Dalam sebuah hubungan baik itu hubungan pernikahan maupun hubungan pacaran tentunya harus dilandasi oleh rasa percaya di antara ke dua belah pihak. Apabila tidak ada rasa percaya di anatara ke duanya, maka kemungkinan besar akan timbul kecemburuan. Nah, sampai pada titik tertentu kecemburuan ini bisa menjadi bumbu yang akan membuat cinta anda dan pasangan anda menjadi terasa lebih indah. Namun jika sudah semakin berlebihan, justru rasa cemburu tersebut bisa menjadi racun dalam hubungan asmara yang anda dan pasangana anda jalani selama ini, hingga pada akhirnya kecemburuan tersebut hanya akan membuat tali komunikasi di antara anda dan pasangan menjadi memudar dan berantakan.

Kecemburuan yang terjadi pada pasangan pada nyatanya memang bukan hal yang aneh lagi, dan keadaan ini pastinya akan dirasakan oleh sejumlah pasangan bahkan hampir seluruh pasangan. Lantas apakah pasangan anda merupakan tipe orang yang cemburuan? Nah, jika memang iya pacar anda merupakan orang yang selalu cemburu tentunya anda akan merasa kesal bukan? Ya karena pada saat itu juga anda tidak akan bisa bergaul dengan bebas bersama teman-teman anda, dan yang lebih parahnya anda dikekang agar tidak bisa melakukan hal-hal yang anda inginkan namun menurut pasangan anda itu tidak boleh dilakukan.

Baca Juga:

Nah, untuk menanggapi hal tersebut tentunya anda tidak boleh tinggal diam, anda harus mencari kiat-kiat untuk menghadapi pacar anda yang cemburuan agar kecemburuannya tersebut tidak semakin mejadi-jadi. Di bawah ini ada beberapa ide cerdas yang bisa anda lakukan dalam menghadapi pacar yang cemburuan.

Ide Cerdas Menghadapi Pacar yang Cemburuan

Kenalkan pacar anda pada semua teman-teman anda

Kecemburuan dari pacar dan kesalah pahaman yang terjadi bisa saja disebabkan karena pacar anda tidak kenal dengan teman-teman anda. Sehingga ketika anda sedang bersama teman anda maka ia akan menganggap bahwa anda bermain-main dibelakangnya dan memiliki anggapan bahwa anda mengkhianatinya. Oleh sebab itu, demi menghindari keadaan tersebut alangkah baiknya anda kenalkan pacar anda pada seluruh teman-teman anda, baik itu teman wanita atau teman pria. Dengan mengenal semua teman-teman anda maka kemungkinan besar rasa cemburunya akan berkurang bahkan akan hilang.

Bangun komunikasi yang baik

Ide terbaik untuk menghadapi pacar yang cemburuan ialah dengan rajin berkomunikasi dengan pacar anda. Ketika pacar anda cemburu pastinya ada alasan baik dibalik itu semua. Oleh sebab itu, tanyakan dengan baik-baik kepada pacar anda apa yang menjadi penyebab ia mudah cemburu kepada anda. Ketika berbicara kepadanya cobalah untuk mengerti, bersikap tenang dan jangan pernah menyalahkan akan sikapnya yang seperti itu kepada anda.

Selalu jujur dan bersikap terbuka

Selalu jujur dan bersikaplah terbuka kepada pacar anda, hal ini dilakukan untuk meminimalisir agar pacara anda tidak memiliki rasa curiga kepada anda. Ungkapkan juga perasaan dan pendapat anda mengenai sikap cumburu yang ditunjukannya selama ini, beritahu dia bahwa selama ini anda tidak suka akan sikapnya yang seperti itu. Namun, ingatlah ketika mengatakannya katakanlah dengan tenang dan lembut, jangan sampai semua yang dikatakan oleh anda justru akan membuat ia semakin curiga. Jika memungkinkan ajak pasangan anda dan libatkan dia dalam salah satu kegiatan yang biasa anda lakukan, sehingga dia bisa berkenalan secara langsung serta bisa melihat sendiri seperti apa lingkungana anda.

Berusaha menjadi lebih dewasa

Lebih dewasa dibandingkan dari pacar anda merupakan senjata yan paling ampuh ketika anda sedang berusaha untuk membuat pacar anda tidak cemburu, bahkan pada saat anda dan pasangan sedang bertengkar hebat karena rasa cemburu. Dengarkanlah seluruh alasan kecemburuannya kepada anda dengan bersikap tenang dan mengalah akan lebih baik dibandingkan jika anda membalasnya dengan emosi. Ketika sedang bertengkar karena kecemburuannya cobalah untuk menenangkannya dengan bersikap lebih dewasa dibandingkan dengannya, sekalipun anda dan pasangan sedang dalam keadaan baik-baik saha. Dengan menjadi lebih dewasa maka anda bisa menghindari rasa cemburu pasangana anda dalam situasi tertentu.

Bersikap lebih peka

Pada saat anda melihat dan mengetahui bahwa pacar anda sedang cemburu, cobalah untuk memperhatikannya dan peka terhadapnya dengan mengesampingkan rasa egois anda. Dalam kata lain anda memang harus benar-benar untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat pasangan anda cemburu. Misalkan apabila ia tidak suka jika anda terlalu banyak bercanda dengan teman lawan jenis maka kurangilah hal seperti itu.

Buatlah aturan dan batasan antara anda dan pacar anda

Jika anda tidak suka dan merasa terganggu oleh sikap cemburuan yang dimiliki oleh pasangan anda, mulai dari sekarang cobalah untuk membuat segala aturan dan batasan mengenai semua hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan dalam hubungan anda berdua. Pastikanlah bahwa aturan ini berlaku untuk anda berdua, bukan hanya sebelah pihak. Ide ini merupakan landasan untuk komitmen terhadap satu sama lain.

Tunjukan rasa sayang dan cinta lebih kepadanya

Mungkin selama ini salah satu alasan yang membuat pacar anda cemburu kepada anda yaitu karena anda kurang memberikan perhatian, kasih sayang dan cinta yang lebih kepadanya. Pada saat anda sedang melakukan kegiatan di luar atau sedang pergi bersama teman-teman anda cobalah sesekali untuk kabari dan hubungi dia. Berikan perhatian disela-sela kesibukan anda yang dilakukan. Selain itu, anda juga bisa menceritakan apa yang sedang anda lakukan kepadanya, dan tanyakan juga apa yang sedang ia lakukan. Dengan ide ini maka pasangan anda akan merasa dihargai dan lambat laun kecurigaannya akan menghilang.

Pupuklah rasa percaya diri pacar anda

Salah satu hal penting untuk mengadapi sikap pacar yang cemburuan yaitu dengan memupuk rasa percaya dirinya. Janganah bosan untuk meyakini pasangan anda bahwa anda sangat mencintai dan menyayanginya. Ingatkan dan buat pacar anda percaya bahwa anda memilihnya sebagai pasangan di antara sekian banyak orang, yakinkan juga kepadanya bahwa anda tidak akan mengkhianati pilihan anda sendiri, karena jika begitu maka itu sama saja dengan anda merendahkan selera sendiri.

Sarankan pacar anda untuk mencari kesibukannya sendiri

Pikiran negatif seringkali muncul pada saat seseorang terlalu banyak memiliki waktu luang, termasuk berfikir aneh-aneh pada pasangan. Tidak jarang jika orang menjadi lebih cemburuan karena mereka memiliki banyak waktu yang membiarkan pikiran negatif merasuki pikirannya. Apabila sudah seperti ini, maka sarankanlah pacar anda untuk mencari kesibukannya sendiri. Mintalah pacar anda untuk melakukan hal-hal yang positif agar pikirannya juga bisa beralih pada hal-hal yang positif pula.

Memiliki seorang pacar yang cemburuan memang kerapkali membuat kesal. Namun, jika anda telah mengetahui ide cerdas untuk menghadapinya maka hal ini akan menjadi lebih mudah dan hubungan anda pun akan aman-aman saja. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...