertentu hal ini akan dapat menyebabkan gangguan serius seperti infeksi pada saluran kemih kita. Akibatnya buang air kecil akan menjadi tidak lancar atau timbulnya sakit sewaktu anda buang air.

Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Banyak orang akan tidur dala waktu yang lama bahkan hingga berjam-jam pada saat pagi menjelang siang hari. Dengan alasan begadang semalam membuat tubuhnya terasa lelah sehingga tidur yang lama dianggap akan dapat memulihkan kondisi tubuhnya. Akan tetapi, rupanya hal ini keluru. Tidur dalam waktu yang terlalu lama aka dapat menyebabkan masalah, seperti:

  • Sakit Kepala

Sakit kepala bukan hanya terjadi karena tubuh kurang tidur. Namun kondisi tidur yang terlalu lama juga akan menyebabkan kondisi sakit kepala dapat terjadi. Hal ini dikarenakan, terlalu lama tidur akan menyebabkan neurotransmitter pada otak.

  • Sakit Punggung

Tubuh yang tidak mendapatkan gerakan atau tidak beraktifitas dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan anda merasakan sakit punggung.

  • Konsentrasi Menurun

Bukan hanya masalah diatas, tidur dalam waktu yang terlalu lama juga akan dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Hal ini disebabkan karena sel-sel dalam otak kita menjadi tidak aktif selama tidur dalam waktu yang panjang.

Mengupil

Nah, kegiatan yang satu ini mungkin tidak terlalu diperhatikan semua orang. Apalagi pada dasarnya mengupil banyak dilakukan untuk membersihkan kotoran yang terdapat dalam hidung. Akan tetapi, sebenarnya bila kondisi ini seringkali dilakukan maka dampaknya akan tidak baik untuk kesehatan anda. Terlalu banyak mengupil akan mungkin membuat anda mudah mengalami beberapa gangguan seperti:

  • Infeksi
  • Mimisan
  • Iritasi
  • Mudah flu
  • Luka

Beberapa kegiatan diatas adalah segelintir kebiasaan buruk yang pada umumnya banyak dilakukan. Dengan mengetahui hal ini maka diharapkankan kebiasaan ini tidak lagi dilakukan dan segera dihentikan sebab dampaknya akan cukup merepotkan untuk kesehatan anda. 

Loading...

Loading...